Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri Tanda Syukur Kepada Allah

 In Lainnya, Ramadhan 1441H

“Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Allahu Akbar Walillahi Hamd.”

Sejak mentari terbenam di ufuk barat sebagai tanda berakhirnya shaum (puasa) Ramadhan, usai salat Magrib gema takbir bertalu-talu di Masjid, Mushalla dan rumah.

Takbir bertalu-talu tiada henti dari Masjid, Mushalla dan rumah hingga larut malam. Begitu pula menjelang salat Subuh dan sesudah salat Subuh sampai tiba salat Idul Fitri 2 rakaat.

Takbir “Allahu Akbar, Allahu
Akbar, Allahu Akbar,” tiada henti diucapkan sampai tiba salat Idul Fitri.

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak Tuhan kecuali Allah.

Ucapan itu mengandung makna bahwa di dunia ini tidak ada yang besar, agung dan hebat kecuali Allah.

Lafaz itu harus dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan bahwa yang patut dibesari dan diagungkan setinggi langit hanya Allah. Tidak ada yang maha besar dan maha agung kecuali Allah.

Tanda Syukur

Takbir bertalu-talu digaungkan seorang hamba Allah yang baru selesai melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan sebulan penuh sebagai tanda syukur kepada Allah.

Pertama, diberi kesehatan yang prima sehingga mampu melaksanakan puasa, salat traweh dan salat rawatib (5 kali) sehari semalam, khatam Alqur’an, berzakat dan berbagai amalan lainnya.

Kedua, diberi umur panjang, sehingga memiliki kesempatan untuk melaksanakan shaum (puasa) Ramadhan dan berbagai amalan baik lainnya.

Ketiga, diberi hidayah oleh Allah untuk menjadi muslim, mu’min dan insya Allah menjadi muttaqiin (orang yang bertakwa) sesudah shaum Ramadhan.

Nikmat yang diperoleh telah dimanfaatkan untuk beribadah kepada Allah dengan baik dan insya Allah diterima untuk menjadi bekal di akhirat.

Nikmat Allah yang diberikan kepada manusia sangat banyak. Jika mau dihitung tidak terbilang banyaknya. Akan tetapi, sedikit yang bisa bersyukur.

Kita merasa bahagia tiada taranya, karena kewajiban shaum (puasa) Ramadhan telah ditunaikan. Sebagai tanda atau bukti kita bersyukur kepada Allah, usai shaum Ramadhan sebulan penuh, sejak mentari terbenam di ufuk barat sebagai tanda berakhirnya shaum Ramadhan, hamba-hamba Allah bertakbir, bertasbih dan bertahmid.

Salat Idul Fitri

Bangsa Indonesia masih dilanda wabah covid-19. Untuk mencegah penularan wabah tersebut, pemerintah setelah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam melarang Salat Idul Fitri masjid ataupun di lapangan.

Sebagai ganti tidak boleh Salat Idul Fitri di Masjid dan dilapangan, maka Salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah bersama keluarga.

Salat Ied di rumah tidak pernah terjadi sebelumnya. Sudah ratusan tahun lamanya Salat Idul Fitri selalu dilaksanakan di Masjid secara berjamaah. Setelah jamaah semakin ramai, Salat Idul Fitri dilaksanakan dilapangan terbuka.

Akan tetapi dalam keadaan darurat, dibolehkan tidak Salat Idul Fitri di Masjid ataupun dilapangan. Kaedah Fiqh dijadikan landasan bahwa “dalam kondisi darurat, hal-hal yang terlarang dibolehkan.”
(Ad Dharurat Tubiihul mahzhuraat).

Kalau hal-hal yang wajib saja boleh tidak dilaksanakan dalam keadaan darurat seperti salat Jum’at, apatah lagi salat sunat. Salat Idul Fitri adalah salat Sunat Muakkad yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Akan tetapi Salat Idul Fitri tidak sampai diwajibkan. Hanya Sunat Muakkad. Kalau dilaksanakan mendapat pahala yang banyak. Jika tidak dilaksanakan, tidak berdosa.

Semoga berbagai kebaikan yang diamalkan di bulan Ramadhan diteruskan pengamalannya 11 bulan yang akan datang.

Hanya puasa Ramadhan dan salat traweh yang tidak diteruskan pengamalannya di 11 bulan yang akan datang.

Akan tetapi bisa diteruskan puasa Senin dan Kamis atau puasa Nabi Daud, satu hari puasa, hari berikutnya tidak puasa dan terus bergulir sepanjang 11 bulan.

Selain itu, salat tahajud bisa terus diamalkan tiap malam.

Akhirnya sekali lagi saya ucapkan Taqabballah mina wa minkum.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search