Musni Umar Socmed

Search

masjid besar di aceh - unsplash sxy_selia

Ramadan 1441H

Idul Fitri Rindu Silaturrahim

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H ialah silaturrahim.

Dampak corona banyak sekali kegiatan sosial dan keagamaan yang tidak bisa dilaksanakan.

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H ialah silaturrahim.

Mengapa tidak bisa dilakukan silaturrahim? Setidaknya ada tiga alasannya. Pertama, untuk mencegah penularan corona dari silaturrahim dengan berbagai pihak.

Kedua, untuk memutus penularan corona karena menurut Aagym, corona adalah penyakit kerumunan.

Ketiga, untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga dari terinfeksi corona.

Silaturrahim dan Implementasi

Silaturrahim berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata yaitu silah “hubungan” dan rahim “kasih sayang.”

Jadi bersilaturrahim bermakna menjalin hubungan kasih sayang kekeluargaan.

Dalam kondisi wabah corona masih menjangkiti DKI Jakarta pada khususnya dan berbagai daerah di Indonesia, maka mudik untuk bersilaturrahim di kampung halaman serta bersilaturrahim dengan tetangga dan keluarga dekat di mana kita bermukim sebaiknya tidak dilakukan.

Solusinya?

Saat ini teknologi komunikasi kemajuannya luar biasa.

Untuk bersilaturrahim dengan orang tua jika masih hidup, tetangga, keluarga dekat, famili, sahabat, teman dan banyak orang, karena keadaan tidak memungkinkan, maka solusinya banyak cara.

Pertama, melalui zoom. Kedua belah pihak bisa saling berhadapan dan bermaaf-maafan melalui layar kaca

Kedua, melalui video chart Whatsapp biisa berkomunikasi langsung dan juga bisa menulis pesan melalui Whatsapp (WA).

Ketiga, melalui facebook. Setiap orang yang mau bersilaturrahim dengan orang tua, keluarga, sahabat dan siapapun, bisa menulis pesan silaturrahim di facebook.

Keempat, melalui instagram. Setiap orang jika mempunyai akun di instagram bisa menulis pesan silaturrahim.

Kelima, melalui twitter. Setiap orang yang ingin menyampaikan pesan silaturrahim bisa menulis di twitter jika sudah mempunyai akun.

Oleh karena itu, tanpa mudik dan tanpa silaturrahim secara langsung karena kendala wabah corona, kita masih bisa bersilaturrahim virtual (maya).

Insya Allah rindu silaturrahim dalam rangka Idul Fitri bisa digantikan dengan silaturrahim virtual tanpa bertatapan muka langsung sebagaimana lumrah dilaksanakan.

Asalkan dengan niat tulus dalam rangka ibadah kepada Allah, pahalanya sama dengan silaturahim virtual dan silaturrahim langsung.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

Ramadan 1442H

Di bulan Ramadan saat kita shaum atau puasa, segala aktivitas seperti bekerja di kantor atau Work From Home (WFH) harus tetap dilaksanakan jangan lupa...

DKI Jakarta

Untuk menggerakkan kembali ekonomi yang lesu akibat Covid-19 tidak mungkin kalau warga tidak disiplin mengamalkan protokol kesehatan.

Covid-19

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

Covid-19

Jakarta merupakan daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Akan tetapi patut bersyukur, tingkat kematian warga cukup rendah. Bersama kita bisa melawan Covid-19.

Covid-19

kata-kata Mari Semua Sehat, sangat menyentuh perasaan karena saat ini semua merasa khawatir sehubungan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia yang terpapar Corona, mengigat gejala Corona...

Covid-19

Salah satu kalimat yang penting diamalkan bangsa Indonesia saat ini ialah saling jaga. Kalimat itu sangat penting dibahas dan diamalkan bangsa Indonesia saat ini...