Connect with us

masjid besar di aceh - unsplash sxy_selia

Ramadan 1441H

Idul Fitri Rindu Silaturrahim

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H ialah silaturrahim.

Dampak corona banyak sekali kegiatan sosial dan keagamaan yang tidak bisa dilaksanakan.

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H ialah silaturrahim.

Mengapa tidak bisa dilakukan silaturrahim? Setidaknya ada tiga alasannya. Pertama, untuk mencegah penularan corona dari silaturrahim dengan berbagai pihak.

Kedua, untuk memutus penularan corona karena menurut Aagym, corona adalah penyakit kerumunan.

Ketiga, untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga dari terinfeksi corona.

Silaturrahim dan Implementasi

Silaturrahim berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata yaitu silah “hubungan” dan rahim “kasih sayang.”

Jadi bersilaturrahim bermakna menjalin hubungan kasih sayang kekeluargaan.

Dalam kondisi wabah corona masih menjangkiti DKI Jakarta pada khususnya dan berbagai daerah di Indonesia, maka mudik untuk bersilaturrahim di kampung halaman serta bersilaturrahim dengan tetangga dan keluarga dekat di mana kita bermukim sebaiknya tidak dilakukan.

Solusinya?

Saat ini teknologi komunikasi kemajuannya luar biasa.

Untuk bersilaturrahim dengan orang tua jika masih hidup, tetangga, keluarga dekat, famili, sahabat, teman dan banyak orang, karena keadaan tidak memungkinkan, maka solusinya banyak cara.

Pertama, melalui zoom. Kedua belah pihak bisa saling berhadapan dan bermaaf-maafan melalui layar kaca

Kedua, melalui video chart Whatsapp biisa berkomunikasi langsung dan juga bisa menulis pesan melalui Whatsapp (WA).

Ketiga, melalui facebook. Setiap orang yang mau bersilaturrahim dengan orang tua, keluarga, sahabat dan siapapun, bisa menulis pesan silaturrahim di facebook.

Keempat, melalui instagram. Setiap orang jika mempunyai akun di instagram bisa menulis pesan silaturrahim.

Kelima, melalui twitter. Setiap orang yang ingin menyampaikan pesan silaturrahim bisa menulis di twitter jika sudah mempunyai akun.

Oleh karena itu, tanpa mudik dan tanpa silaturrahim secara langsung karena kendala wabah corona, kita masih bisa bersilaturrahim virtual (maya).

Insya Allah rindu silaturrahim dalam rangka Idul Fitri bisa digantikan dengan silaturrahim virtual tanpa bertatapan muka langsung sebagaimana lumrah dilaksanakan.

Asalkan dengan niat tulus dalam rangka ibadah kepada Allah, pahalanya sama dengan silaturahim virtual dan silaturrahim langsung.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Pemerintah pusat mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan akronim PPKM merupakan perubahan...

Covid-19

Sudah sering saya kemukakan bahwa kita gagal melindungi seluruh bangsa Indonesia sesuai amanat pembukaan UUD 1945. Sebagai bukti, kasus kematian harian akibat Covid-19, tiap...

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...