Connect with us

Semalam menghadiri Majlis Presiden Pakatan Harapan yang diadakan di Yayasan Kepimpinan Perdana, Putrajaya - twitter anwar ibrahim (22 feb)

Lainnya

Pengkhianatan: Mahathir Mundur Pemerintahan Pakatan Harapan Bubar

Hasil Pemilu (PRU) 2018 yang dimenangkan oleh Pakatan Harapan akhirnya bubar setelah Mahathir mundur sebagai Perdana Menteri Malaysa.

UPDATE

Hasil Pemilu (PRU) 2018 yang dimenangkan oleh Pakatan Harapan akhirnya bubar setelah Mahathir Mohamad mengundurkan diri, mahathir mundur sebagai Perdana Menteri Malaysa.

Surat pengunduran Mahathir Mohamad disampaikan kepada Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al Mustafa Billah Shah. Setelah Yang di-Pertuan Agong menerima surat pengunduran diri Mahathir dan berdiskusi selama 90 menit, Yang di-Pertuan Agong meminta kepada Mahathir untuk membantu negara, kemudian Mahathir Mohamad dilantik oleh Yang di-Pertuan Agong menjadi Perdana Menteri Sementara.

Mundurnya Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri, mengakibatkan pemerintahan Pakatan Harapan Bubar.

Terjadi Pengkhianatan

Bubarnya pemerintahan Pakatan Harapan setidaknya disebabkan tiga faktor.

Pertama, adanya pengkhianatan tokoh Pakatan Harapan karena ingin menjadi Perdana Menteri pasca Mahathir Mohamad.

Kedua, matangnya berpolitik para tokoh UMNO dan PAS, sehingga mampu merayu para tokoh Pakatan Harapan untuk membentuk koalisi baru yang akhirnya memecah belah Pakatan Harapan.

Ketiga, pimpinan UMNO dan PAS mampu mengemas isu, saya duga isu “Pribumi” untuk memperdaya tokoh-tokoh politik dari Pakatan Harapan yang jam terbangnya dalam berpolitik masih minim, sehingga tega berkhianat dari Pakatan Harapan demi kekuasaan.

Pelajaran bagi Indonesia

Pengkhianatan dalam politik yang terjadi dalam koalisi Pakatan Harapan di Malaysia merupakan pelajaran dan pengingat karena pernah terjadi di Indonesia.

Pertama, orang dekat dan orang kepercayaan tidak selamanya amanah. Sebagai contoh, Azmin Ali, Timbalan Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR) adalah orang kepercayaan Datuk Anwar Ibrahim. Akan tetapi akhirnya dipecat oleh PKR karena dianggap berkhianat lantaran melakukan pertemuan dengan kalangan oposisi.

Kedua, para menteri yang dibesarkan Presiden Soeharto, pada saat kritis mengundurkan diri sebagai Menteri dan tidak bersedia dilantik menjadi menteri pada Kabinet Reformasi. Kasus tersebut dikenang sebagai pengkhianatan.

Oleh karena itu, kasus pengkhianatan terhadap Pakatan Harapan dan lebih khusus kepada Datuk Anwar lbrahim dapat menjadi pengingat agar bangsa Indonesia lebih hati-hati terhadap para pengkhianat, karena pengkhianat merupakan musuh dalam lipatan yang amat berbahaya.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Pendidikan

Prof Dr. Kasim bin Mansor, Rektor Universiti Malaysia Sabah (UMS) mengemukakan bahwa dia akan mendirikan (menubuhkan) Bajau Chair di Universiti yang dipimpinnya.

Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim pada Kamis, 19 Januari 2023, di Putra Jaya, Malaysia menyampaikan pidato yang bertema Membangun Malaysia Madani.

Malaysia

Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri dan Menteri Kewangan (Keuangan), menghadapi cabaran (tantangan) yang berat dalam bidang ekonomi untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan.

Malaysia

Kita berharap lawatan PM Anwar Ibrahim di Indonesia yang berlangsung 8-9 Januari 2023 memberi manfaat yang besar, semakin mempererat dan memperkukuh hubungan Indonesia Malaysia di...

Malaysia

Perdana Menteri, Datuk Seri Anwar Ibrahim hari ini, Ahad 8 Januari 2023 melakukan lawatan resmi dua hari di Indonesia.

Malaysia

Besarnya sokongan anggota Parlemen Malaysia kepada Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri, dan adanya Undang-Undang yang melarang Ahli Parlimen Malaysia untuk pindah blok seperti dari...

Malaysia

Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia menegaskan prioritas saya sekarang adalah mengatasi biaya hidup. Isu dalam kampanye pemilu (PRU) ke-15 adalah meningkatnya biaya hidup (kos...

Malaysia

Dalam rangka memenuhi janjinya, Anwar Ibrahim tolak mobil dinas mewah Mercedez Benz S600, tidak ambil gaji sebagai Perdana Menteri, turunkan gaji menteri.