Connect with us

Deklarasi KAMI di tugu proklamasi (18/8/2020) - IG

Covid-19

Maklumat KAMI: Tuntut Pemerintah Bersungguh-Sungguh Tanggulangi Pandemi-19

Point ke-2 Maklumat KAMI ialah “Menuntut Pemerintah agar bersungguh-sungguh menanggulangi pandemi Covid-19..”

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) dalam deklarasinya di Tugu Proklamasi Jakarta, telah mengeluarkan 8 Maklumat.

Adapun point ke-2 Maklumat KAMI ialah “Menuntut Pemerintah agar bersungguh-sungguh menanggulangi pandemi Covid-19, untuk menyelamatkan rakyat Indonesia dengan tidak membiarkan rakyat menyelamatkan diri sendiri, sehingga menimbulkan banyak korban, dengan mengalokasikan anggaran yang memadai, termasuk untuk membantu langsung rakyat miskin yang terdampak secara ekonomi.”

Tuntutan KAMI patut diapresiasi karena keselamatan rakyat harus di atas dari segala-galanya sesuai amanat Pembukaan UUD 1945 yang memerintahkan penyelenggara negara untuk “melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.”

Saya yakin pemerintah bersungguh-sungguh menanggulangi pandemi 19, karena kalau gagal, ekonomi yang ingin ditumbuh- kembangkan pasti gagal.

Akan tetapi persoalan yang dihadapi tidak mudah, sebab pandemi covid-19 belum ditemukan vaksinnya, sehingga untuk melawan dan mencegah rakyat tidak terinfeksi covid-19, sangat ditentukan partisipasi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut saya, pemerintah telah berusaha menyelamatkan rakyat Indonesia dan tidak membiarkan rakyat menyelamatkan diri sendiri, tetapi pemerintah hanya mempunyai 3 T untuk melindungi rakyat seperti diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yaitu Testing, tretching dan Treatment.

Sementara rakyat harus melakukan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kedua pihak yaitu pemerintah dan rakyat harus bersama-sama melakukan peran masing-masing dalam upaya melawan dan mencegah covid-19.

Tingkatkan Alokasi Anggaran bagi Rakyat Kecil

Pemerintah telah menaikkan anggaran penanganan Covid-19 dari Rp 405,1 triliun menjadi Rp 677,2 triliun. Dengan demikian anggarannya membengkak Rp 272,1 triliun atau sebesar 67 persen (Kompas.com, Kamis, 4 Juni 2020 | 05:01 WIB).

Tuntutan KAMI supaya mengalokasikan anggaran yang memadai, termasuk untuk membantu langsung rakyat miskin yang terdampak secara ekonomi” harus didukung dan diapresiasi.

Tuntutan KAMI sangat tepat karena alokasi anggaran penanganan covid-19 sangat besar dalam penyehatan ekonomi ketimbang anggaran yang memadai untuk menangani covid-19 serta membantu langsung rakyat miskin yang terkena dampak secara ekonomi.

Oleh karena itu, dalam rangka penanggulangan covid-19, sebaiknya pemerintah mendengarkan dan merespon tuntutan KAMI untuk mengalokasikan anggaran yang memadai dalam menangani covid-19 serta meningkatkan anggaran terhadap rakyat kecil yang semuanya terdampak sangat parah akibat covid-19.

Hal tersebut sangat penting dilakukan pemerintah agar tidak terulang 3 kasus seperti diberitakan media yaitu Andreas Pati di Flores Timur, membunuh 2 anaknya yang berumur 3 dan 2 tahun, Ajang di Garut, mencuri HP Android milik tetangganya agar anaknya bisa belajar melalui daring (Online), RK dan HS di Pela Mampang Jakarta Selatan, isteri menikam suami hingga meninggal dunia Gegara Rp30.000.

Ketiga kasus tersebut terjadi karena pengangguran dan kemiskinan. Kasus semacam ini merupakan puncak gunung yang banyak terjadi dikalangan rakyat Indonesia.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Politik

Saya tidak sependapat kalau ada yang keberatan. Fakta menunjukkan bahwa sebelum, saat dan pasca reformasi, Pak Amien sangat menonjol. Sehingga amat wajar akan banyaknya...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Politik

Amien Rais adalah politisi terkemuka Indonesia, cendekiawan yang mumpuni dengan pendidikan yang hebat, berpengalaman dan banyak ilmu, bersih, jujur dan pemberani.

In Memoriam

Tidak ada yang mengira Muhammad Suaib Didu, yang baru berumur 55 tahun meninggal dunia begitu cepat karena beberapa waktu lalu, ditemani Dr. Muhammad Sulhan,...

Opini

Pada 01 Oktober 2020, Prof. Dr. M. Amien Rais mengumumkan ke publik berdirinya Partai Ummat. Partai ini berasaskan Islam rahmatan Lil 'alamin.

Opini

Amien Rais dalam bukunya itu membeberkan jumlah orang yang terbunuh oleh kaum komunis di berbagai negara.

Opini

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) luar biasa. Sudah mendeklarasikan pembentukannya pada 18 Agustus 2020 di Tugu Proklamasi Jakarta, sampai akhir Agustus 2020, isu KAMI...

Lainnya

Maklumat Nomor 3 KAMI yang "Menuntut Pemerintah bertanggung jawab mengatasi resesi ekonomi untuk menyelamatkan rakyat miskin."