Connect with us

I am confident we will emerge victorious - IG joebiden

Opini

Dampak Sosial Politik di Indonesia: Joe Biden Terpilih Menjadi Presiden Amerika Serikat

Pada saat artikel ini ditulis , belum ada pengumuman resmi dari Panitia Pemilihan Umum Amerika Serikat bahwa Joe Biden dan Kamala Harris telah memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 3 November 2020.

Pada saat artikel ini ditulis , belum ada pengumuman resmi dari Panitia Pemilihan Umum Amerika Serikat bahwa Joe Biden dan Kamala Harris telah memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 3 November 2020.

Akan tetapi, berdasarkan berita yang dilansir The Associated Press bahwa jumlah electoral college yang diraih Joe Biden sampai 5/11/202 sebanyak 264, sedang Trump meraih electoral college sebanyak 2014.

Jika merujuk dari ketentuan yang selama ini diberlakukan dalam pemilihan umum di Amerika Serikat, maka jika seorang calon Presiden Amerika meraih electoral college sebanyak 270 suara, maka seorang calon Presiden dinyatakan memenangkan pemilihan Presiden.

Hampir Pasti Joe Biden

Walaupun penghitungan suara dalam pemilihan presiden Amerika 2020 masih terus berlanjut dan belum ada pemenang pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Akan tetapi kandidat Presiden Amerika periode 2020 – 2024, Joe Biden, jika tidak ada arah melintang, akan memenangi pemilihan Presiden karena tinggal 6 electoral college yang diraih, Joe Biden dinyatakan memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Saat tulisan ini diturunkan, Trump unggul di Pennsylvania, Carolina Utara, dan Georgia.

Sedangkan Joe Biden telah menguasai area partai Republik di periode pemerintahan Trump empat tahun lalu, yaitu Wisconsin, Michigan, dan Arizona.

Dampak Sosial Politik

Jika Joe Biden dari Partai Demokrat jika memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020, maka bangsa Indonesia akan memperoleh dampak sosial politik.

Pertama, demokrasi dan kebebasan di Indonesia akan kembali mendapat perhatian dari Amerika Serikat.

Kedua, hak asasi manusia akan menjadi agenda politik bagi Amerika Serikat di luar negeri.

Ketiga, persoalan lingkungan hidup di Indonesia akan menjadi perhatian pemerintah Amerika Serikat.

Keempat, penegakan hukum di Indonesia akan mendapat sorotan dari pemerintah Amerika Serikat.

Kelima, hubungan mesra antara Jakarta – Peking (RRC) seperti di masa Orde Lama, pasti mendapat perhatian dari Amerika Serikat terhadap komunis.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus semakin mengukuhkan persatuan di kalangan sesama bangsa Indonesia, agar dampak sosial politik dapat dieliminir.

Baca Juga

Politik

Luar biasa!!! Tidak pernah dalam sejarah Indonesia, para tokoh politik dan Warga Negara Indonesia (WNI) dari berbagai penjuru dunia ikut menggugat presidential threshold 20...

Politik

Untuk hapus Presidential Threshold secara total tidaklah mudah, karena Presidential Threshold merupakan agenda partai-partai politik yang lolos di Senayan.

Opini

Sangat menarik pernyataan Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang (2014 - 2016) yang menyatakan bahwa rakyat sangat arif dan adil dalam mempergilirkan...

Opini

Isu 3 periode bertambah ramai, setelah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mewacanakan amandemen UUD. Sontak publik ribut sebab mereka mengaitkan wacana 3 periode dengan...

Politik

Pasukan AS telah mengakhiri 20 tahun masa petualangannya di Afganistan pada 30 Agustus 2021 tengah malam.

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Pemilu

Sejarah pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 cukup mengenaskan karena kematian massal panitia pemilu sebanyak 894 petugas dan petugas lainnya yang sakit ada 5175 orang.

Politik

Donald Trump masih menghadapi pemakzulan di parlemen Amerika Serikat. Anggota DPR Amerika Serikat yang didominasi Partai Demokrat sudah memakzulkan Trump. Untuk mensahkan pemakzulan Trump...