Connect with us

Jumat telah datang #shalatjumat - IG adiwibrahim

Covid-19

PSBB Transisi: Anies Jadikan Masjid dan Rumah Ibadah Epicentrum Mengakhiri Corona

Setelah 13 kali tidak shalat Jum’at karena corona, akhirnya hari ini, umat Islam di DKI Jakarta pada khususnya bisa melaksanakan shalat Jum’at.

Saya termasuk yang amat bergembira dan berbahagia karena PSBB transisi di mulai hari pertama bertepatan hari Jum’at yang bagi umat Islam adalah hari yang penuh dengan keberkahan sebab umat Islam diwajibkan untuk shalat Jum’at.

Setelah 13 kali tidak shalat Jum’at karena corona, akhirnya hari ini, bertepatan 13 Syawal 1441 H atau 5 Juni 2020 M, umat Islam di DKI Jakarta pada khususnya bisa melaksanakan shalat Jum’at.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, rumah ibadah menjadi tempat yang mampu terapkan protokol kesehatan paling ketat. Rangkaian protokol kesehatan dalam melawan covid-19 bisa dengan sangat baik diterapkan di rumah ibadah.

JK mencontohkan, semisal dengan menaruh sabun di tempat wudhu. Dengan adanya sabun, maka jamaah bisa melakukan cuci tangan sebelum beribadah. Jaga jarak pun bisa dilakukan dengan ketat di dalam rumah (Republika.co.id., 3 Juni 2020).

Sebelumnya, JK mengatakan masjid salah satu tempat yang siap untuk pelonggaran PSBB karena memenuhi syarat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti jemaah bisa Salat menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum masuk masjid.

JK juga mengingatkan para jemaah untuk membawa sajadah sendiri saat Salat berjemaah di masjid dan tidak berlama-lama di masjid. Khotbah Jumat juga dianjurkan singkat, cukup hanya 30 menit.

Pelaksanaan Shalat

Pelaksanaan shalat Jum’at di Masjid Nurul Huda di Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan sebagai contoh berlangsung kondusif dan berjalan lancar.

Protokal kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, bawa tikar shalat, tidak pakai karpet, hand sanitizer disediakan di tiga pintu masuk dan di shaf paling depan. Selain itu, khatib menyampaikan khutbah tidak lebih dari 30 menit.

Faktor lain yang amat mendukung pelaksanaan shalat Jum’at di Masjid adalah kesadaran jamaah bahwa menjaga keselamatan selama beribadah mendapat perhatian yang amat besar dari para jamaah.

Dengan demikian, protokol kesehatan dan PSBB transisi sangat mumpuni dilaksanakan di Masjid dan rumah ibadah lain.

Epicentrum Melawan Corona

Kebijakan Gubernur Anies dalam PSBB transisi yang membuka tempat ibadah patut diapresiasi, karena Masjid dan rumah ibadah bisa menjadi epicentrum dalam melawan dan mencegah corona.

Pertama, Masjid dan tempat ibadah lainnya merupakan tempat manusia berdoa kepada Tuhan. Kalau setiap manusia berdoa kepada Tuhan, dan salah satu isi doanya agar virus corona segera habis, maka Masjid dan rumah ibadah bisa menjadi epicentrum dalam melawan dan mencegah corona.

Kedua, Masjid dan rumah ibadah merupakan simbol sebagai negara beragama sesuai dasar negara kita Ketuhanan Yang Maha Esa (pasal 29 ayat 1 UUD 1945. Oleh karena itu, dalam menghadapi badai corona yang tidak diketahui secara pasti kapan berakhir, manusia selain berusaha mengatasi corona, wajib banyak berdoa. Masjid dan rumah ibadah adalah sarana tempat berdoa, karena berdoa merupakan senjata bagi orang yang beriman.

Ketiga, Masjid dan rumah ibadah dapat menjadi sarana yang sangat efektif dalam melawan dan mencegah corona. Dapat dibayangkan betapa dahsyatnya, jika dalam kondisi krisis sebagai dampak dari corona, setiap pengkhotbah di Masjid dan rumah ibadah mengobarkan semangat untuk bersama melawan corona.

Saya yakin, doa dan usaha akan menjadi kekuatan yang amat dahsyat dalam melawan dan mencegah corona. Dengan demikian, Masjid dan rumah ibadah menjadi epicentrum dalam mengakhiri corona di Jakarta dan Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Covid-19

Mengawali Tahun 2023, Yayasan Lembaga Pemberdayaan Sosial dan Demokrasi telah memilih tema diskusi panel Membedah Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta 2020 yang Berlangsung di...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...