Connect with us

Selamat pagi, Jakarta!⁣ (26/8/2020) - IG kreshna

DKI Jakarta

DKI Jakarta Terpilih Kota Terbaik Dunia: Anies Ucapkan Alhamdulillah

Pada Sabtu, 31 Oktober 2020 mencatat sejarah luar biasa yang akan dikenang sepanjang masa. Jakarta dianugerahi penghargaan sebagai Kota Terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award 2021.

Warga DKI Jakarta, pemerintah provinsi DKI Jakarta, teristimewa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, patut bersyukur kepada Allah karena pada Sabtu, 31 Oktober 2020 mencatat sejarah luar biasa yang akan dikenang sepanjang masa.

Pasalnya, Jakarta Ibu Kota Negara Indonesia mendapat pengakuan dari dunia lantaran dianugerahi penghargaan sebagai Kota Terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award 2021.

DKI Jakarta, merupakan wilayah pertama di Asia Tenggara yang mendapat penghargaan tersebut. Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan terkait layanan transportasi berkelanjutan. Penghargaan itu diberikan oleh The Institute for Transportation & Development Policy (ITDP), yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Bermula Dari Debat Pilgub DKI

Gagasan untuk mengintegrasikan moda transportasi di DKI Jakarta, pertama kali Anies Baswedan kemukakan pada saat debat pemilihan Gubernur DKI antara Basuki T. Purnama dengan Anies Baswedan dalam rangka pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017.

Pada saat itu Anies kemukakan konsep mengintegrasikan semua moda transportasi, dari segi rute, manajemen, dan pembayaran antara bus besar, bus medium, bus kecil, dan transportasi berbasis rel (MRT dan LRT) untuk mempermudah mobilitas warga DKI Jakarta.

Setelah Anies-Sandi terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017, gagasan itu diwujudkan. Semula bernama OK-Trip, kemudian diintegrasikan menjadi Jak Lingko.

Sebagai contoh, saya naik MRT dari stasiun H. Nawi, turun di stasiun MRT Thamrin-HI, saya bisa langsung berpindah ke Stasiun Trans Jakarta (TJ) tanpa harus membayar dan dapat menaiki bus Trans Jakarta menuju tempat tujuan. Setelah sampai tujuan, bisa turun dan sambung dengan menaiki bus medium atau bus kecil sampai di halte bus di dekat rumah tanpa membayar Jadi hanya membayar satu kali.

Digagas Sejak BJ Habibie

Moda transportasi modern di Jakarta digagas oleh BJ. Habibie. Kemudian dilaksanakan oleh Letjen TNI Purn Sutyoso, Gubernur DKI Jakarta dengan membangun Bus Way (Trans Jakarta) dilanjutkan Dr. Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta.

Kemudian dilanjutkan oleh Jokowi, Gubernur DKI Jakarta dengan menandatangani perjanjian dan pembangunan MRT dengan Jepang. Kemudian diteruskan Basuki T. Purnama, Gubernur DKI Jakarta dengan mendatangkan banyak bus dari China kemudian menimbulkan masalah karena terjadi korupsi.

Pada masa kepemimpinan Anies Baswedan, sesuai konsep yang dipaparkan dalam debat Gubernur DKI Jakarta ialah mengintegrasikan semua moda transportasi di DKI. Selain itu,. menambah banyak rute transportasi massal, menambah banyak bus besar, bus medium, bus kecil yang semuanya terintegrasi dalam sebuah sistem.

Disamping itu, membangun sarana prasarana, taman kota, membangun dan merawat keindahan kota, serta memastikan kebersihan kota, sehingga DKI Jakarta Terpilih menjadi kota terbaik dunia dengan mendapat penghargaan dalam Sustainable Transport Award 2021.

https://www.instagram.com/p/CHAytxZgWGt/

Baca Juga

DKI Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan yang sudah maju seperti berbagai kota metropolitan di dunia. Maka, saat dilarang mudik lebaran Idul Fitri 1442H, merupakan kesempatan yang...

DKI Jakarta

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dengan bijak telah memberi jalan keluar dengan menyarankan umat Islam agar menggelar salat Idul Fitri dilokasi terbuka seperti lapangan...

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Covid-19

Dalam upaya jaga jakarta dan mencegah berlanjutnya kerumunan massa untuk berbelanja di pasar Tanah Abang menjelang Idul Fitri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan...

DKI Jakarta

Saya menyaksikan tiap hari dengan sangat senang adanya fenomena kebangkitan ekonomi di Jakarta, walaupun Covid-19 belum berakhir. Banyak lagi fenomena yang dapat dijadikan indikator...

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan mengemukakan beberapa indikator makro yang dicapai mengalami peningkatan, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga Jakarta tahun 2020 tercatat sebesar 80,77,...

DKI Jakarta

Pembangunan yang menghadirkan keterbukaan untuk dikritik dan didukung, menurut saya sangat baik, dan inilah ciri demokrasi yang baik kita harus lakukan di masa depan.

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...