Musni Umar Socmed

Search

Mengheningkan cipta untuk moral para politikus di negara kita - IG akbarrachmanaje #antikorupsi

Lainnya

Hari Anti Korupsi Sedunia dan Korupsi di Indonesia

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Antikorupsi Sedunia. Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar Habib Rizieq Syihab.

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Anti korupsi Sedunia.

Biasanya berbagai negara di dunia memperingati Hari Anti korupsi, tetapi tahun ini karena dalam suasana Covid-19, peringatan Hari Anti korupsi Sedunia tidak bergema.

Apalagi di Indonesia, selain dalam suasana Covid-19 yang dilarang berkumpul tanpa social distancing, pada hari yang bersamaan di 270 kota, kabupaten dan provinsi melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar Habib Rizieq Syihab. Dampaknya luar biasa karena media nasional dan internasional memberitakan secara luas, sehingga pemberitaan Hari Anti korupsi Sedunia dan pemilihan Kepala Daerah di 270 kota, kabupaten dan provinsi tertutup.

Korupsi Ganas dan Berani

Isu sentral yang digulirkan untuk menarik dukungan publik untuk melawan Presiden Soeharto dan rezimnya adalah KKN.(Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Isu tersebut menghipnotis seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat untuk berdemo melengserkan Presiden Soeharto.

Atas desakan mahasiswa dan berbagai tokoh masyarakat serta dunia internasional, akhirnya pada 21 Mei 2020, Soeharto menyatakan mundur sebagai Presiden RI.

Mundurnya Soeharto sebagai Presiden RI, lahir Orde Reformasi.

Akan tetapi rezim Orde Reformasi yang sudah silih berganti, tetap mengamalkan KKN. Bahkan ada yang menyampaikan anekdot “kalau di masa Orde Baru, korupsi dibawah meja. korupsi di era reformasi, mejanya sekalian dikorupsi.

Maksudnya, korupsi di era Orde Reformasi sangat ganas dan berani.

KKN Merajalela

Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) ternyata tidak berkurang di era Orde Reformasi.

Banyak sekali Kepala Daerah dan anggota DPR dan DPRD yang masuk penjara karena korupsi.

Menjelang Hari Anti korupsi Sedunia, Edhy Prabowo, Menteri Dan Perikanan RI. dan Juliari Batubara, Menteri Sosial RI terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya, di periode pertama Pemerintahan Jokowi, Idrus Marham, Menteri Sosial RI dan Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI ditangkap KPK karena korupsi.

Menjelang Hari Anti korupsi Sedunia, ada tiga Bupati dan Walikota yang ditangkap KPK karena korupsi.

Selain itu, menjelang pemilihan Kepala Daerah sangat ramai perbincangan di publik karena putera Presiden Jokowi Gibran menjadi calon Walikota.Solo. Begitu juga, menantunya Bobby Nasution menjadi calon Walikota Medan.

Dari berbagai fenomena yang mencuat dalam pemberitaan, publik meyakini bahwa KKN di Indonesia pada era Orde Reformasi semakin merajalela.

Maka, saat kita memperingati Hari Anti korupsi Sedunia 9 Desember 2020, diharapkan kepada seluruh penyelenggara negara untuk sadar pentingnya menjauhi perbuatan korupsi.

Untuk mencegah kekuasaan yang cenderung melakukan korupsi, maka rakyat sebagai pemilik kedaulatan, harus menjadi pengawas dengan selalu menggunakan media sosial untuk meneriaki penguasa agar hati-hati dan tidak melakukan perbuatan korupsi.

Selain itu, DPR dan KPK harus menjadi instrumen untuk mencegah merajalelanya KKN di Indonesia.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

Opini

Perbuatan radikal dan teror harus diakhiri dalam melawan ketidakadilan karena tidak akan pernah menang.

Politik

Menjelang ramadhan tiba, para pegiat media sosial sangat ramai yang menyuarakan tuntutan Habib Rizieq Syihab Dibebaskan sehingga banyak dibahas di media sosial.

Opini

Menurut Natalius Pigai, negara wajib mencari bukti dugaan pelanggaran HAM berat terhadap tewasnya enam laskar FPI.

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...

Politik

UUD 1945 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi "Negara Indonesia adalah negara hukum". Konsekuensi Indonesia negara hukum, maka segala kehidupan kenegaraan harus selalu berdasarkan...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

Lainnya

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami...