Connect with us

mahasiswi sedang belajar sambil minum kopi - unsplash green chameleon

Covid-19

Dampak Covid-19: PTS Bakal Banyak Bubar Jika Tidak Ditolong

Dampak Covid-19, hampir semua sektor kehidupan mengalami kesulitan. Termasuk yang mengalami kesulitan adalah dunia pendidikan tinggi yang dikelola swasta.

Dampak Covid-19, hampir semua sektor kehidupan mengalami kesulitan. Termasuk yang mengalami kesulitan adalah dunia pendidikan tinggi yang dikelola swasta.

Hal ini sangat berbeda dengan krisis tahun 1998, yang mengalami kesulitan hanya sektor keuangan dan pengusaha besar. Sekarang ini hampir semua sektor mengalami kesulitan.

Dampak ekonominya amat dalam dan luas bagi masyarakat terutama rakyat jelata. Mereka sangat menderita dan akan semakin menderita jika covid-19 berlangsung lama.

PTS Terkena Dampak

Perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang berjumlah sekitar 4500 yang pada umumnya berskala kecil sangat merasakan dampak dari Covid-19.

Setidaknya ada 5 penyebab PTS amat merasakan dampak Covid-19.

Pertama, dukungan keuangan PTS hanya diperoleh dari uang kuliah mahasiswa (i).

Kedua, mahasiswa (i) PTS berskala kecil mayoritas mahasiswa (i) dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Kelompok ini terdampak luar biasa akibat covid-19.

Ketiga, jumlah mahasiswa (i) PTS berskala kecil tidak mencapai tiga ribuan ke atas. Ketika terjadi wabah Covid-19, daya tahan PTS tidak kuat jika lebih tiga bulan tidak beroperasi.

Keempat, mayoritas orang tua mahasiswa (i) PTS berskala kecil dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Mereka ini terkena dampak covid-19 luar biasa besar.

Kelima, pemerintah lebih mengutamakan PTN ketimbang PTS dalam pembiayaan pendidikan. Walaupun menurut undang-undang tidak membedakan PTN dan PTS.

Menyelamatkan PTS

Satu-satunya tumpuan harapan untuk menyelamatkan PTS agar tidak bubar akibat Covid-19 adalah pada pemerintah.

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan pemerintah agar PTS berskala kecil bisa diselamatkan.

Menurut saya, pemerintah harus turun gunung melakukan kegiatan untuk menyelamatkan PTS.

Pertama, memberi stimulus pendanaan untuk menangulangi biaya operasional misalnya Rp 2 milyar per PTS.

Kedua, pemerintah memberi kouta beasiswa yang cukup besar kepada PTS berskala kecil misalnya 500 orang.

Dengan melakukan dua hal tersebut di atas, maka pemerintah telah berperan menyelamatkan PTS sebagai aset bangsa dan institusi pembawa kebangkitan dan kemajuan seluruh bangsa Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Pesan Anies itu disampaikan kepada mahasiswa doktoral yang sedang belajar di London, Inggris, ketika memberi kuliah kepada mereka, saat Anies melakukan kunjungan kerja di...

Pendidikan

Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati tahun ini, menurut saya pilar utamanya adalah pendidikan.

Politik

Kondisi yang dialami Ukraina merupakan pelajaran yang amat penting dan berharga bagi Indonesia.

Pendidikan

Tina Nur Alam, setelah menjadi anggota DPR RI mengusahakan beasiswa untuk membantu putera (i) tamatan Sekolah Lanjutan Atas (SLA) di Sulawesi Tenggara yang orang...

Covid-19

Pemerintah pusat mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan akronim PPKM merupakan perubahan...

Covid-19

Sudah sering saya kemukakan bahwa kita gagal melindungi seluruh bangsa Indonesia sesuai amanat pembukaan UUD 1945. Sebagai bukti, kasus kematian harian akibat Covid-19, tiap...

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...