McD Sarinah Thamrin Semoga Bisa Bersama UMKM Pribumi 2021

 In Dunia Usaha, Opini

Saya termasuk pelanggan McDonald’s Sarinah. Hampir setiap hari Ahad, usai jalan kaki dalam Car Free Day di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, saya mampir di McD Sarinah.

Sambil menikmati hidangan siap saji di McD Sarinah, saya menulis artikel. Sangat banyak artikel yang saya tulis di restoran siap saji itu.

McD Sarinah tempatnya strategis, dibuka 24 jam, sehingga banyak pengunjung yang suka makan dan minum sambil nongkrong menyaksikan indahnya jalan Thamrin pusat kota Jakarta.

Akan tetapi, untuk sementara waktu harus puasa tidak bisa nongkrong di McD Sarinah Thamrin harus ditutup karena gedung Sarinah tempat McD akan direnovasi total.

Sarinah Thamrin Dipercantik

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, renovasi gedung Sarinah Thamrin yang terletak di jalan Thamrin, Jakarta, akan dimulai pada Juni 2020 atau usai lebaran Idul Fitri 1441 Hujriah (Kompas.com, Jumat, 8 Mei 2020).

Saya apresiasi gagasan Menteri BUMN untuk merenovasi gedung BUMN tersebut karena beberapa bagian di dalam gedung itu sudah tidak layak. Misalnya tempat shalat sudah tidak layak dibanding dengan berbagai gedung pusat perbelanjaan di Jakarta.

Removasi itu akan menelan anggaran Rp 700 milyar dengan kontraktor utama PT Wjaya Karya (Persero) bekerjasama dengan BUMN Lain.

Renovasi gedung Sarinah Thamrin intinya diperindah dan dipercantik sehingga lebih ramai yang makan dan berbelanja digedung itu, yang diharapkan rampung renovasinya pada bulan November 2021.

Produk UMKM Pribumi

Erick Thohir mengemukakan bila renovasi itu tuntas, Erick memastikan tenant-tenant yang dipasarkan nyaris 100 persen produk UMKM atau brand lokal.

Saya berharap mayoritas yang mengisi tenant-tenant adalah UMKM dari kalangan pribumi.

Fakta sosiologis menunjukkan dan tidak bisa dibantah bahwa kalangan pengusaha pribumi di semua lapisan (besar, menengah dan kecil) semakin terpinggirkan dalam persaingan usaha.

Pemerintah harus membangun pengusaha pribumi dengan memberi tempat berusaha yang layak agar mereka bisa berkembang dan maju seperti pengusaha lain yang secara historis sudah turun-temurun mereka geluti dunia usaha.

Hal tersebut sangat penting dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia serta mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang amat memprihatinkan dikalangan bangsa Indonesia.

Semoga akhir tahun 2021 Allah masih memberi umur yang panjang, saya bisa kembali menikmati berbagai macam makanan termasuk McD Sarinah khas Indonesia dalam suasana baru yang nyaman dan indah sambil menulis artikel sebagai bagian dari amal saya untuk ikut mencerdaskan bangsa Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search