Connect with us

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UAE - unsplash Nick Fewings

Lainnya

Menabur Kebaikan

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang. Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah.

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang.

Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang, kondisi pisik kita sudah lemah. Penglihatan, pendengaran, ingatan dan sebagainya sudah berkurang.

Oleh karena ada hidup sesudah sekarang ini, maka hidup di dunia adalah tempat untuk menabur kebaikan.

Semakin banyak kebaikan yang ditabur semasa kita hidup di dunia, semakin baik karena merupakan investasi untuk dinikmati pada kehidupan di akhirat.

Perbuatan Baik

Hidup di dunia ini, harus di isi dengan perbuatan baik.

Perbuatan baik adalah perbuatan yang tidak menyimpang dari norma agama, adat dan hukum.

Perbuatan baik menurut Nabi Muhammad SAW “Sudi memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal,”.

Contoh perbuatan baik yang diungkapkan Baginda Nabi Muhammad SAW sangat sederhana dan mudah dilakukan. Mulai dari perbuatan yang kecil seperti memberi makan kepada si miskin dan memberi salam kepada yang kita kenal dan tidak kenal.

Berbuat baik menurut Zurich Principle Care mempunyai 5 manfaat.

Pertama, mengatasi stress yang dialami.

Salah satu manfaat penting berbuat baik ialah menghilangkan stress. Dengan berbuat baik, kita dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Kedua, memperkuat hubungan sosial. Kalau kita berbuat baik, banyak orang yang suka pada kita, banyak yang mendoakan, dan kalau kita mengalami masalah, banyak yang mau membantu atau menolong.

Ketiga, memperbaiki kesehatan tubuh. Dengan berbuat baik, dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh, sehingga membantu organ untuk bekerja lebih baik. Dampaknya, stress bisa hilang dan tubuh tidak mudah sakit.

Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu kita.

Keempat, memberi efek domino pada lingkungan. Efek domino yang bakal diperoleh dari berbuat baik.

1) Lingkungan tempat tinggal orang yang banyak berbuat baik akan dijaga dan dilindungi oleh masyarakat.

2) Akan memberi pengaruh pada masyarakat yang hidup individualistik sehingga tergugah menjadi masyarakat yang suka berbuat terhadap sesamanya.

3) Akan muncul masyarakat yang saling mengasihi, saling menolong dan saling membantu.

Kelima, melindungi dari pengaruh negatif.

Mereka yang suka berbuat baik pasti terhindar dari perbuatan negatif. Perbuatan negatif atau jahat adalah kebalikan dari perbuatan baik.
Perbuatan jahat sangat dilarang oleh Allah, merugikan diri sendiri serta banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita isi hidup ini dengan banyak menabur kebaikan. Sebaik-baik kebaikan adalah banyak beramal saleh. Dampak positifnya akan dirasakan pada saat kita hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Baca Juga

Opini

Presiden Turki Erdogan merupakan pemimpin di dunia Islam yang amat populer. Mayoritas rakyat Turki sangat mencintai dan menghormatinya, tetapi kaum sekuler sangat membencinya. Erdogan...

Politik

Demo besar dukung Palestina terjadi di Amerika Serikat untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina. Demo terjadi di seluruh kota di Amerika Serikat seperti di New...

Politik

Telah muncul kekuatan baru di Timur Tengah dan di dunia. Selain Amerika Serikat, telah muncul kekuatan baru di Timur Tengah seperti Rusia, China, Iran...

Politik

Kita mengecam dan mengutuk keras serbuan tentara Zionis Israel di Masjid Al-Aqsa. Telah diberitakan bahwa dalam bentrokan sejak jumat, jumlah korban saat ini mencapai...

Politik

Islam diwahyukan oleh Allah kepada Muhammad SAW dengan kitab suci Al-Qur'an. Salah satu isi Al-Qur'an ialah hak asasi manusia. Prinsip Al-Qur'an tentang hak asasi...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...

DKI Jakarta

Media memberitakan bahwa Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin bakal hadir dalam KTT ASEAN yang digelar di Jakarta pada Sabtu ini, 24 April 2021. Kehadiran...

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.