Dosen UIC Ikut Program Doktoral AeU Malaysia Masa Pandemik Covid-19

 In Covid-19, Pendidikan

Pada 10 Zulhijjah 1441 H (31 Juli 2020 saya silaturrahim ke kediaman Pak Anies, Gubernur DKI Jakarta di Lebak Bulus Cilandak Jakarta Selatan.

Salah satu yang saya laporkan kepada beliau, para pimpinan fakultas dan dosen Universitas Ibnu Chaldun yang belum S3, sedang mengikuti program S3 di Asia e University, Malaysia.

Salah satu alasan yang saya kemukakan mengapa memilih studi di negara jiran karena masalah biaya dan fleksibilitas. Biaya pendidikan untuk program doktoral di Malaysia jauh lebih murah ketimbang di Indonesia.

Pak Anies bertanya, mengapa biaya program doktoral di Indonesia lebih mahal ketimbang di Malaysia? Saya jawab, mahasiswa doktoral di Indonesia harus menempuh 7 kali ujian, mulai dari ujian masuk, terakhir ujian tertutup dan ujian terbuka. Semua ujian dibiayai oleh mahasiswa.

Program by Research

Di Indonesia mahasiswa doktoral harus mengikuti kuliah seperti S2, ada yang menerapkan selama 4 smester.

Di Malaysia, setelah diterima sebagai mahasiswa doktoral, sesuai proposal yang diajukan untuk diteliti, pihak universitas menunjuk seorang Profesor sebagai penyelia (supervisor) yang akan membimbing mahasiswa selama penelitian dan penulisan disertasi.

Semua program dilakukan by research dan Online dengan Profesor yang ditunjuk menjadi penyelia. Pelaksanaan program bimbingan penelitian dan penulisan dlsertasi (thesis) tidak menjadi kendala dengan adanya pandemik covid-19 sebab tidak perlu tatap dengan Profesor.

Masa studi program S3 di Asia e University bisa diselesaikan selama 3 tahun. Kendala bagi mahasiswa Indonesia ialah bahasa Inggris, tetapi di Indonesiapun diwajibkan TOEFL.

Untuk merealisasikan pengiriman dosen UIC mengikuti program S3 di Asia e University telah ditandatangani MOU (Memorandum Of Understanding antara Universitas Ibnu Chaldun dengan Global Education Services dan Asia e University. Tindak lanjutnya para dosen Universitas Ibnu Chaldun mengikuti program S3 di Asia e University.

Mahasiswa Asia e University-Malaysia’s- Digital Global University berasal dari berbagai negara di dunia.

Para lulusan S2 di Indonesia yang ingin melanjutkan S3 di Asia e University, silahkan hubungi Syahiruddin, Humas UIC, HP ± 62 852 4177 5588

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search