Connect with us

mahasiswi sedang belajar sambil minum kopi - unsplash green chameleon

Covid-19

Dampak Covid-19: PTS Bakal Banyak Bubar Jika Tidak Ditolong

Dampak Covid-19, hampir semua sektor kehidupan mengalami kesulitan. Termasuk yang mengalami kesulitan adalah dunia pendidikan tinggi yang dikelola swasta.

Dampak Covid-19, hampir semua sektor kehidupan mengalami kesulitan. Termasuk yang mengalami kesulitan adalah dunia pendidikan tinggi yang dikelola swasta.

Hal ini sangat berbeda dengan krisis tahun 1998, yang mengalami kesulitan hanya sektor keuangan dan pengusaha besar. Sekarang ini hampir semua sektor mengalami kesulitan.

Dampak ekonominya amat dalam dan luas bagi masyarakat terutama rakyat jelata. Mereka sangat menderita dan akan semakin menderita jika covid-19 berlangsung lama.

PTS Terkena Dampak

Perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang berjumlah sekitar 4500 yang pada umumnya berskala kecil sangat merasakan dampak dari Covid-19.

Setidaknya ada 5 penyebab PTS amat merasakan dampak Covid-19.

Pertama, dukungan keuangan PTS hanya diperoleh dari uang kuliah mahasiswa (i).

Kedua, mahasiswa (i) PTS berskala kecil mayoritas mahasiswa (i) dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Kelompok ini terdampak luar biasa akibat covid-19.

Ketiga, jumlah mahasiswa (i) PTS berskala kecil tidak mencapai tiga ribuan ke atas. Ketika terjadi wabah Covid-19, daya tahan PTS tidak kuat jika lebih tiga bulan tidak beroperasi.

Keempat, mayoritas orang tua mahasiswa (i) PTS berskala kecil dari kalangan masyarakat menengah ke bawah. Mereka ini terkena dampak covid-19 luar biasa besar.

Kelima, pemerintah lebih mengutamakan PTN ketimbang PTS dalam pembiayaan pendidikan. Walaupun menurut undang-undang tidak membedakan PTN dan PTS.

Menyelamatkan PTS

Satu-satunya tumpuan harapan untuk menyelamatkan PTS agar tidak bubar akibat Covid-19 adalah pada pemerintah.

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan pemerintah agar PTS berskala kecil bisa diselamatkan.

Menurut saya, pemerintah harus turun gunung melakukan kegiatan untuk menyelamatkan PTS.

Pertama, memberi stimulus pendanaan untuk menangulangi biaya operasional misalnya Rp 2 milyar per PTS.

Kedua, pemerintah memberi kouta beasiswa yang cukup besar kepada PTS berskala kecil misalnya 500 orang.

Dengan melakukan dua hal tersebut di atas, maka pemerintah telah berperan menyelamatkan PTS sebagai aset bangsa dan institusi pembawa kebangkitan dan kemajuan seluruh bangsa Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sore ini (21/9) menyampaikan ceramah dihadapan mahasiswa (i) baru Universitas Ibnu Chaldun.

Opini

Pentingnya Indonesia menggenjot pendidikan yang berkualitas di semua jenjang pendidikan, karena kita tengah mengalami bonus demografi, yang diperkirakan mencapai puncaknya pada 2030.

Pendidikan

Tema Wisuda Universitas Ibnu Chaldun tahun ini adalah "Mewujudkan Kampus Merdeka Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Pendidikan Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Kamis, 8 September 2022 telah berjalan dengan lancar.

Pendidikan

Hari ini (26/8) sebelum shalat Jum'at, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengundang mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun untuk silaturrahim.

Covid-19

Para pemimpin di berbagai negara lengser dari kekuasaan disebabkan banyak faktor, tetapi faktor utama adalah ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan dampak negatif dari Konflik...

Politik

Sebagai sosiolog, saya mendukung seruan BEM UI untuk membuka draft terbaru RKUHP secara transparan dalam rangka menghadirkan partisipasi publik dalam pembahasan RKUHP.