Connect with us

Gedung KPK - IG #kpk

Lainnya

OTT KPK Tehadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Harus Jadi Pelajaran

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin penyidik senior Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin penyidik senior Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan RI dilakukan atas dugaan terjadi suap sehubungan pemberian izin impor benih lobster yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Pemberian izin ekspor benih lobster telah diprotes Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI sebelumnya.

Bahkan Fadli Zon, rekan separtai Edhy Prabowo pada tahun 2019 pernah menyarankan kepada Menteri Edhy Prabowo supaya mendengar saran Ibu Susi Pudjiastuti, menteri sebelumnya. Fadli Zon menyarankan supaya meninjau kembali kebijakan ekspor benih lobster.

Dugaan Suap

Saya pikir kalau hanya pemberian izin ekspor benih lobster, Edhy Prabowo tidak akan ditangkap KPK.

Walaupun pemberian izin ekspor tersebut banyak yang protes karena lebih baik dibudidayakan oleh bangsa Indonesia daripada diekspor yang tidak banyak menguntungkan bagi bangsa Indonesia.

Akan tetapi kebijakan sudah diambil dan para pengusaha serta nelayan benih lobster pasti tidak rela jika dibatalkan pemberian izin ekspor tersebut.

Oleh karena itu, para pengusaha menyuap Edhy Prabowo. Pemberian suap ini diendus oleh KPK.

Maka, setelah Edhy Prabowo melakukan perjalanan dinas di Amerika Serikat, diamankan KPK di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Cingkareng, Banten.

Setelah menjalani pemeriksaan, Edhy Prabowo dan lima orang lainnya pun ditetapkan sebagai tersangka kasus suap ekspor benih lobster.

Edhy Prabowo diduga menerima total Rp9,8 miliar dan 100.000 dolar Amerika Serikat (Rp1,4 miliar) dalam kasus tersebut (Pikiranrakyat.com, 26 November 2020, 07:39 WIB).

Pelajaran Bagi Pejabat

Kasus penangkapan Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI hendaknya menjadi pelajaran bagi para pejabat di pusat dan daerah.

Siapapun yang diberi amanah harus memegang amanah dan menjalankannya dengan baik, jujur dan adil.

Sudah ada ketentuan bahwa pejabat publik tidak boleh menerima suap atau sogok.

Karena lalai, tidak memegang amanah atau merasa aman tidak akan diketahui oleh KPK atau siapapun, berani menerima suap.

Kasus Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang di OTT oleh KPK semoga menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia untuk hidup jujur dan benar tidak mengambil yang bukan hanya, sehingga selamat di dunia dan akhirat.

Baca Juga

Opini

HRS mengatakan, Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi pasca pemilihan Presiden karena dibutuhkan Presiden Jokowi untuk rekonsiliasi, tetapi tidak dimanfaatkan untuk menolong tokoh-tokoh yang...

Politik

Prancis memiliki militer yang mendapatkan peringkat ke-7 sebagai militer terkuat di dunia. Hal ini menjadikan Prancis sebagai Militer terkuat di Eropa setelah Rusia.

Politik

Dunia dalam keadaan tidak aman. Pertahanan dan keamanan sedang terancam dan adanya potensi perang dunia.

Dunia Usaha

Pariwisata merupakan andalan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisatawan dalam negeri yang disebutnya wisatawan nusantara harus menjadi andalan dengan target...

Politik

Saya dan Ubedilah Badrun menjadi narasumber, saya menyimak pandangannya yang bermakna dan kritis, tetapi argumentasinya rasional yang jauh dari upaya mendiskreditkan siapapun. Kehebatannya menurut...

Opini

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Setidaknya ada lima alasan untuk memastikan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Pertama, korupsi merampok uang negara, dampaknya merugikan...

Opini

Asal ada peluang, korupsi dilakukan. Dana pembangunan masjid, dana haji, serta dana untuk percetakan Al-Quran yang dianggap sakral dikorupsi.

Opini

Saya merasa sangat prihatin atas pemecatan 56 pegawai KPK yang dikenal publik sebagai penyidik handal yang banyak meringkus koruptor pejabat negara dan para penjahat...