Musni Umar Socmed

Search

I am confident we will emerge victorious - IG joebiden

Opini

Dampak Sosial Politik di Indonesia: Joe Biden Terpilih Menjadi Presiden Amerika Serikat

Pada saat artikel ini ditulis , belum ada pengumuman resmi dari Panitia Pemilihan Umum Amerika Serikat bahwa Joe Biden dan Kamala Harris telah memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 3 November 2020.

Pada saat artikel ini ditulis , belum ada pengumuman resmi dari Panitia Pemilihan Umum Amerika Serikat bahwa Joe Biden dan Kamala Harris telah memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 3 November 2020.

Akan tetapi, berdasarkan berita yang dilansir The Associated Press bahwa jumlah electoral college yang diraih Joe Biden sampai 5/11/202 sebanyak 264, sedang Trump meraih electoral college sebanyak 2014.

Jika merujuk dari ketentuan yang selama ini diberlakukan dalam pemilihan umum di Amerika Serikat, maka jika seorang calon Presiden Amerika meraih electoral college sebanyak 270 suara, maka seorang calon Presiden dinyatakan memenangkan pemilihan Presiden.

Hampir Pasti Joe Biden

Walaupun penghitungan suara dalam pemilihan presiden Amerika 2020 masih terus berlanjut dan belum ada pemenang pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Akan tetapi kandidat Presiden Amerika periode 2020 – 2024, Joe Biden, jika tidak ada arah melintang, akan memenangi pemilihan Presiden karena tinggal 6 electoral college yang diraih, Joe Biden dinyatakan memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Saat tulisan ini diturunkan, Trump unggul di Pennsylvania, Carolina Utara, dan Georgia.

Sedangkan Joe Biden telah menguasai area partai Republik di periode pemerintahan Trump empat tahun lalu, yaitu Wisconsin, Michigan, dan Arizona.

Dampak Sosial Politik

Jika Joe Biden dari Partai Demokrat jika memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020, maka bangsa Indonesia akan memperoleh dampak sosial politik.

Pertama, demokrasi dan kebebasan di Indonesia akan kembali mendapat perhatian dari Amerika Serikat.

Kedua, hak asasi manusia akan menjadi agenda politik bagi Amerika Serikat di luar negeri.

Ketiga, persoalan lingkungan hidup di Indonesia akan menjadi perhatian pemerintah Amerika Serikat.

Keempat, penegakan hukum di Indonesia akan mendapat sorotan dari pemerintah Amerika Serikat.

Kelima, hubungan mesra antara Jakarta – Peking (RRC) seperti di masa Orde Lama, pasti mendapat perhatian dari Amerika Serikat terhadap komunis.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus semakin mengukuhkan persatuan di kalangan sesama bangsa Indonesia, agar dampak sosial politik dapat dieliminir.

Baca Juga

Politik

Donald Trump masih menghadapi pemakzulan di parlemen Amerika Serikat. Anggota DPR Amerika Serikat yang didominasi Partai Demokrat sudah memakzulkan Trump. Untuk mensahkan pemakzulan Trump...

Politik

Hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat tgl 3 November 2020 yang dimenangkan pasangan Joe Biden dan Kamala Harris, puncaknya akan dilaksanakan pada 21 Januari 2021...

Covid-19

Langkah keadaan darurat diberlakukan setelah demonstran pro-Trump menyerbu gedung Capitol Amerika Serikat dan melakukan kerusuhan (6 Januari 2020) untuk mencegah kongres mensahkan Joe Biden...

Opini

Trump adalah contoh buruk dalam demokrasi. Dia kalah dalam pemilu 3 November 2020, tetapi menuduh pemilu curang tanpa bukti.

Lainnya

Trump memprovokasi para pendukungnya untuk datang ke Gedung Capitol Amerika Serikat menolak pengesahan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai pemenang pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Opini

Hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat tersebut sampai hari ini 3 Januari 2021, belum mau dinerima Donald Trump atas kemenangan Joe Biden, walaupun hasil ellectoral...

Lainnya

Sistem demokrasi tidak sempurna. Amerika Serikat sebagai kampiun demokrasi, telah menunjukkan boroknya.

Opini

Joe Biden memastikan kemenangannya pada Sabtu (7/11) setelah mengantongi electoral colleges penentu dari Pennsylvania (20) dan Nevada (6), sehingga tokoh kelahiran 20 November 1942...