Musni Umar Socmed

Search

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UAE - unsplash Nick Fewings

Lainnya

Menabur Kebaikan

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang. Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah.

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang.

Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah. Penglihatan, pendengaran, ingatan dan sebagainya sudah berkurang.

Oleh karena ada hidup sesudah sekarang ini, maka hidup di dunia adalah tempat untuk menabur kebaikan.

Semakin banyak kebaikan yang ditabur semasa kita hidup di dunia, semakin baik karena merupakan investasi untuk dinikmati pada kehidupan di akhirat.

Perbuatan Baik

Hidup di dunia ini, harus di isi dengan perbuatan baik.

Perbuatan baik adalah perbuatan yang tidak menyimpang dari norma agama, adat dan hukum.

Perbuatan baik menurut Nabi Muhammad SAW “Sudi memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal,”.

Contoh perbuatan baik yang diungkapkan Baginda Nabi Muhammad SAW sangat sederhana dan mudah dilakukan. Mulai dari perbuatan yang kecil seperti memberi makan kepada si miskin dan memberi salam kepada yang kita kenal dan tidak kenal.

Berbuat baik menurut Zurich Principle Care mempunyai 5 manfaat.

Pertama, mengatasi stress yang dialami.

Salah satu manfaat penting berbuat baik ialah menghilangkan stress. Dengan berbuat baik, kita dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Kedua, memperkuat hubungan sosial. Kalau kita berbuat baik, banyak orang yang suka pada kita, banyak yang mendoakan, dan kalau kita mengalami masalah, banyak yang mau membantu atau menolong.

Ketiga, memperbaiki kesehatan tubuh. Dengan berbuat baik, dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tubuh tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Keempat, memberi efek domino pada lingkungan. Efek domino yang bakal diperoleh dari berbuat baik.

1) Lingkungan tempat tinggal orang yang banyak berbuat baik akan dijaga dan dilindungi oleh masyarakat.

2) Akan memberi pengaruh pada masyarakat yang hidup individualistik sehingga tergugah menjadi masyarakat yang suka berbuat terhadap sesamanya.

3) Akan muncul masyarakat yang saling mengasihi, saling menolong dan saling membantu.

Kelima, melindungi dari pengaruh negatif.

Mereka yang suka berbuat baik pasti terhindar dari perbuatan negatif. Perbuatan negatif atau jahat adalah kebalikan dari perbuatan baik.
Perbuatan jahat sangat dilarang oleh Allah, merugikan diri sendiri serta banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita isi hidup ini dengan banyak menabur kebaikan. Sebaik-baik kebaikan adalah banyak beramal saleh. Dampak positifnya akan dirasakan pada saat kita hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Ramadan 1442H

Keagungan Al-qur'an tidak saja karena memuat segala macam ayat yang bisa dijadikan panduan, kompas dan petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa, tetapi tidak...

Opini

Perbuatan radikal dan teror harus diakhiri dalam melawan ketidakadilan karena tidak akan pernah menang.

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Opini

Fahmi Idris mendirikan Akademi Alquran dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa (i) untuk mengikuti program tahfiz (hafal Alquran).

Opini

Sekarang ini amat banyak yang mendukung Prof Din. Seluruh elemen dari berbagai kelompok masyarakat dan partai politik yang lintas agama, lintas suku, organisasi massa,...

Lainnya

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.