Dampak Sosial Kepulangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab Kepada Bangsa Indonesia

 In Opini, Politik, Top

Imam Besar Habib Rizieq Shihab telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat akan kembali ke Indonesia.

Lebih dari itu, IB HRS telah melakukan perpisahan dengan para sahabat, teman dan jamaah di Makkah, Arab Saudi seperti dipublikasikan media sosial.

Kepulangan HRS ke Indonesia menimbulkan pertanyaan besar, mengapa bisa pulang? Pada hal pernyataan Duta Besar RI di Arab Saudi dapat disimpulkan bahwa HRS tidak diinginkan untuk kembali ke Indonesia.

Saya menduga, ada kekuatan besar yang berperan, sehingga HRS bisa kembali ke Indonesia. Tanpa ada kekuatan luar yang menekan, hampir mustahil HRS bisa kembali saat ini, karena Indonesia sedang menghadapi multi krisis dan segala kemungkinan yang tidak terduga, dapat terjadi seperti pernah dikatakan Ridwan Saidi, budayawan Betawi, bisa jutaan orang yang jemput HRS ke bandara.

Dampak Sosial

Imam Besar Habib Rizieq Shihab, menurut saya sangat fenomenal di Indonesia. Setelah HRS sukses menghimpun massa puluhan juta orang dalam aksi 212 di Monas Jakarta, beliau dan keluarganya melaksanakan umrah di Makkah, Arab Saudi. Akan tetapi, HRS tidak bisa kembali ke Indonesia, dengan berbagai alasan yang diada-adakan.

Berbagai upaya dilakukan IB HRS untuk kembali ke Indonesia, tetapi selalu gagal karena dihalangi.

Tanpa diduga, akhirnya pemerintah Arab Saudi membolehkan IB HRS pulang ke Indonesia. Umat Islam dan bangsa Indonesia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi yang telah menjamin IB HRS selama berada di Arab Saudi dan kemudian membebaskan untuk kembali ke Indonesia.

Pertanyaan selanjutnya, apa dampak sosial terhadap kepulangan di Indonesia.

Pertama, bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang mayoritas umat Islam yang terpecah belah karena dipecah belah, sehingga memiliki kekuatan dalam berdakwah.

Kedua, bangsa Indonesia memiliki imam besar yang bisa langsung memandu umat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketiga, bangsa Indonesia memiliki imam besar yang akan berada ditengah-tengah masyarakat untuk memimpin dalam berjuang mewujudkan revolusi akhlak.

Keempat, bangsa Indonesia yang sebagian besar merupakan pendukung Imam Besar HRS bisa melepaskan rindu atas kepulangan HRS dan keluarganya ke Indonesia.

Kelima, para pendukung Imam Besar HRS memperoleh semangat baru dan daya juang yang lebih besar dalam berdakwah dan berjuang karena Imam Besar HRS telah berada ditengah-tengah bangsa Indonesia.

Untuk menyambut kepulangan IB HRS di markaz FPI Petamburan Jakarta, telah dipasang spanduk besar.

Semoga kepulangan IB HRS dan keluarga di Indonesia mendapat kemudahan dan keselamatan. Aamiin

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search