Musni Umar Socmed

Search

khutbah Jum'at di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru (11/12/2020) - twitter musniumar

Lainnya

Membunuh Satu Manusia Seperti Membunuh Seluruh Manusia

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan persaudaraan.

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin, Anggota Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam khutbah Jum’at di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada 11 Desember 2020 mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan persaudaraan.

Selain itu, melihat fenomena di sekitar kita untuk direspon. Salah fenomena yang terjadi ialah penembakan 6 orang pemuda yang ramai dibicarakan publik.

Salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan hal tersebut ialah firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 32 yang artinya:

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.”

Ayat ini menurut ustaz Zaitun walaupun Asbabun Nuzul (sebab turunnya) bersifat khusus, tetapi berlaku umum, sehingga membunuh seorang manusia bukan karena orang itu membunuh orang lain atau membuat kerusakan di muka bumi, maka seperti membunuh semua manusia.

Pelakunya Dihukum Berat

Perintah Allah yang melarang untuk membunuh yang bukan disebabkan dua hal tersebut, harus diajarkan melalui pendidikan sejak diri.

Selain itu, saya menambahkan agar dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang independen untuk mengungkap kebenaran demi keadilan.

Dua pihak yaitu Polisi dan FPI telah mengemukakan menurut versi masing-masing tentang penembakan 6 laskar FPI. Menurut saya, untuk menemukakan kebenaran yang bisa dipercaya publik, maka pembentukan TGPF merupakan keniscayaan.

Terakhir, sesuai firman Allah tersebut dan UUD Negara Republik Indonesia tentang Hak Asasi Manusia, pembunuhan terhadap 6 laskar tersebut
adalah tindakan haram dan merupakan pelanggaran HAM berat yang pelakunya harus dihukum seberat-beratnya.

Berikut foto-foto kegiatan

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Ramadan 1442H

Keagungan Al-qur'an tidak saja karena memuat segala macam ayat yang bisa dijadikan panduan, kompas dan petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa, tetapi tidak...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...

Opini

Perbuatan radikal dan teror harus diakhiri dalam melawan ketidakadilan karena tidak akan pernah menang.

Politik

Menjelang ramadhan tiba, para pegiat media sosial sangat ramai yang menyuarakan tuntutan Habib Rizieq Syihab Dibebaskan sehingga banyak dibahas di media sosial.

Opini

Menurut Natalius Pigai, negara wajib mencari bukti dugaan pelanggaran HAM berat terhadap tewasnya enam laskar FPI.

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Politik

UUD 1945 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi "Negara Indonesia adalah negara hukum". Konsekuensi Indonesia negara hukum, maka segala kehidupan kenegaraan harus selalu berdasarkan...