Memahami Makna Sunnah Nabi Muhammad SAW dan Sunnah Dalam Hukum Islam

 In Ramadhan 1441H

Masyarakat Islam masih banyak yang belum bisa membedakan Sunnah Nabi Muhammad SAW dan Sunnah dalam konteks Ahkamul Khamsah (5 hukum syara’).

Prof. Dr. Mahfud MD, Menko Polhukam RI dalam ILC TV ONE 28 April 2020 menjelaskan hal tersebut dengan sangat baik.

Sunnah mengandung dua makna. Pertama, sunnah mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara Nabi Muhammad SAW menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW.

Kedua, sunnah, dalam ahkamul khamsah (5 hukum syara) yaitu mubah (jaiz), makruh, sunnah, wajib, haram.

Mubah (jaiz) boleh dilakukan, boleh juga tldak dilakukan. Melakukan dan tidak melakukan tidak berdosa. Contoh makan dan minum.

Makruh, kalau dilakukan tidak berdosa, tetapi kalau ditinggalkan dapat pahala. Contoh merokok, tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa merokok hukumnya haram bukan makruh.

Sunnah, kalau dilakukan dapat pahala, kalau ditinggalkan tidak berdosa. Contoh shalat traweh.

Wajib, mutlak harus dilakukan. Jika dilakukan dapat pahala. Jika ditinggalkan dapat dosa dan hukuman.
Contoh puasa Ramadhan.

Haram, kalau dilakukan dapat dosa dan hukuman. Jika ditinggalkan dapat pahala. Contoh berzina.

Sumber Hukum Islam

Sumber hukum Islam, ada yang menyebut 2. Ada pula yang menyebut 4, dan bahkan ada yang menyebut 11.

1) Alqur’an, merupakan sumber hukum Islam yang pertama dan utama. Ia merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Pertama kali Allah menurunkan 5 ayat yang dimulai dengan perintah membaca iqra’ pada bulan Ramadhan, yaitu untuk menjadi petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa.

2) Sunnah merupakan sumber hukum Islam yang kedua. Sering juga kita dengar istilah Hadist yaitu perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan Nabi Muhammad SAW.

Sunnah dan Hadist merupakan sumber hukum Islam yang kedua. Ada yang menyatakan bahwa Sunnah dan Hadist adalah sama, tetapi menurut saya Sunnah lebih luas dari Hadist. Setiap Hadist sahih adalah Sunnah. Akan tetapi, tidak setiap Sunnah adalah Hadist.

3) Ijma’ adalah kesepakatan seluruh ulama dalam menetapkan suatu hukum Islam berdasarkan Alqur’an dan Sunnah/Hadist dalam suatu perkara yang terjadi. Contoh, bunga bank sama dengan riba.

4) Qiyas yaitu penetapan suatu hukum dan perkara yang baru yang belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan dalam sebab, manfaat, bahaya dan berbagai aspek dengan perkara terdahulu sehingga dihukumi sama. Contoh, menganalogikan narkotika, yang pada zaman Nabi Muhammad tidak ada, dengan khamr (minuman memabukkan.

5) ijtihad adalah proses penetapan hukum syariat dengan mencurahkan seluruh pikiran dan tenaga para ahli secara bersungguh-sungguh. Jadi ijtihad merupakan penetapan salah satu sumber hukum Islam.

6) Istihsan yaitu mengeluarkan hukum suatu masalah dari masalah-masalah yang serupa dengannya kepada hukum lain karena didasarkan hal lain. Contoh makan dan minum karena lupa ketika sedang puasa batal atau tidak

7) Urf, kebiasaan yang baik. Para ulama ushul fiqih bersepakat, Adat (‘urf) yang baik jika tidak bertentangan syara dapat dijadikan hukum.

8) Istishhab, artinya meminta kebersamaan atau berlanjutnya kebersamaan. Istishhab memiliki landasan yang kuat, baik dari segi syara’ maupun logika.Landasan dari segi syara’ ialah, berbagai hasil penelitian hukum menunjukkan, suatu hukum syara’ senantiasa tetap berlaku, selama belum ada dalil yang mengubahnya. Dari segi logika, dapat ditegaskan logika yang benar pasti mendukung sepenuhnya prinsip istishhab.

9) Maslahah al-Mursalah adalah maslahah yang ditemukan pada kasus baru yang ditunjuk oleh nash tertentu tetapi ia mengandung kemaslahatan yang sejalan (munasib) dengan tlndakan (tasarrufat) dengan syara.

10) Sadd Adz-Dzari’ah
adalah mencegah sesuatu perbuatan agar tidak sampai menimbulkan kerusakan. Contoh, wanita yang ditinggal mati suami, berdandan sedang dia dalam keadaan iddah.

11) Syar’u Man Qablana, adalah syariat atau ajaran-ajaran para Nabi sebelum Islam datang.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search