Connect with us

Posko pemeriksaan (checkpoint) di bandara - IG soekarnohattaairport

Covid-19

WNA dan WNI Yang Masuk Indonesia Masa Pandemi Corona Wajib Dikarantina

Oleh karena corona belum ditemukakan obat penyembuhnya, maka harus dilakukan setidaknya 2 tindakan untuk melindungi rakyat agar tidak terpapar corona.

Pemerintah harus tegas dan konsisten melindungi seluruh rakyat Indonesia dari bahaya wabah corona.

Oleh karena corona belum ditemukakan obat penyembuhnya, maka harus dilakukan setidaknya 2 tindakan untuk melindungi rakyat agar tidak terpapar corona.

Pertama, preventif yaitu tindakan pencegahan agar rakyat tidak terpapar corona. Seruan untuk sering cuci tangan, pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak kalau bersama orang lain, menghindari kerumunan massa adalah upaya untuk mencegah supaya rakyat terhindar dari penularan corona.

Bagi para tenaga kesehatan (nakes) disediakan APD (Alat Pengaman Diri) untuk mencegah mereka tertular wabah corona.

Kedua, kuratif yaitu tindakan pengobatan terhadap mereka yang tertular corona baik yang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) terlebih yang positif corona. Mereka diisolasi dalam ruangan khusus di rumah sakit yang diawasi dokter dan para perawat.

Semua Dikarantina

Malaysia telah memberlakukan peraturan bahwa semua pendatang dari luar negeri harus dikarantina selama 14 hari.

Mereka yang dikarantina diwajibkan membayar biaya karantina. Tidak hanya warga negara asing, tetapi juga warga negara Malaysia. Hanya warga negara Malaysia diberi keringanan biaya.

Oleh karena sumber penularan wabah corona dari China, dan telah merambah banyak negara, bahkan berada dalam zona merah seperti Amerika Serikat, Italia dan negara-negara lain, maka sangat tepat jika Indonesia meniru kebijakan yang ditempuh Malaysia dalam mencegah penularan corona di negaranya.

Pemerintah Indonesia, dalam rangka mencegah penularan corona dari luar negeri, sangat perlu mengkarantina semua pendatang dari luar negeri terutama TKA China dan TKI yang baru pulang dari luar negeri.

Tidak hanya TKA dan TKI yang pulang ke Indonesia, tetapi semua warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk Indonesia selama masa pandemi corona, mutlak masuk ke dalam karantina. Kalau tidak, maka sangat mungkin mereka menularkan Corona kepada bangsa Indonesia.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dalam rangka mencegah penularan corona terhadap bangsa Indonesia, maka seluruh WNA dan WNI yang masuk ke Indonesia saat pandemi corona belum berakhir wajib di karantina dengan biaya dari mereka.

Semoga tulisan ini memberi manfaat dalam upaya bersama memerangi corona di Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...

Covid-19

Karena masih suasana Covid-19 pada Idul Adha 1442H ini, umat Islam yang sudah siap melaksanakan ibadah haji di Mekah, kembali di urungkan tahun ini.

Covid-19

Covid-19 dan variannya sudah menjangkiti rakyat di seluruh Indonesia. Tidak ada provinsi yang bebas dari Covid-19. Tren peningkatan positif Covid-19 rakyat Indonesia terus meningkat...