Evaluasi Kritis Kegagalan dan Kesuksesan Anies Wujudkan 23 Janji Kampanyenya – Bagian Kedua

 In DKI Jakarta, Opini

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono merespon 3 tahun Anies memimpin DKI dengan mengatakan: “Anies gagal mewujudkan janji kampanenya.

Untuk memastikan kebenaran tudingan Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, saya tulisan kembali 23 janji kampanye Anies-Sandi dalam kampanye Pilgub DKI 2017.

Janji kampanye Anies-Sandi nomor 1 sampai 11 telah dikemukakan, selanjut dikemukakan janji berikutnya;

12. Melindungi perempuan dan anak-anak Jakarta dari praktik pelecehan, kekerasan dan diskriminasi serta praktik perdagangan manusia (human traficking) dengan mengaktifkan 267 Rumah Aman, merevitalisasi Unit Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan berbasis aplikasi bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Jakarta, dan memberi subsidi bantuan hukum bagi korban.

Janji ini sudah ditunaikan dengan baik.

13. Membangun sistem transportasi umum yang terintegrasi dalam bentuk interkoneksi antarmoda, perbaikan model manajemen layanan transportasi umum, perluasan daya jangkau transportasi hingga menjangkau seluruh warga, pengintegrasian sistem transportasi umum dengan pusat-pusat pemukiman, pusat aktivitas publik, dan moda transportasi publik dari luar Jakarta.

Janji ini sudah diwujudkan dengan transportasi massal yang terintegrasi.

14. Mengatasi kesenjangan Ibu Kota dengan menjadikan Kepulauan Seribu sebagai Kepulauan Pembangunan Mandiri dengan menyediakan infrastruktur, lapangan kerja, fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi segenap warganya dan menjadikannya sebagai pusat inovasi konservasi ekologi.

Janji sedang dilaksanakan dan pada dua tahun berikutnya insya Allah dituntaskan.

15. Mengaktifkan kembali komunitas-komunitas di Jakarta melalui kegiatan pengembangan kebudayaan, kesenian, olahraga, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan budaya membaca melalui Program Taman Maju Bersama, yaitu merevitalisasi taman-taman yang ada, membangun taman-taman baru dari wilayah pinggiran Jakarta, serta membangun Taman Pintar (Science Park).

Janji ini juga sedang ditunaikan. Insya Allah tuntas dua tahun yang akan datang.

16. Membangun dan merevitalisasi pusat-pusat pengembangan kebudayaan, antara lain dengan:

(a) Membangun Taman Benyamin Sueb sebagai pusat perawatan dan pengembangan kebudayaan Betawi dan pusat interaksi lintas-komunitas, yang di dalamnya berdiri Museum Kebudayaan Betawi.

(b) Menyelamatkan dan merevitalisasi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dengan melakukan digitalisasi seluruh koleksinya, profesionalisasi pengelolaannya serta memperlayak sarana dan prasarananya.

(c). Menjadikan Jakarta sebagai pusat kebangkitan film nasional melalui sinergi dengan semua pemangku kepentingan dalam kerja kreatif sinematografi dan industri film.

Janji ini sudah dan sedang diwujudkan termasuk pembangunan Taman Ismail Marzuki (TIM)

17. Menyelenggarakan festival olahraga dan kesenian Jakarta sepanjang tahun untuk mengembangkan pembinaan olahraga dan kesenian berbasis komunitas.

Janji ini juga sudah dilaksanakan. Mengalami hambatan akibat covid-19.”

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search