UU Cipta Kerja Zalim Pantas Ditolak Buruh

 In Opini, Politik, Top

Undang-Undang Cipta Kerja yang populer dengan sebutan Omnibus Law telah disahkan oleh DPR RI. Hanya dua fraksi yang menolak pengesahan rancangan undang-undang tersebut yaitu Fraksi PKS dan Fraksi Demokrat.

Pertanyaannya mengapa buruh menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law untuk disahkan menjadi UU? Saya mencatat setidaknya ada 14 alasan mengapa buruh menolaknya.

Pertama, pemutusan hubungan kerja (PHK) dipermudah. Perusahaan bisa memutuskan hubungan kerja dengan karyawan kapanpun secara sepihak.

Kedua, uang pesangon bukan dikurangi dari 32 kali gaji menjadi 25 kali tetapi dihilangkan. Kalau semua karyawan kontrakan atau karyawan harian, maka pasti tidak akan mendapat uang pesangon. Menurut saya, UU Cipta Kerja zalim.

Saya pernah menjadi buruh selama 7 tahun dan pernah memegang jabatan Industrial Relation Manager. Jadi saya paham masalah perburuhan. Dalam UU ini tidak ada karyawan tetap, maka tidak ada karyawan yang bakal menerima pesangon. Pada hal pesangon bagi buruh merupakan harapan terakhir jika di PHK untuk bisa melanjutkan hidup. Harus dipahami bahwa gaji buruh kecil. Untuk hidup sehari-hari saja tidak cukup apalagi mau menabung, jauh panggang dari api.

Kalau UU Cipta Kerja menghilangkan pesangon, maka sangat wajar kalau buruh menolak UU tersebut.

Ketiga, upah minimum provinsi (UMP), upah minimum kabupaten (UMK), upah minimum sektoral provinsi (UMSK) dihapuskan. Jika benar ketentuan ini tercantum dalam UU Cipta Kerja, maka UU ini sangat zalim karena penentuan gaji karyawan sepenuhnya ditetapkan oleh perusahaan. Penentuan upah, masih melibatkan pemerintah daerah dan serikat kerja seperti selama ini, masih banyak perusahaan yang tidak mematuhi ketentuan yang ditetapkan. Apalagi kalau penentuan upah, sepenuhnya ditentukan oleh majikan, maka upah buruh bisa sesukanya majikan

Keempat, upah buruh dihitung perjam. Ketentuan ini berbahaya kalau tidak ada batas minimum perhari.

Kelima, semua hak cuti (cuti sakit, cuti kawinan, cuti khitanan anak, cuti baptis, cuti kematian, cuti melahirkan) hilang tidak ada kompensasi.

Ketentuan ini tidak manusiawi. Di negara yang menerapkan standar gaji yang tinggi tidak masalah cuti yang disebutkan tidak mendapatkan upah, tapi di Indonesia upah masih minim. UU ini sangat menekan buruh, sudah upah rendah ditekan lagi seperti buruh di negara yang sudah maju.

Keenam, outsourching diganti dengan kontrak seumur hidup. Kalau upah buruh tinggi seperti para tenaga expert yang bekerja di Indonesia, tidak masalah karena gaji mereka tinggi, tetapi gaji karyawan kita kecil, sehingga UU Cipta Kerja ini dapat dikatakan kejam. Apalagi kalau diakhiri kontrak kerja tidak dapat pesangon.

Ketujuh, tidak ada status karyawan tetap. Kalau tenaga expert yang bekerja diberbagai perusahaan tidak masalah, karena mereka umumnya dikontrak dengan gaji yang tinggi. Kalau diberlakukan di Indonesia tidak pas, sebab upah buruh minim.

Kedelapan, jaminan sosial dan kesejahteraan lainnya hilang. Ketentuan ini sadis, upah buruh minim dan tidak diberikan jaminan sosial dan kesejahteraan.

Kesembilan, semua karyawan berstatus tenaga kerja harian. Ketentuan ini membuat karyawan tidak merasa memiliki dan merasa bertanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan karena statusnya hanya sebagai tenaga harian, yang sewaktu-waktu diberhentikan.

Kesempuluh, tenaga kerja asing bebas masuk. UU ini sudah untuk melegalkan membanjirnya TKA dari China. Pada hal tujuan UU ini untuk mengundang investor asing supaya berinvestasi di Indonesia. Dengan demikian, terbuka lapangan kerja. Kalau model investasi dari China, maaf saja tidak memberi manfaat bagi bangsa dan negara.

Kesebelas, buruh dilarang protes, ancamannya PHK. Ini seperti di negara komunis.

Kedua belas, libur hari raya hanya tanggal merah, tidak ada penambahan cuti. Sedih sekali nasib buruh UU ini.

Ketiga belas, istirahat di hari Jumat cukup 1 jam termasuk shalat Jumat. Tidak cukup untuk ibadah dan makan.

Keempat belas, tidak ada sanksi pidana pada pengusaha. UU ini pro pemodal dan menekan buruh.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search