Musni Umar Socmed

Search

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UAE - unsplash Nick Fewings

Lainnya

Menabur Kebaikan

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang. Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah.

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang.

Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah. Penglihatan, pendengaran, ingatan dan sebagainya sudah berkurang.

Oleh karena ada hidup sesudah sekarang ini, maka hidup di dunia adalah tempat untuk menabur kebaikan.

Semakin banyak kebaikan yang ditabur semasa kita hidup di dunia, semakin baik karena merupakan investasi untuk dinikmati pada kehidupan di akhirat.

Perbuatan Baik

Hidup di dunia ini, harus di isi dengan perbuatan baik.

Perbuatan baik adalah perbuatan yang tidak menyimpang dari norma agama, adat dan hukum.

Perbuatan baik menurut Nabi Muhammad SAW “Sudi memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal,”.

Contoh perbuatan baik yang diungkapkan Baginda Nabi Muhammad SAW sangat sederhana dan mudah dilakukan. Mulai dari perbuatan yang kecil seperti memberi makan kepada si miskin dan memberi salam kepada yang kita kenal dan tidak kenal.

Berbuat baik menurut Zurich Principle Care mempunyai 5 manfaat.

Pertama, mengatasi stress yang dialami.

Salah satu manfaat penting berbuat baik ialah menghilangkan stress. Dengan berbuat baik, kita dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Kedua, memperkuat hubungan sosial. Kalau kita berbuat baik, banyak orang yang suka pada kita, banyak yang mendoakan, dan kalau kita mengalami masalah, banyak yang mau membantu atau menolong.

Ketiga, memperbaiki kesehatan tubuh. Dengan berbuat baik, dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tubuh tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Keempat, memberi efek domino pada lingkungan. Efek domino yang bakal diperoleh dari berbuat baik.

1) Lingkungan tempat tinggal orang yang banyak berbuat baik akan dijaga dan dilindungi oleh masyarakat.

2) Akan memberi pengaruh pada masyarakat yang hidup individualistik sehingga tergugah menjadi masyarakat yang suka berbuat terhadap sesamanya.

3) Akan muncul masyarakat yang saling mengasihi, saling menolong dan saling membantu.

Kelima, melindungi dari pengaruh negatif.

Mereka yang suka berbuat baik pasti terhindar dari perbuatan negatif. Perbuatan negatif atau jahat adalah kebalikan dari perbuatan baik.
Perbuatan jahat sangat dilarang oleh Allah, merugikan diri sendiri serta banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita isi hidup ini dengan banyak menabur kebaikan. Sebaik-baik kebaikan adalah banyak beramal saleh. Dampak positifnya akan dirasakan pada saat kita hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Baca Juga

Lainnya

Mengapa kita bangga jadi seorang Muslim? Pertama, memiliki kitab suci Alqur'an yang sangat orisinal. Dihafal ribuan Muslim dan Muslimah (laki-laki dan perempuan) di seluruh...

Lainnya

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan...

Lainnya

Selalu menjaga keislaman kita dengan mengamalkan segala ajaran Islam dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Jangan sekali-sekali kita mati kecuali mati dalam keadaan Muslim...

Opini

Dalam berbagai acara yang dihadiri, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet Jakarta Selatan, lautan manusia yang hadiri. Begitu pula, peletakan batu pertama...

Opini

Maka sesuai jadwal, pesawat Saudia Air lines yang ditumpangi IBHRS pada 10 November 2020 pukul 09.00 wib. mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Opini

Imam besar Habib Rizieq Syihab (HRS) telah mengumumkan kepulangannya ke Indonesia. Berangkat dari Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada 9 November 2020 dan tiba...

Opini

Seruan boikot dan boikot semua produk Prancis di Turki, dunia Arab, Iran, Malaysia dan Indonesia.

Opini

Otoritas Prancis merespon pembunuhan seorang guru dengan menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW di gedung pemerintahan Prancis.