Connect with us

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UAE - unsplash Nick Fewings

Lainnya

Menabur Kebaikan

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang. Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah.

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang.

Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah. Penglihatan, pendengaran, ingatan dan sebagainya sudah berkurang.

Oleh karena ada hidup sesudah sekarang ini, maka hidup di dunia adalah tempat untuk menabur kebaikan.

Semakin banyak kebaikan yang ditabur semasa kita hidup di dunia, semakin baik karena merupakan investasi untuk dinikmati pada kehidupan di akhirat.

Perbuatan Baik

Hidup di dunia ini, harus di isi dengan perbuatan baik.

Perbuatan baik adalah perbuatan yang tidak menyimpang dari norma agama, adat dan hukum.

Perbuatan baik menurut Nabi Muhammad SAW “Sudi memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal,”.

Contoh perbuatan baik yang diungkapkan Baginda Nabi Muhammad SAW sangat sederhana dan mudah dilakukan. Mulai dari perbuatan yang kecil seperti memberi makan kepada si miskin dan memberi salam kepada yang kita kenal dan tidak kenal.

Berbuat baik menurut Zurich Principle Care mempunyai 5 manfaat.

Pertama, mengatasi stress yang dialami.

Salah satu manfaat penting berbuat baik ialah menghilangkan stress. Dengan berbuat baik, kita dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Kedua, memperkuat hubungan sosial. Kalau kita berbuat baik, banyak orang yang suka pada kita, banyak yang mendoakan, dan kalau kita mengalami masalah, banyak yang mau membantu atau menolong.

Ketiga, memperbaiki kesehatan tubuh. Dengan berbuat baik, dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tubuh tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Keempat, memberi efek domino pada lingkungan. Efek domino yang bakal diperoleh dari berbuat baik.

1) Lingkungan tempat tinggal orang yang banyak berbuat baik akan dijaga dan dilindungi oleh masyarakat.

2) Akan memberi pengaruh pada masyarakat yang hidup individualistik sehingga tergugah menjadi masyarakat yang suka berbuat terhadap sesamanya.

3) Akan muncul masyarakat yang saling mengasihi, saling menolong dan saling membantu.

Kelima, melindungi dari pengaruh negatif.

Mereka yang suka berbuat baik pasti terhindar dari perbuatan negatif. Perbuatan negatif atau jahat adalah kebalikan dari perbuatan baik.
Perbuatan jahat sangat dilarang oleh Allah, merugikan diri sendiri serta banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita isi hidup ini dengan banyak menabur kebaikan. Sebaik-baik kebaikan adalah banyak beramal saleh. Dampak positifnya akan dirasakan pada saat kita hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni...

Lainnya

Setiap kita merayakan Hari Raya Idul Adha dengan Salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, kita pasti mengenang peristiwa heroik yang dilakukan Nabi Ibrahim...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

Politik

Bangsa Indonesia bersama bangsa Palestina melawan kekejaman dan penindasan tersebut tidak lain dan tidak bukan kecuali untuk mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia bersama palestina demi...

DKI Jakarta

Hadir secara daring dalam Dubai Expo 2020, Anies ajak investor untuk berinvestasi, beliau menjelaskan bahwa Jakarta akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan melalui...

Lainnya

Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah suatu peristiwa yang sangat agung. Isra pengertiannya menurut bahasa adalah perjalanan di malam hari, sedangkan mi’raj adalah tangga...