Musni Umar Socmed

Search

Penyemprotan Disinfektan Gabungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di sepanjang jalan dan trotoar serta fasilitas umum di beberapa ruas wilayah Jakarta - ig bpbddkijakarta

Covid-19

Virus Corona dan DKI Jakarta, lockdown adalah wewenang pemerintah pusat

Untuk melokalisir penyebaran virus corona, maka banyak yang mengusulkan supaya dilakukan isolasi (lockdown).

Virus Corona telah menjadi pandemi dan menyerang penduduk di hampir semua negara di dunia.

Dampak dari penyebaran virus Corona yang masif di banyak negara, menyebabkan Arab Saudi sebagai khadimul haraiman (pelayan dua tanah haram) yaitu Makkah dan Madinah menghentikan pelayanan ibadah umrah dan haji.

Dampak dari Virus Corona, Makkah Al Mukarrah dan Madinah Al Munawwarah menjadi sepi. Pada hal biasanya puluhan ribu jamaah selalu memadati kedua ttg tanah suci untuk beribadah.

Selain itu, jutaan orang yang sudah lama mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini terlaksana tertunda karena Arab Saudi sudah memberitahukan kepada seluruh negara di dunia bahwa tahun ibadah haji ditiadakan.

Dalam sejarah pelaksanaan ibadah haji baru tahun ini haji ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dampak lebih lanjut banyak perusahaan travel biro yang mengalami kerugian akibat ibadah umrah dan haji ditiadakan tahun ini.

Bukan hanya perusahaan travel biro yang mengalami kerugian, tetapi para pemandu ibadah umrah dan haji yang jumlahnya cukup banyak. Belum termasuk keluarga mereka, pegawai yang bekerja di travel biro, perekrut mereka yang mau umrah dan haji.

Singkat kata banyak sekali yang menggantungkan hidup dalam kegiatan ibadah umrah dan haji. Ketika ibadah umrah dan haji ditiadakan karena wabah virus Corona, maka mereka kehilangan tempat mencari nafkah.

Ditiadakan shalat Jum’at

Dampak lain dari serangan virus corona, masyarakat tidak diperbolehkan berkumpul dalam segala bentuk termasuk untuk shalat Jumat dan shalat rawatib secara berjamaah.

Sepanjang yang saya ketahui,. Baru kali ini shalat Jumat dan shalat rawatib berjamaah ditiadakan untuk mencegah wabah virus Corona.

Berbagai negara yang mayoritas berpenduduk Muslim seperti Iran, Malaysia, Arab Saudi, Indonesia, negara-negara Arab dan lain-lain telah meniadakan shalat Jumat dan shalat berjamaah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

DKI Jakarta Lockdown

Saat ini yang menjadi epicentrum virus Corona adalah DKI Jakarta.

Untuk melokalisir penyebaran virus corona, maka banyak yang mengusulkan supaya dilakukan isolasi (lockdown) pada daerah yang sangat ramai terserang virus Corona.

Akan tetapi, pemerintah pusat berdasarkan pernyataan dari juru bicara Presiden Fadjroel Rachman belum berpikir untuk menerapkan lockdown.

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian ketika menemui Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa lockdown adalah wewenang pemerintah pusat.

Dengan demikian ada tidaknya lockdown di DKI sangat ditentukan kebijakan pemerintah pusat. Kecuali ada kebijakan baru setelah melihat semakin maraknya rakyat positif terinfeksi virus Corona.

Sumber Foto
https://www.instagram.com/p/B-B9CYFAOzM/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Lainnya

Mengapa kita bangga jadi seorang Muslim? Pertama, memiliki kitab suci Alqur'an yang sangat orisinal. Dihafal ribuan Muslim dan Muslimah (laki-laki dan perempuan) di seluruh...

Covid-19

Salah satu kalimat yang penting diamalkan bangsa Indonesia saat ini ialah saling jaga. Kalimat itu sangat penting dibahas dan diamalkan bangsa Indonesia saat ini...

Covid-19

Tidak ada yang mengira Muhammad Suaib Didu, yang baru berumur 55 tahun meninggal dunia begitu cepat karena beberapa waktu lalu, ditemani Dr. Muhammad Sulhan,...

Covid-19

Program Studi Perbankan Syariah Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada 12 Desember 2020 telah menyelenggarakan Webinar dengan tema "Peran Perbankan Syariah Dalam Membantu UMKM Dimasa...

Lainnya

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan...

Covid-19

Dunia juga menghadapi ketidak-pastian dalam bidang ekonomi sehingga memberi pengaruh negatif kepada kehidupan sosial, pendidikan dan sebagainya.

Covid-19

Landasan yang digunakan dalam penegakan hukum bagi mereka yang diduga melanggar protokol kesehatan ialah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Opini

Dalam berbagai acara yang dihadiri, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet Jakarta Selatan, lautan manusia yang hadiri. Begitu pula, peletakan batu pertama...