Connect with us

Mengheningkan cipta untuk moral para politikus di negara kita - IG akbarrachmanaje #antikorupsi

Lainnya

Hari Anti Korupsi Sedunia dan Korupsi di Indonesia

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Antikorupsi Sedunia. Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar Habib Rizieq Syihab.

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Anti korupsi Sedunia.

Biasanya berbagai negara di dunia memperingati Hari Anti korupsi, tetapi tahun ini karena dalam suasana Covid-19, peringatan Hari Anti korupsi Sedunia tidak bergema.

Apalagi di Indonesia, selain dalam suasana Covid-19 yang dilarang berkumpul tanpa social distancing, pada hari yang bersamaan di 270 kota, kabupaten dan provinsi melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar Habib Rizieq Syihab. Dampaknya luar biasa karena media nasional dan internasional memberitakan secara luas, sehingga pemberitaan Hari Anti korupsi Sedunia dan pemilihan Kepala Daerah di 270 kota, kabupaten dan provinsi tertutup.

Korupsi Ganas dan Berani

Isu sentral yang digulirkan untuk menarik dukungan publik untuk melawan Presiden Soeharto dan rezimnya adalah KKN.(Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Isu tersebut menghipnotis seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat untuk berdemo melengserkan Presiden Soeharto.

Atas desakan mahasiswa dan berbagai tokoh masyarakat serta dunia internasional, akhirnya pada 21 Mei 2020, Soeharto menyatakan mundur sebagai Presiden RI.

Mundurnya Soeharto sebagai Presiden RI, lahir Orde Reformasi.

Akan tetapi rezim Orde Reformasi yang sudah silih berganti, tetap mengamalkan KKN. Bahkan ada yang menyampaikan anekdot “kalau di masa Orde Baru, korupsi dibawah meja. korupsi di era reformasi, mejanya sekalian dikorupsi.

Maksudnya, korupsi di era Orde Reformasi sangat ganas dan berani.

KKN Merajalela

Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) ternyata tidak berkurang di era Orde Reformasi.

Banyak sekali Kepala Daerah dan anggota DPR dan DPRD yang masuk penjara karena korupsi.

Menjelang Hari Anti korupsi Sedunia, Edhy Prabowo, Menteri Dan Perikanan RI. dan Juliari Batubara, Menteri Sosial RI terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya, di periode pertama Pemerintahan Jokowi, Idrus Marham, Menteri Sosial RI dan Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI ditangkap KPK karena korupsi.

Menjelang Hari Anti korupsi Sedunia, ada tiga Bupati dan Walikota yang ditangkap KPK karena korupsi.

Selain itu, menjelang pemilihan Kepala Daerah sangat ramai perbincangan di publik karena putera Presiden Jokowi Gibran menjadi calon Walikota.Solo. Begitu juga, menantunya Bobby Nasution menjadi calon Walikota Medan.

Dari berbagai fenomena yang mencuat dalam pemberitaan, publik meyakini bahwa KKN di Indonesia pada era Orde Reformasi semakin merajalela.

Maka, saat kita memperingati Hari Anti korupsi Sedunia 9 Desember 2020, diharapkan kepada seluruh penyelenggara negara untuk sadar pentingnya menjauhi perbuatan korupsi.

Untuk mencegah kekuasaan yang cenderung melakukan korupsi, maka rakyat sebagai pemilik kedaulatan, harus menjadi pengawas dengan selalu menggunakan media sosial untuk meneriaki penguasa agar hati-hati dan tidak melakukan perbuatan korupsi.

Selain itu, DPR dan KPK harus menjadi instrumen untuk mencegah merajalelanya KKN di Indonesia.

Baca Juga

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

Opini

Indonesia telah memilih jalan untuk membangun Indonesia melalui jalan demokrasi. Demokrasi sejatinya, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Opini

Momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444H yang sering disebut Tahun Baru Hijriyah, saya mengajak para pemimpin Indonesia di eksekutif, legislatif dan yudikatif serta...

Lainnya

Selain mengucapkan terima kasih atas doa yang diberikan oleh berbagai pihak, sehingga dia bebas bersyarat, HRS juga kembali melakukan gebrakan dengan menyerukan revolusi akhlak.

Opini

HRS mengatakan, Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi pasca pemilihan Presiden karena dibutuhkan Presiden Jokowi untuk rekonsiliasi, tetapi tidak dimanfaatkan untuk menolong tokoh-tokoh yang...

Politik

Jika UU Pilkada dibatalkan, Anies bisa berkompetisi dalam pemilihan Gubernur paling tahun 2023, peluang terpilih kembali menjadi Gubernur Jakarta sangat besar sebelum Anies bertarung...

Politik

Saya dan Ubedilah Badrun menjadi narasumber, saya menyimak pandangannya yang bermakna dan kritis, tetapi argumentasinya rasional yang jauh dari upaya mendiskreditkan siapapun. Kehebatannya menurut...

Opini

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Setidaknya ada lima alasan untuk memastikan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Pertama, korupsi merampok uang negara, dampaknya merugikan...