Musni Umar Socmed

Search

Di atas gedung Bundestag di Berlin, Germany - Unsplash ansgarscheffold

Covid-19

Belajar Dari Jerman Atasi Ekonomi Dan Pandemi Covid-19

Salah satu negara yang patut ditiru dalam mengatasi covid-19 dan dampak ekonomi yang diakibatkan covid-19 ialah Jerman.

Indonesia harus mengakui bahwa upaya mengatasi pandemi covid-19 dan dampak ekonomi yang diakibatkannya harus banyak belajar dari negara lain.

Salah satu negara yang patut ditiru dalam mengatasi covid-19 dan dampak ekonomi yang diakibatkan covid-19 ialah Jerman.

Arief Havas Oegroseno, Duta Besar RI untuk Jerman dalam konferensi Pers yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan saat pertama kali mereka menemukan covid-19 di negara mereka.

Pertama, dalam bidang ekonomi, pemerintah Jerman menyiapkan dana stabilisasi €600 milyar Euro, serta bantuan untuk UKM €165 milyar kata Arief dalam telekonferensi, Sabtu, 30/5/2020 (Viva.co.id., 30 Mei 2020).

Selain itu, sejumlah bank dilibatkan untuk memberikan modal kerja yang disalurkan ke beberapa sektor perekonomian.

Tujuan pemberian modal kerja agar dunia usaha bisa bertahan di tengah guncangan ekonomi akibat dampak covid-19.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, pemerintah Jerman juga membantu berbagai perusahaan perintis yang lazim disebut sebagai perusahaan-perusahaan Start- up senilai €1 milyar Euro dengan masa pengembalian 10 tahun.

Begitu juga, perbankan di Jerman, memberikan bantuan modal kepada perusahaan-perusahaan dengan masa pengembalian 10 tahun.

5 Langkah Atasi Covid-19

Pemerintah Jerman menurut Arief melakukan 5 langkah untuk mencegah dan melawan covid-19.

Pertama, sangat tanggap dan cepat bergerak mengatasi covid-19 dengan membentuk tim krisis.

Kedua, cepat mengambil kebijakan untuk melakukan lockdown serta implementasi kebijakan lain juga cepat dilakukan di lapangan dan dijalankan secara tegas.

Ketiga, tidak menggunakan bahasa yang rumit dan mudah dimengerti, serta mudah diterapkan langsung oleh masyarakat.

Keempat, disiplin masyarakat yang tinggi.

Kelima, sebagai negara federal, ada pemerintah pusat dan negara bagian. Akan tetapi, mereka bisa berkoordinasi dengan baik pemerintah pusat dan negara bagian.

Dampak Positif

Jerman merupakan salah satu negara yang tergolong tinggi tingkat infeksi virus covid-19.

Berdasarkan data dari CSSE John Hopkins University, jumlah infeksi virus corona di Jerman hingga Senin (6/4/2020) pukul 13.17 mencapai 100.123 kasus (kompas.com, 6 April 2020).

Jumlah tersebut adalah yang tertinggi ke-3 di Eropa dan tertinggi ke-4 di dunia setelah Amerika Serikat, Spanyol, dan Italia.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan korban yang meninggal akibat covid-19 terhitung rendah.

Ada 1.584 kematian akibat corona di Jerman. Jumlah itu setara dengan 1,5 persen dari total kasus positif corona yang tercatat.

Dampak kebijakan pemerintah Jerman dibidang ekonomi, kuartal pertama tahun ini, ekonomi Jerman masih tumbuh negatif 2,2 persen (CNBC Indonesia, 15 May 2020).

Diantara negara-negara Uni Eropa, Jerman merupakan salah satu negara yang bisa dikatakan sukses dalam penanganan covid-19 dan sukses mempertahankan stabilitas ekonominya sehingga patut ditiru Indonesia dalam menangani covid-19 dan ekonomi Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya sangat bergembira melihat dinamika masyarakat yang kembali berdenyut akhir-akhir ini di Jakarta. Terlihat banyak kegiatan di Jakarta mulai berjalan seperti sebelum...

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...

DKI Jakarta

Untuk menggerakkan kembali ekonomi yang lesu akibat Covid-19 tidak mungkin kalau warga tidak disiplin mengamalkan protokol kesehatan.

Covid-19

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

Covid-19

Jakarta merupakan daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Akan tetapi patut bersyukur, tingkat kematian warga cukup rendah. Bersama kita bisa melawan Covid-19.

Covid-19

kata-kata Mari Semua Sehat, sangat menyentuh perasaan karena saat ini semua merasa khawatir sehubungan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia yang terpapar Corona, mengigat gejala Corona...