Bocah Rangga Dibunuh Karena Melindungi Ibu Dari Upaya Pemerkosaan: Sebuah Pelajaran Bagi Kita Semua

 In Lainnya, Opini, Sosial

Rangga yang berumur 9 tahun telah pergi meninggalkan kita untuk selamanya. Dia dibunuh oleh seorang residivis yang bernama Samsul Bahri (41), yang dibebaskan Menteri Hukum dan HAM RI beberapa waktu lalu.

Sang residivis ini bermaksud memerkosa ibu Rangga. Bocah Rangga berusaha mencegah agar ibunya tidak diperkosa, tetapi naas yang dialami Rangga, ia dibunuh oleh Samsul Bahri yang merasa dihalangi si bocah untuk melampiaskan nafsu birahinya.

Peristiwa ini sangat penting diulas dalam sebuah tulisan untuk menjadi pelajaran bagi kita semua dalam mendidik anak.

Kejadian itu terjadi di Kecamatan Birem, Bayeun, Aceh Timur, Aceh (10/10). Sebuah daerah yang dikenal sebagai serambi Mekah, yang masyarakatnya taat beragama.

Pelajaran Bagi Kita

Di era sekarang banyak orang tua yang sibuk dan hidup nafsi-nafsi (sendiri-sendiri), Sementara anaknya yang sangat membutuhkan kasih sayang dan bimbingan dibiarkan dengan diasuh oleh pembantu tanpa memberi pendidikan akhlak dan agama.

Dampaknya hubungan antara orang tua dengan anak menjadi renggang. Orang tua tidak dekat dengan anak, begitu pula sebaliknya anak jauh dari orang tua.

Kasus bocah Rangga yang dibunuh residivis merupakan kekecualian sehingga dapat diambil pelajaran yang amat penting dan berharga, paling pada lima aspek.

Pertama, Rangga menjadi anak shaleh. Berkat pendidikan ibu terhadap Rangga mengenai akhlak mulia dan agama, bocah Rangga menjadi anak shaleh yang mengabdi kepada ibu dan Allah dengan berani mempertaruhkan nyawanya demi ibu tercinta.

Kedua, sangat dekat. Dari kasus pembunuhann bocah Rangga dapat diketahui bahwa Rangga dan Ibunya sangat dekat, tidur satu kamar, sehingga bocah Rangga bisa mengetahui adanya percobaan pemerkosaan terhadap ibunya, kemudian Rangga berusaha mencegah terjadinya pemerkosaan.

Ketiga, kasih sayang. Ibu Rangga sangat sayang pada Rangga, dan Rangga sangat sayang ibu. Keduanya saling menyayangi dengan cinta kasih karena Allah. Kasih sayang merupakan tuntunan Alqur’an dalam Islam yang ditanamkan kepada Rangga.

Keempat, saling melindungi. Nampak sekali keberanian bocah Rangga melindungi ibu tercinta dari pemerkosaan. Ini merupakan buah dari cinta kasih sejati yang ditanamkan kepada Rangga dan dia membalas dengan melindungi ibunya.

Kelima, saling menolong. Dalam Islam diperintahkan oleh Allah agar anak menolong ibu. Konsekuensinya, bocah Rangga rela berkorban demi menolong dan melindungi ibunya. Perintah menolong tidak hanya terbatas kepada ibu, tetapi juga dengan orang lain.

Mati Dalam Sel Tahanan

Samsul Bahri (41) pembunuh Rangga (9) di Aceh yang mencegah ibunya diperkosa meregang nyawa di sel tahanan.Residivis itu tewas diduga karena sesak (Detik.com, 19/10/2020)

Sebagaimana diketahui, peristiwa pembunuhan Rangga amat memilukan. Bermula ketika Syamsul masuk ke rumah tempat Rangga dan ibunya, tinggal. Rangga dan ibunda saat itu sedang tertidur pada Sabtu (10/10/2020) dini hari. Samsul berupaya memperkosa ibu Rangga.

Pelajaran yang bisa dipetik, pertama, manusia harus melawan nafsu birahi dengan puasa Senin-Kamis atau puasa Nabi Daud, satu hari puasa satu hari tidak.

Kedua, manusia harus banyak mendekatkan diri kepada Allah. Kalau sudah ingin kawin, cari jodoh dari perempuan atau lelaki yang baik karena turunan, harta dan agamanya.

Ketiga, jangan coba melampiaskan nafsu birahi dengan memperkosa, karena kejahatan seksual akan dibalas dengan hukuman penjara seperti yang dialami sang residivis Samsul.

Keempat, manusia bisa berbuat dosa dan kriminal, tetapi penjara harus menyadarkan bahwa mereka yang pernah terlibat kejahatan dan dihukum, bisa tobat dengan berhenti selamanya berbuat jahat, menyesali perbuatannya yang salah, dan melipatgandakan perbuatan baik.

Kelima, penjahat dan setiap manusia harus selalu minta ampun kepada Allah karena tidak ada manusia yang tidak mempunyai salah dan dosa.

Semoga tulisan ini memberi manfaat dan kasus Rangga serta Samsul menjadi pelajaran bagi kita semua.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search