Connect with us

Penyemprotan Disinfektan Gabungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di sepanjang jalan dan trotoar serta fasilitas umum di beberapa ruas wilayah Jakarta - ig bpbddkijakarta

Covid-19

Virus Corona dan DKI Jakarta, lockdown adalah wewenang pemerintah pusat

Untuk melokalisir penyebaran virus corona, maka banyak yang mengusulkan supaya dilakukan isolasi (lockdown).

Virus Corona telah menjadi pandemi dan menyerang penduduk di hampir semua negara di dunia.

Dampak dari penyebaran virus Corona yang masif di banyak negara, menyebabkan Arab Saudi sebagai khadimul haraiman (pelayan dua tanah haram) yaitu Makkah dan Madinah menghentikan pelayanan ibadah umrah dan haji.

Dampak dari Virus Corona, Makkah Al Mukarrah dan Madinah Al Munawwarah menjadi sepi. Pada hal biasanya puluhan ribu jamaah selalu memadati kedua ttg tanah suci untuk beribadah.

Selain itu, jutaan orang yang sudah lama mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini terlaksana tertunda karena Arab Saudi sudah memberitahukan kepada seluruh negara di dunia bahwa tahun ibadah haji ditiadakan.

Dalam sejarah pelaksanaan ibadah haji baru tahun ini haji ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dampak lebih lanjut banyak perusahaan travel biro yang mengalami kerugian akibat ibadah umrah dan haji ditiadakan tahun ini.

Bukan hanya perusahaan travel biro yang mengalami kerugian, tetapi para pemandu ibadah umrah dan haji yang jumlahnya cukup banyak. Belum termasuk keluarga mereka, pegawai yang bekerja di travel biro, perekrut mereka yang mau umrah dan haji.

Singkat kata banyak sekali yang menggantungkan hidup dalam kegiatan ibadah umrah dan haji. Ketika ibadah umrah dan haji ditiadakan karena wabah virus Corona, maka mereka kehilangan tempat mencari nafkah.

Ditiadakan shalat Jum’at

Dampak lain dari serangan virus corona, masyarakat tidak diperbolehkan berkumpul dalam segala bentuk termasuk untuk shalat Jumat dan shalat rawatib secara berjamaah.

Sepanjang yang saya ketahui,. Baru kali ini shalat Jumat dan shalat rawatib berjamaah ditiadakan untuk mencegah wabah virus Corona.

Berbagai negara yang mayoritas berpenduduk Muslim seperti Iran, Malaysia, Arab Saudi, Indonesia, negara-negara Arab dan lain-lain telah meniadakan shalat Jumat dan shalat berjamaah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

DKI Jakarta Lockdown

Saat ini yang menjadi epicentrum virus Corona adalah DKI Jakarta.

Untuk melokalisir penyebaran virus corona, maka banyak yang mengusulkan supaya dilakukan isolasi (lockdown) pada daerah yang sangat ramai terserang virus Corona.

Akan tetapi, pemerintah pusat berdasarkan pernyataan dari juru bicara Presiden Fadjroel Rachman belum berpikir untuk menerapkan lockdown.

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian ketika menemui Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa lockdown adalah wewenang pemerintah pusat.

Dengan demikian ada tidaknya lockdown di DKI sangat ditentukan kebijakan pemerintah pusat. Kecuali ada kebijakan baru setelah melihat semakin maraknya rakyat positif terinfeksi virus Corona.

Sumber Foto
https://www.instagram.com/p/B-B9CYFAOzM/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Pemerintah pusat mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan akronim PPKM merupakan perubahan...

Lainnya

Pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan belajar sejarah. Momentum tahun baru Islam, mesti dijadikan titik awal, umat Islam belajar sejarah Nabi Muhammad SAW.

Covid-19

Sudah sering saya kemukakan bahwa kita gagal melindungi seluruh bangsa Indonesia sesuai amanat pembukaan UUD 1945. Sebagai bukti, kasus kematian harian akibat Covid-19, tiap...

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...