Connect with us

illustrasi test covid-19 (rapid test sangat diperlukan) - unsplash drew_hayes

Covid-19

New Normal VS Spirit Melawan Corona

Jadi istilah New Normal adalah satu konsep dalam bisnis dan ekonomi yang diterapkan usai krisis yang dialami seperti dikemukakan di atas

Isu yang sangat banyak dibicarakan pubik adalah “New Normal.” Pasalnya dikemukakan Presiden Jokowi dalam banyak kesempatan termasuk saat meninjau Mal di Bekasi.

Pertanyaannya, apa itu New Normal? Menurut Wikipedia arti New Normal kenormalan baru adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi COVID-19.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kenormalan_Baru_(bisnis)

Jadi istilah New Normal adalah satu konsep dalam bisnis dan ekonomi yang diterapkan usai krisis yang dialami seperti dikemukakan di atas.

Usai Corona

Jika berpijak dari arti New Normal yang dikemukakan di atas, maka yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat saat ini.

Pertama, memastikan PSBB sukses. Kalau corona masih merajalela di masyarakat, berarti PSBB diberlakukan gagal. Ini tidak boleh terjadi.

Kedua, keterbukaan. Semua harus terbuka terhadap data corona. Jangan ada yang menyembunyikan data atau mengurangi data ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), Pasien Positif Corona (PPC), jumlah yang sembuh dan jumlah yang mati.

Selama ini yang diberitakan mati akibat corona hanya mereka yang PPC (Pasien Positif Corona), pada hal begitu banyak yang mati dari ODP dan PDP.

Ketiga, satu komando. Dalam menangani wabah corona yang sudah mengancam seluruh lini kehidupan, negara yang sukses menangani corona, selalu dilakukan satu komando. Kelemahan selama ini tidak satu komando. Masing-masing menteri membuat kebijakan yang saling berlawanan dan melemahkan PSBB.

Keempat, rakyat disiplin. Dalam pemberlakuan PSBB di Jakarta sebagai contoh, menurut Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, 60 % masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan dan PSBB.

Dengan demikian, sebesar 40 % masyarakat DKI yang belum mematuhi protokol kesehatan dan PSBB, harus disadarkan untuk disiplin. Pada saat yang sama, 60 % masyarakat yang sadar penting mematuhi protokol kesehatan dan PSBB didorong untuk tetap disiplin.

Kelima, kolaborasi menyukseskan PSBB. Semua harus bergotong royong menyukseskan PSBB dengan saling menasehati dan mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan dan PSBB.

Setelah Normal

Berdasarkan pengertian New Normal yang dikemukakan, maka dalam kaitan dengan corona, pemberlakuan konsep New Normal harus sesudah normal pandemi corona. Tidak ada lagi corona.

Kalaupun tidak normal 100%, kondisi penularan corona sudah bisa dikendalikan dengan tingkat penularan yang sangat minim.

Kalau penularan corona masih besar, kemudian ditutup-tutupi dengan alasan mau diberlakukan New Normal, maka dapat dikatakan bunuh diri karena corona bisa semakin merajalela dan dampak negatif pasti sangat besar.

Semoga tulisan ini menambah spirit dalam melawan corona sampai tuntas, sehingga hidup normal segera bisa diwujudkan.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...

Covid-19

Karena masih suasana Covid-19 pada Idul Adha 1442H ini, umat Islam yang sudah siap melaksanakan ibadah haji di Mekah, kembali di urungkan tahun ini.