Musni Umar Socmed

Search

bersama Dr. Jo Rumeser tahun 2013 - twitter musniumar

In Memoriam

In Memoriam Dr. Johannes Rumeser, Psikolog Mantan Tahanan Kampus Kuning dan Akademisi

Perkenalan saya dengan Dr. Johannes Rumeser melalui gerakan mahasiswa 77/78 yang saat itu saat populer dewan mahasiswa/senat mahasiswa.

Siapapun yang pernah berkenalan, berteman apalagi bersahabat dengan Dr. Johannes Rumeser, akan mengenang keramahan dan kebaikannya.

Saya termasuk yang merasakan kehangatan, keramah-tamahan dan kebaikan Dr. Johannes Rumeser.

Perkenalan saya dengan Dr. Johannes Rumeser melalui gerakan mahasiswa 77/78 yang saat itu saat populer dewan mahasiswa/senat mahasiswa.

Perkenalan berubah menjadi sahabat ketika tahun 1978 seluruh pimpinan dewan mahasiswa/senat mahasiswa ditahan oleh aparat.

Dr. Johannes Rumeser dan seluruh pimpinan dewan mahasiswa/senat mahasiswa di Jakarta setelah ditahan beberapa waktu lamanya di Kodam V Jaya, akhirnya semua tahanan yang terdiri dari pimpinan mahasiswa, dan pimpinan berbagai Ormas kemahasiswaan dan kepemudaan dipindahkan di Taji Malela, Bekasi, yang kemudian dikenal dengan nama Tahanan Kampus Kuning karena semua dinding tahanan di cat kuning.

Di dalam tahanan Kampus Kuning kami hidup senasib dan sepenanggungan. Tokoh-tokoh yang ikut ditahan antara lain AM. Fatwa, Arief Rachman, Markus Mali, KH. Achmad Bagdja, Chumaidi Syarief Romas, Harry Azhar Azis, Dipo Alam, Lukman Hakim, Soekotjo Soeparto, Ibrahim Zakir, Hudari Hamid dan lain-lain.

Persahabatan Berlanjut

Setelah keluar tahanan, persahabatan berlanjut. Dr Jo Rumeser kawin dengan ibu Mira, teman kuliah di UI yang juga Psikolog, tinggal dirumah mertua di Kebayoran Baru Jakarta.

Saya juga Kawin dan tinggal dirumah mertua. Isteri Dr Jo teman isteri saya, karena sama-sama di Kebayoran Baru dan berteman sewaktu sekolah.

Saya dan isteri, beberapa kali ketemu Ibu Mira dan Dr Jo sewaktu keduanya masih tinggal di rumah mertua di Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Setelah Dr Jo dan Ibu Mira pindah di Bintaro Jaya, saya jarang bertemu. Akan tetapi, sewaktu ada masalah di kantor tempat.saya bekerja, saya kontak Dr Jo, dia menerima saya dalam bentuk konsultasi dengan gratis dengan sangat baik.

Ketika Ibu Mira, isteri Dr Jo meninggal dunia, saya dengan mas Soekotjo ikut ta’ziah.

Hadiri Promosi Doktor

Kenangan saya paling indah dengan Dr Jo Rumeser, ketika dia ujian promosi Doktor di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 30/11/2013, saya dan Mas Soekotjo hadir menyaksikan ujian terbuka Dr. Jo Rumeser.

Saya ikut berbangga Dr. Jo Rumeser, teman seperjuangan meraih jenjang akademik tertinggi di Universitas Indonesia.

Jika tidak salah Dr Jo Rumeser pernah menjadi Dekan Fakultas Psikologi Universitas Binus dan jabatan terakhir Dr. Jo adalah Senior Lecturer at Department of Psychology Bina Nusantara University.

Selamat jalan Dr. Jo Rumeser. Segala keramah-tamahan, kebaikan dan perjuangannya di masa mahasiswa dan pengabdiannya di dunia perguruan tinggi, semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi Sinta Rumeser dan Bimo serta generasi muda terutama mahasiswa untuk berjuang di masa muda dan sepanjang hayat dikandung badan.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

In Memoriam

Ustaz Nawir, ustaz Abdul Salam dan ustaz Muhiddin adalah alumni Pondok Pesantren Al Khairat, Palu, Sulawesi Tengah. Saya mengajak ketiga ustaz tersebut bersama tokoh...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

In Memoriam

Letnan Jenderal TNI Purn Prof Dr Syarifuddin Tippe, M.Si, yang wafat pada 14 Februari 2021 karena sakit dalam usia 67 tahun. Civitas Universitas Ibnu...

In Memoriam

Tidak ada kata dan kalimat yang patut kita ucapkan selain Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un (Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali)...

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca di media sosial bahwa Ustaz Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

In Memoriam

Tidak ada yang mengira Muhammad Suaib Didu, yang baru berumur 55 tahun meninggal dunia begitu cepat karena beberapa waktu lalu, ditemani Dr. Muhammad Sulhan,...

In Memoriam

Prof Dr H Beddu Amang, MA yang lahir di Ujung Pandang, 7 Agustus 1936 – meninggal 9 Januari 2021 dalam umur 84 tahun) adalah...

In Memoriam

Dr. KH. Noer Iskandar, SQ adalah adik kelas saya di Perguruan Tinggi Ilmu Alqur'an (PTIQ). Tidak hanya teman satu sekolah, teman satu asrama, tetapi...