Connect with us

Silaturrohim kepada Para Tuan Guru dan Masyaikh di Mekkah. Sekaligus berpamitan. - twitter HabibRizieq_ID

Opini

Imam Besar Habib Rizieq Syihab Pulang ke Indonesia: Mengapa Bisa Sekarang?

Imam besar Habib Rizieq Syihab (HRS) telah mengumumkan kepulangannya ke Indonesia. Berangkat dari Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada 9 November 2020 dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta 10 November 2020 pukul 09.00 WIB.

Imam besar Habib Rizieq Syihab (HRS) telah mengumumkan kepulangannya ke Indonesia. Berangkat dari Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada 9 November 2020 dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta 10 November 2020 pukul 09.00 WIB.

Mulai hari ini, siapapun termasuk pejabat Indonesia di dalam maupun luar negeri, kalau ada yang mengatakan saya overstay, akan saya tuntut secara hukum,” ujar Rizieq dalam siaran langsung di Front TV, Rabu, 4 November 2020 (Tempo.co., 5 November 2020)

Berita kepulangan HRS mendapat respon dari pemerintah Indonesia. Pertama, dari Duta Besar Republik Indonesi untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel yang mengatakan bahwa Habib Rizieq pulang ke Indonesia setelah masuk daftar deportasi dengan alasan overstay.

Kedua, Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah menghalangi kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rieziq Shihab. Menko Polhukam mengatakan bahwa dia ingin pulang terhormat, gitu. Ya silakan saja urus. Itu urusan dia sama pemerintah Arab Saudi bukan urusan dia dengan pemerintah Indonesia,” terang Mahfud MD di Chanel YouTube Cokro TV, seperti dikutip mantrasukabumi.com, Jumat 6 November 2020.

Ketiga, Fadli Zon, Anggota DPR dari Partai Gerindra mengatakan bahwa Reynhard diberi bantuan hukum sedangkan Habib Rizieq Syihab dipojokkan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD serta Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Arab Saudi.

Keempat, para BuzzeRp ramai sekali yang menyerang HRS dengan mengutip pernyataan Duta Besar RI di Arab Saudi yang mendadak populer gegara terus-menerus memberitakan HRS dengan nada memojokkan.

Mengapa Bisa Sekarang?

Habib Rizieq Syihab sejak 2017 telah berusaha untuk pulang ke Indonesia, tetapi selalu gagal. Menjelang pemilihan umum 2019, Prabowo Subianto, Calon Presiden RI ketika bertemu HRS di Makkah, Arab Saudi telah menjanjikan kalau terpilih menjadi Presiden RI akan menjemput beliau, tetapi janji itu tidak bisa diwujudkan karena Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden RI.

Pertanyaannya, mengapa menjelang akhir 2020, Habib Rizieq Syihab bisa kembali ke Indonesia?

Setidaknya ada tiga skenario yang menjadi alasan Arab Saudi memberi kebijakan HRS bisa pulang ke Indonesia.

Pertama, HRS overstay sehingga harus di deportasi keluar dari Arab Saudi sebagaimana dikemukakan oleh Duta Besar RI di Arab Saudi. Pernyataan Dubes RI telah dibantah oleh HRS dan bahkan mengancam akan menuntut siapapun yang menyebarkan berita bahwa ia dideportasi.

Kedua, atas usaha keras HRS dan bantuan teman-teman HRS di Arab Saudi yang berjuang melobby para pejabat Kerajaan Arab Saudi untuk membebaskan Habib Rizieq Syihab dan keluarganya untuk kembali ke Indonesia.

Ketiga, ada kekuatan besar yang meminta Arab Saudi untuk membebaskan HRS kembali ke Indonesia.

Natalius Pigai, aktivis HAM memberi analisis bahwa kepulangan HRS ke Indonesia ada kaitannya dengan perseteruan antara Amerika Serikat dengan China dalam memperebutkan Indonesia. Amerika Serikat memerlukan mitra strategis di Indonesia untuk melawan hegemoni China di Indonesia. Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat sewaktu berkunjung ke Indonesia, dia menemui GP. Ansor dan mengatakan bahwa bahaya yang dihadapi adalah Partai Komunis China.

Amerika Serikat menurut Natalius Pigai memerlukan mitra strategis di Indonesia untuk melawan pengaruh partai komunis China di Indonesia. Tokoh yang memiliki dukungan massa yang kuat untuk melawan hegemoni China di Indonesia ialah HRS.

Maka, pembebasan HRS oleh Arab Saudi untuk pulang ke Indonesia, di duga keras ada kekuatan besar dibalik itu, karena pernyataan Duta Besar RI di Arab Saudi dan Menko Polhukam RI dapat ditarik kesimpulan bahwa HRS sebaiknya tidak kembali ke Indonesia, tetapi segala upaya untuk menahan HRS tetap di Arab Saudi tidak bisa dipertahankan karena di duga adanya kekuatan besar yang memuluskan kepulangan HRS ke Indonesia.

Baca Juga

Politik

Saya memberanikan menjadi saksi ahli Habib Rizieq dkk karena Pengadilan atau Mahkamah adalah sebuah forum publik yang resmi untuk menyuarakan pentingnya keadilan dan kebenaran...

Opini

Publik tidak bisa disalahkan kalau mengatakan bahwa keadilan sosial dari pengamalan sila kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

Opini

Perbuatan radikal dan teror harus diakhiri dalam melawan ketidakadilan karena tidak akan pernah menang.

Politik

Menjelang ramadhan tiba, para pegiat media sosial sangat ramai yang menyuarakan tuntutan Habib Rizieq Syihab Dibebaskan sehingga banyak dibahas di media sosial.