Connect with us

Mysore Palace, Mysuru, India - unsplash Manoj kumar kasirajan

Covid-19

Perbankan Syariah Ditengah Pandemi Covid-19 Bisakah Berperan Membantu UMKM?

Program Studi Perbankan Syariah Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada 12 Desember 2020 telah menyelenggarakan Webinar dengan tema “Peran Perbankan Syariah Dalam Membantu UMKM Dimasa Pandemi.”
Narasumber dalam Webinar tersebut ialah Nasrullah Mumtaz dan Abdul Rahman Fariz.

Program Studi Perbankan Syariah Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada 12 Desember 2020 telah menyelenggarakan Webinar dengan tema “Peran Perbankan Syariah Dalam Membantu UMKM Dimasa Pandemi.”
Narasumber dalam Webinar tersebut ialah Nasrullah Mumtaz dan Abdul Rahman Fariz.

Turut memberi sambutan Muhammad Sidiq, Dekan Fakultas Agama Islam dan Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus membuka Webinar.

Musni Umar dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun pemahaman, kesadaran dan partisipasi untuk mengembangkan dan memajukan Bank Syariah.

Program Studi Perbankan Syariah didirikan oleh Universitas Ibnu Chaldun untuk berkontribusi dalam memajukan Perbankan Syariah di Indonesia.

Covid-19 Beri Dampak Negatif

Corona virus disease 2019 (COVID-19) telah berdampak secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kinerja dan kapasitas Nasabah pembiayaan termasuk Nasabah pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sehingga berpotensi mengganggu kinerja perbankan dan stabilitas sistem keuangan yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Pelaku perbankan syariah menilai pada masa pandemi ini, bank syariah tetap harus menopang ekonomi nasional dengan melepaskan pembiayaan terutama untuk nasabah yang dinilai bisa segera pulih kembali setelah masa transisi Covid-19 selesai.

Bank syariah melakukan relaksasi terhadap fasilitas pembiayaan kepada nasabah yang terdampak pandemic virus Covid-19 dalam bentuk penundaan pembayaran dan/atau pemberian keringanan margin/bagi hasil yang kurun waktu dan syarat-syaratnya disesuaikan dengan sektor ekonomi, kriteria, dan kondisi nasabah dengan tetap mengacu kepada ketentuan OJK kepada nasabah khususnya UMKM.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Rocky Gerung, akademisi yang disebut para mahasiswa sebagai presiden akal sehat, dalam peluncuran buku karya Musni Umar yang diberi judul Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

Pendidikan

Mayjen TNI Purn Kivlan Zen menegaskan bahwa komunis sudah bangkit, komunis masuk di mana-mana menyusup ke kekuatan Bangsa Indonesia.

Pendidikan

Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, MA, Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan 2016-2020 menegaskan jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pendidikan

Fakta sosiologis bahwa Soeharto memimpin penumpasan dan pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Dikemukakan dalam webinar yang bertajuk Melawan Lupa Pemberontakan Komunis di Indonesia (G30S...

Lainnya

Dalam Webinar yang bertajuk "Mencari Keadilan Untuk Rakyat Kecil Dalam Tragedi KM50," (9/9/2021) Prof. Suteki, Guru Besar Universitas Diponegoro, Semarang mengemukakan bahwa prospek pengusutan...

Covid-19

Pemerintah pusat mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan akronim PPKM merupakan perubahan...