Connect with us

Peaceful place ? #mosque - IG zoni_writes

Ramadan 1441H

Malam Kemuliaan “Lailatul Qadar”

Surat Alqadar ayat 1 Allah menurunkan Alqur’an pada malam kemuliaan “Lailayul Qadar.

Dalam berbagai hadis sahih Nabi Muhammad SAW dan sesuai Alqur’an surat Alqadar ayat 1 Allah menurunkan Alqur’an pada malam kemuliaan “Lailayul Qadar.”

Innaa anzalnaahu fii lailatil qadar (sesungguhnya Kami turunkan Alqur’an pada malam kemuliaan (lailatul qadar).

Umat Islam banyak yang suka mabiit (bermalam) di masjid pada 10 hari terakhir untuk melipat-gandakan ibadahnya dengan harapan pada saat mereka beribadah turun lailatul qadar.

Oleh karena pada malam itu turun para Malaikat dan Malaikat Jibril.

Siapa yang tengah beribadah pada saat malam kemuliaan (lailatul qadar), maka seperti beribadah 1000 bulan (alfi syahr).

Kemuliaan Lailatur Qadar

Menurut Alqur’an surah Al Qadar ayat 1-5 bahwa malam qadar mempunyai 5 kemuliaan.

Pertama, turun para malaikat dan malaikat Jibril di muka bumi. Sebelum Nabi Muhammad SAW wafat, malaikat Jibril bolak balik turun ke muka bumi membawa wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, malaikat Jibril beserta para malailat lainnya hanya turun ke muka bumi pada setiap bulan ramadhan di 10 hari terakhir pada tarikh ganjil.

Kedua, berlipat ganda pahala yang diraih beribadah pada malam kemuliaan seperti beribadah selama 83 tahun 4 bulan (1000) bulan. Jika tengah membaca surah Yaasiin pada saat lailatul qadar lalu tertidur karena mengantuk, maka seperti kita membaca surah Yaasiin selama 83 tahun 4 bulan (1000) bulan.

Ketiga, semua dosa di masa lampau diampuni oleh Allah jika sedang berdoa pada lailatul qadar.

Keempat, malam lailatul qadar, malam yang penuh dengan kemuliaan karena pada malam itu diturunkan Alqur’an.

Kelima, malam yang penuh ketenangan dan kedamaian karena saking banyaknya malaikat turun dari langit ke muka bumi pada malam itu.

Alqur’an dengan Manusia

Relevansi Alqur’an dengan manusia bahwa dalam hidup ini manusia perlu ikhtiar (usaha). Untuk meraih sukses, manusia memerlukan petunjuk (kompas).

Allah menegaskan bahwa Alqur’an yang diturunkan pada lailatul qadar merupakan “hudan” (petunjuk, kompas) bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menjadikan Alqur’an sebagai hudan (petunjuk, kompas) dalam hidup agar kita selamat di dunia dan akhirat.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Ramadan 1442H

Keagungan Al-qur'an tidak saja karena memuat segala macam ayat yang bisa dijadikan panduan, kompas dan petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa, tetapi tidak...

Ramadan 1442H

Ramadan Kareem, yang penuh kemuliaan dan keberkahan, telah tiba. Hari ini 1 Ramadan 1442 H bertepatan 13 April 2021 adalah hari pertama puasa Ramadan...

Ramadan 1442H

Di bulan Ramadan saat kita shaum atau puasa, segala aktivitas seperti bekerja di kantor atau Work From Home (WFH) harus tetap dilaksanakan jangan lupa...

Lainnya

Bangsa Indonesia masih dilanda wabah covid-19. Untuk mencegah penularan wabah tersebut, pemerintah setelah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam melarang Salat...

Covid-19

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H., perkenankan saya selaku Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) menyampaikan pesan.