Musni Umar Socmed

Search

khutbah Jum'at di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru (11/12/2020) - twitter musniumar

Lainnya

Membunuh Satu Manusia Seperti Membunuh Seluruh Manusia

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan persaudaraan.

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin, Anggota Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam khutbah Jum’at di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada 11 Desember 2020 mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan persaudaraan.

Selain itu, melihat fenomena di sekitar kita untuk direspon. Salah fenomena yang terjadi ialah penembakan 6 orang pemuda yang ramai dibicarakan publik.

Salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan hal tersebut ialah firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 32 yang artinya:

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.”

Ayat ini menurut ustaz Zaitun walaupun Asbabun Nuzul (sebab turunnya) bersifat khusus, tetapi berlaku umum, sehingga membunuh seorang manusia bukan karena orang itu membunuh orang lain atau membuat kerusakan di muka bumi, maka seperti membunuh semua manusia.

Pelakunya Dihukum Berat

Perintah Allah yang melarang untuk membunuh yang bukan disebabkan dua hal tersebut, harus diajarkan melalui pendidikan sejak diri.

Selain itu, saya menambahkan agar dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang independen untuk mengungkap kebenaran demi keadilan.

Dua pihak yaitu Polisi dan FPI telah mengemukakan menurut versi masing-masing tentang penembakan 6 laskar FPI. Menurut saya, untuk menemukakan kebenaran yang bisa dipercaya publik, maka pembentukan TGPF merupakan keniscayaan.

Terakhir, sesuai firman Allah tersebut dan UUD Negara Republik Indonesia tentang Hak Asasi Manusia, pembunuhan terhadap 6 laskar tersebut
adalah tindakan haram dan merupakan pelanggaran HAM berat yang pelakunya harus dihukum seberat-beratnya.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Lainnya

Mengapa kita bangga jadi seorang Muslim? Pertama, memiliki kitab suci Alqur'an yang sangat orisinal. Dihafal ribuan Muslim dan Muslimah (laki-laki dan perempuan) di seluruh...

Covid-19

Saya kemukakan tahun 2020 merupakan tahun kesedihan karena hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia diserang pandemi Covid-19.

Opini

Saya bukan anggota apalagi pengurus Front Pembela Islam (FPI). Akan tetapi, sebagai sosiolog dan akademisi, saya merasa sangat prihatin atas pembubaran dan pelarangan FPI...

Covid-19

Prof. Mahfud MD, Menko Polhukam RI mengatakan, tak ada sanksi pidana bagi yang melanggar protokol kesehatan ataupun tidak ikut dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Lainnya

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Antikorupsi Sedunia. Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar...

Lainnya

Hidup ini tidak lama. Sangat jarang ada manusia yang hidup dengan umur 100 tahun di era sekarang. Kalaupun Allah memberi kita umur yang pandang,...

Lainnya

Selalu menjaga keislaman kita dengan mengamalkan segala ajaran Islam dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Jangan sekali-sekali kita mati kecuali mati dalam keadaan Muslim...

Lainnya

MUNAS MUI ini dipandang sangat penting karena bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim harus berpartisipasi dalam pembangunan.