17 Ramadhan Turunnya Alqur’an

 Di Ramadhan 1441H

Setiap 17 Ramadhan, umat Islam selalu memperingati turunnya Alqur’an.

Ayat dalam Alqur’an yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril pada saat Nabi berada di Gua Hira, sebanyak 5 ayat yang tercantum dalam surat Al Alaq.

Ayat itu dimulai dengan perintah membaca “iqra’ bismi rabbillazii khalaq” (Bacalah dengan nama Tuhammu yang telah menciptakan. Khalaqal insaa min ‘alaq (Yang menciptakan manusia dari sejumpal darah). Iqra’ warabbukal akram (bacalah dengan nama Tuhanmu yang maha mulia). Allazii ‘allama bil qalam (Yang mengajarkan dengan pena).

Allah menurunkan ayat-ayat Alqur’an kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur melalui Malaikat Jibril selama 23 tahun.

Adapun ayat Alqur’an yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berbunyi: Alyauma akmaltu lakum diinakum wa atmamtu ‘alaikum ni’maty wa radhiitu lakumul islaama diinaa (Pada hari ini saya sempurnakan bagimu agama kamu dan Aku cukupkan atas kamu nikmataKu dan Saya rela bagi kamu Islam menjadi Agama).

Ayat tersebut turun pada saat Nabi Muhammad SAW sedang melaksanakan ibadah haji pada 10 Hijriyah. Haji yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW disebut sebagai haji wada’ (perpisahan). Karena setelah Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah haji, tidak lama belia wafat.

Kompas kehidupan

Ayat-ayat Alqur’an mengandung kompas kehidupan untuk petunjuk bagi umat manusia (hudan linnaas) dan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa (hudan lilmuttaqiin).

Alqur’an kitab suci umat Islam mengandung

1) Akidah, yaitu yang mengajarkan tentang kepercayaan kepada Allah yang maha esa (tauhid).

2) Ibadah, yaitu ketaatan, ketundukan kepada Allah yang dimanifestasikan dengan mengucapkan syahadat tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Nabi Muhammad Rasulullah, menunaikan shalat, melaksanakan puasa ramadhan, mengeluarkan zakat, dan melaksanakan haji bagi yang mampu (harta dan pisik).

3) Akhlak yaitu prilaku baik yang harus diamalkan setiap muslim laki-laki maupun perempuan yang disebut akhlakul karimah (akhlak mulia).

4) Hukum-hukum, yaitu ada hukum perkawinan, hukum waris, hukum pidana, hukum perniagaan, hukum perikatan, dan sebagainya dan hukum yang terkandung dalam Ahkamul khamsah (5 hukum syara’) yaitu wajib, haram, sunnah, makruh, jaiz (mubah).

5) Sejarah/kisah-kisah, yaitu sejarah para nabi dan rasul, sejarah orang-orang terdahulu yang dimuliakan dan dihancurkan. Supaya manusia mengambil pelajaran, karena sejarah berulang.

6) Tazkirah (peringatan) yaitu peringatan bagi mereka yang berbuat baik akan diganjar dengan pahala berupa syurga, sebaliknya yang berbuat jahat diancam dengan dosa dan azab neraka.

7) Ilmu Pengetahun dan dorongan berpikir.

Sebuah tulisan yang berjudul “Bukti Keajaiban dalam Alqur’an Pada Ilmu Pengetahuan (monitor.co.id, 30 Desember 2017) menggambarkan bahwa di dalam Alqur’an terdapat banyak ayat-ayat yang menjelaskan tentang masa depan dan bersifat ilmiah.

Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini, banyak ayat Alqur’an yang terbukti kebenarannya.
Diantaranya:

1) Kelahiran manusia, “Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan? Adakah kamu perhatikan nutfah (benih manusia) yang kamu pancarkan? Kamukah yang menciptakannya? Ataukah Kami yang menciptakannya.”
(Q.S. Al Waqiah 57-59).

2) Fungsi gunung. “Bukankah Kami telah menjadikan bumi hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak.” (Q.S.An Naba, 6-7).

3) Api di dasar laut. “Demi bukit, dan kitab yang tertulis. Pada lembaran yang terbuka. Dan demi baitul makmur (ka’bah). Dan demi langit yang ditinggikan. Dan demi laut, yang di dalam tanah ada api.” (Q.S. At Thur, 1-6).

Banyak lagi ayat-ayat Alqur’an, setelah diteliti ternyata benar.

Semoga tulisan ini sebagai sumbangsih dalam memperingati Nuzulul Qur’an, semakin meningkatkan kecintaan kepada Alqur’an dan kemauan untuk mendalami dan mengamalkan isinya dalam kehidupan kita sehari-sehari.

Selamat memperingati Nuzulul Qur’an 1441 H.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search