Connect with us

masjid putih di hyderabad pakistan - unsplash hameed ullah

Ramadan 1441H

PESAN RAMADHAN 1441 H. Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1441 H yang jatuh pada 24 April 2020, perkenankan saya menyampaikan pesan Ramadhan.

Assalamu’alaikum W. W.
Bismillahirrahmanirrahiim

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1441 H yang jatuh pada 24 April 2020, perkenankan saya menyampaikan pesan Ramadhan kepada keluarga besar Universitas Ibnu Chaldun, seluruh umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia.

Pertama, mari kita amalkan kewajiban shaum Ramadhan dengan sebaik-baiknya sesuai perintah Allah dalam Alqur’an surah Al Baqarah ayat 183.
“Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu untuk berpuasa….”

Kedua, untuk mencegah terinfeksi wabah Covid-19, saya berpesan kita shalat berjamaah dan shalat traweh di rumah bersama keluarga.

Ketiga, bulan Ramadhan kita isi dengan banyak membaca Alqur’an dan mendalami isinya, banyak berdoa semoga bangsa Indonesia dan seluruh umat Islam selamat dari wabah Covid-19.

Keempat, bulan Ramadhan tahun ini merupakan tahun kesedihan. Ekonomi runtuh akibat Covid-19. Banyak saudara kita yang terkena PHK dan jatuh miskin. Mari kita perbanyak sedekah, infak, bayar zakat harta dan zakat fitrah untuk menolong saudara-saudara kita yang terpapar kesulitan dan kemiskinan.

Kelima, mari kita meminta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Semoga badai Covid-19 segera berlalu dan mereka yang sedang sakit segera sembuh.

Keenam, mari kita isi ramadhan dengan merajut kembali ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariah dan ukhuwah wathaniyah, dengan bekerjasama dan dan bersatu memerangi Covid-19 sebagai penyebab timbulnya musibah bagi bangsa Indonesia, umat Islam dan umat manusia di seluruh dunia.

Sebelum mengakhiri pesan Ramadhan ini saya ucapkan “Selamat menjalankan shaum Ramadhan. Semoga Allah menerima ibadah kita. Insya Allah usai Ramadhan kita menjadi hamba-hamba Allah yang muttaqiin.”

Demikianlah pesan Ramadhan ini disampaikan. Terima kasih atas perhatian dan doanya.

Wassalamu’alaikum W. W.
Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta,

Prof. Dr. Musni Umar, SH., M.Si., Ph.D

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Ramadan 1442H

Keagungan Al-qur'an tidak saja karena memuat segala macam ayat yang bisa dijadikan panduan, kompas dan petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa, tetapi tidak...

Ramadan 1442H

Ramadan Kareem, yang penuh kemuliaan dan keberkahan, telah tiba. Hari ini 1 Ramadan 1442 H bertepatan 13 April 2021 adalah hari pertama puasa Ramadan...

Ramadan 1442H

Di bulan Ramadan saat kita shaum atau puasa, segala aktivitas seperti bekerja di kantor atau Work From Home (WFH) harus tetap dilaksanakan jangan lupa...

Lainnya

Bangsa Indonesia masih dilanda wabah covid-19. Untuk mencegah penularan wabah tersebut, pemerintah setelah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam melarang Salat...

Covid-19

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H., perkenankan saya selaku Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) menyampaikan pesan.