Musni Umar Socmed

Search

Posko pemeriksaan (checkpoint) di bandara - IG soekarnohattaairport

Covid-19

WNA dan WNI Yang Masuk Indonesia Masa Pandemi Corona Wajib Dikarantina

Oleh karena corona belum ditemukakan obat penyembuhnya, maka harus dilakukan setidaknya 2 tindakan untuk melindungi rakyat agar tidak terpapar corona.

Pemerintah harus tegas dan konsisten melindungi seluruh rakyat Indonesia dari bahaya wabah corona.

Oleh karena corona belum ditemukakan obat penyembuhnya, maka harus dilakukan setidaknya 2 tindakan untuk melindungi rakyat agar tidak terpapar corona.

Pertama, preventif yaitu tindakan pencegahan agar rakyat tidak terpapar corona. Seruan untuk sering cuci tangan, pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak kalau bersama orang lain, menghindari kerumunan massa adalah upaya untuk mencegah supaya rakyat terhindar dari penularan corona.

Bagi para tenaga kesehatan (nakes) disediakan APD (Alat Pengaman Diri) untuk mencegah mereka tertular wabah corona.

Kedua, kuratif yaitu tindakan pengobatan terhadap mereka yang tertular corona baik yang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) terlebih yang positif corona. Mereka diisolasi dalam ruangan khusus di rumah sakit yang diawasi dokter dan para perawat.

Semua Dikarantina

Malaysia telah memberlakukan peraturan bahwa semua pendatang dari luar negeri harus dikarantina selama 14 hari.

Mereka yang dikarantina diwajibkan membayar biaya karantina. Tidak hanya warga negara asing, tetapi juga warga negara Malaysia. Hanya warga negara Malaysia diberi keringanan biaya.

Oleh karena sumber penularan wabah corona dari China, dan telah merambah banyak negara, bahkan berada dalam zona merah seperti Amerika Serikat, Italia dan negara-negara lain, maka sangat tepat jika Indonesia meniru kebijakan yang ditempuh Malaysia dalam mencegah penularan corona di negaranya.

Pemerintah Indonesia, dalam rangka mencegah penularan corona dari luar negeri, sangat perlu mengkarantina semua pendatang dari luar negeri terutama TKA China dan TKI yang baru pulang dari luar negeri.

Tidak hanya TKA dan TKI yang pulang ke Indonesia, tetapi semua warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk Indonesia selama masa pandemi corona, mutlak masuk ke dalam karantina. Kalau tidak, maka sangat mungkin mereka menularkan Corona kepada bangsa Indonesia.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dalam rangka mencegah penularan corona terhadap bangsa Indonesia, maka seluruh WNA dan WNI yang masuk ke Indonesia saat pandemi corona belum berakhir wajib di karantina dengan biaya dari mereka.

Semoga tulisan ini memberi manfaat dalam upaya bersama memerangi corona di Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

Covid-19

kata-kata Mari Semua Sehat, sangat menyentuh perasaan karena saat ini semua merasa khawatir sehubungan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia yang terpapar Corona, mengigat gejala Corona...

Covid-19

Salah satu kalimat yang penting diamalkan bangsa Indonesia saat ini ialah saling jaga. Kalimat itu sangat penting dibahas dan diamalkan bangsa Indonesia saat ini...

Covid-19

Koalisi baru bersama UMNO, PAS dan lain-lain membentuk Perikatan Nasional (PN) untuk memerintah Malaysia. Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong setelah berkonsultasi dengan seluruh anggota...

In Memoriam

Tidak ada yang mengira Muhammad Suaib Didu, yang baru berumur 55 tahun meninggal dunia begitu cepat karena beberapa waktu lalu, ditemani Dr. Muhammad Sulhan,...

Covid-19

Tahun 2020 sebagai tahun kesedihan dan tahun yang amat sulit bagi sebagian warga DKI Jakarta, bangsa Indonesia, dan bangsa-bangsa lain di dunia telah dilewati.

Covid-19

Saya kemukakan tahun 2020 merupakan tahun kesedihan karena hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia terpuruk ditengah ancaman corona.