Keadilan Terhadap Novel Baswedan: Tuntutan Jaksa Kepada Kedua Tersangka Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

 In Lainnya, Opini, Sosial, Top

Ali Bin Abi Thalib (R.A) pada suatu saat didatangi seseorang dan bertanya “manakah yang lebih mulia (afdal) keadilan atau kebaikan? Ali menjawab “keadilan itu meletakkan sesuatu pada tempatnya, sedangkan kebaikan mengeluarkan sesuatu perkara dari tempatnya.”

Dalam realitas penegakan hukum, keadilan hukum adakalanya memenuhi rasa keadilan masyakarat, tetapi lebih banyak tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Menurut Yustinus Suhardi Ruman bahwa keadilan didasarkan pada ketentuan hukum. Artinya suatu hukum akan disebut adil bila hukuman itu sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Ada pula yang berpandangan keadilan adalah suatu tuntutan sikap dan sifat yang seimbang antara hak dan kewajiban. Salah satu asas dalam hukum yang mencerminkan keadilan yaitu asas equality before the law yaitu asas yang menyatakan bahwa semua orang sama kedudukannya dalam hukum.

Penegakan Hukum

Menurut Jimly Asshidiqi bahwa penegakan hukum adalah proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku dalam lalu lintas atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Proses dilakukannya upaya tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum dalam praktik sangat penting.

Ketidak-puasan masyarakat dalam proses penegakan hukum sangat dipengaruhi 3 faktor.

Pertama, siapa yang menangani suatu kasus. Kalau kasus pidana, yang berperan dalam penegakan hukum adalah polisi, jaksa dan hakim. Kalau yang menangani suatu kasus kuat mental dan memiliki integritas yang tinggi, maka biasanya hasil akhir dalam penegakan hukum menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakat.

Kedua, kasus pidana yang terjadi, jika kasus pidana berkaitan dengan kekuasaan, maka tergantung siapa yang dituduh melakukan tindak pidana. Kalau yang melakukan beroposisi dengan kekuasaan, maka penegakan hukumnya berjalan cepat. Sebaliknya kalau yang melakukan kasus pidana adalah pendukung kekuasaan, maka dalam praktik, penegakan hukumnya lamban dan banyak yang tidak ada tindak lanjutnya.

Ketiga, yang di duga melakukan tindak pidana adalah seorang penguasa, maka penegakan hukumnya tergantung dari para penegak hukum dan kuatnya tekanan publik.

Akan tetapi, pada umumnya kalau kasus yang terjadi sarat dengan kekuasaan politik, maka penegakan hukumnya lemah dan sering mencederai rasa keadilan masyarakat.

Kasus Novel Baswedan

Sangat lama pengusutan kasus penyiraman Novel Baswedan. Penyebabnya kemungkinan:
Pertama, diduga keras pelakunya adalah suruhan untuk memperlemah penegakan hukum dalam memberantas korupsi yang dilakukan Novel dan kawan-kawannya di KPK. Sulit diusut karena di duga mendapat perlindungan dari kekuatan yang memerintahkan untuk mencederai atau menyakiti Novel Baswedan.

Kedua, mereka yang sedang diadili dan sudah dituntut jaksa dalam pengadilan, ada menduga bukan pelaku yang sesungguhnya. Mereka disuruh mengaku sebagai pelaku. Ini persepsi masyarakat, bisa benar bisa salah. Novel Baswedan sudah meragukan kebenarannya bahwa mereka adalah pelakunya.

Ketiga, tuntutan hukuman jaksa terhadap Rahmat Kadir dan Rony yang diduga melakukan penganiyaan berat terhadap Novel Baswedan sangat rendah hanya 1 tahun, sehingga dugaan masyarakat bahwa kasus Novel sudah direkayasa semakin menguat. Dampaknya, semakin redup kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum.

Oleh karena itu, kita bisa pahami kalau banyak pakar dan masyarakat yang bersimpati terhadap Novel Baswedan dan tidak puas atas tuntutan jaksa yang menuntut penyiram wajah Novel Baswedan yang nyaris buta dua matanya dengan tuntutan 1 tahun penjara.

Publik membandingkan tuntutan jaksa dan vonis hakim terhadap Habib Bahar Bin Smith yang memukul anak didiknya dengan hukuman 3 tahun penjara dan penjaranya sekarang di Nusa Kambangan, tempat dipenjaranya para teroris dan bandar narkoba.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kasus Novel Baswedan untuk memotivasi para penegak hukum dan masyarakat dalam menegakkan keadilan hukum.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search