Connect with us

Gedung KPK - IG #kpk

Lainnya

OTT KPK Tehadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Harus Jadi Pelajaran

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin penyidik senior Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin penyidik senior Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan RI dilakukan atas dugaan terjadi suap sehubungan pemberian izin impor benih lobster yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Pemberian izin ekspor benih lobster telah diprotes Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI sebelumnya.

Bahkan Fadli Zon, rekan separtai Edhy Prabowo pada tahun 2019 pernah menyarankan kepada Menteri Edhy Prabowo supaya mendengar saran Ibu Susi Pudjiastuti, menteri sebelumnya. Fadli Zon menyarankan supaya meninjau kembali kebijakan ekspor benih lobster.

Dugaan Suap

Saya pikir kalau hanya pemberian izin ekspor benih lobster, Edhy Prabowo tidak akan ditangkap KPK.

Walaupun pemberian izin ekspor tersebut banyak yang protes karena lebih baik dibudidayakan oleh bangsa Indonesia daripada diekspor yang tidak banyak menguntungkan bagi bangsa Indonesia.

Akan tetapi kebijakan sudah diambil dan para pengusaha serta nelayan benih lobster pasti tidak rela jika dibatalkan pemberian izin ekspor tersebut.

Oleh karena itu, para pengusaha menyuap Edhy Prabowo. Pemberian suap ini diendus oleh KPK.

Maka, setelah Edhy Prabowo melakukan perjalanan dinas di Amerika Serikat, diamankan KPK di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Cingkareng, Banten.

Setelah menjalani pemeriksaan, Edhy Prabowo dan lima orang lainnya pun ditetapkan sebagai tersangka kasus suap ekspor benih lobster.

Edhy Prabowo diduga menerima total Rp9,8 miliar dan 100.000 dolar Amerika Serikat (Rp1,4 miliar) dalam kasus tersebut (Pikiranrakyat.com, 26 November 2020, 07:39 WIB).

Pelajaran Bagi Pejabat

Kasus penangkapan Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI hendaknya menjadi pelajaran bagi para pejabat di pusat dan daerah.

Siapapun yang diberi amanah harus memegang amanah dan menjalankannya dengan baik, jujur dan adil.

Sudah ada ketentuan bahwa pejabat publik tidak boleh menerima suap atau sogok.

Karena lalai, tidak memegang amanah atau merasa aman tidak akan diketahui oleh KPK atau siapapun, berani menerima suap.

Kasus Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang di OTT oleh KPK semoga menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia untuk hidup jujur dan benar tidak mengambil yang bukan hanya, sehingga selamat di dunia dan akhirat.

Baca Juga

Opini

Sebanyak 73 Guru Besar yang tergabung dalam Koalisi Guru Besar Antikorupsi telah melayangkan surat kepada Presiden Jokowi terkait dengan polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)...

Opini

Modal yang amat diperlukan KPK dalam memberantas korupsi, bukan dukungan dari eksekutif, legislatif dan yudikatif, tetapi rakyat sebagai pemilik kedaulatan. Teman sejati dalam pemberantasan...

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

Lainnya

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Antikorupsi Sedunia. Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar...

Lainnya

Namanya sangat populer di dunia maya dan memuncaki trending twitter setelah mengeritik tuntutan jaksa terhadap 2 polisi yang menyerang Novel Baswedan.

Lainnya

Diduga keras pelakunya adalah suruhan untuk memperlemah penegakan hukum dalam memberantas korupsi yang dilakukan Novel dan kawan-kawannya di KPK.

Politik

Indonesia telah melayangkan nota protes kepada China (RRC) setelah puluhan kapal nelayan mereka yang dikawal pasukan penjaga pantai dan kapal perang fregat berlayar di...