Connect with us

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) - twitter musniumar

Pendidikan

Musni Umar: Jadilah Insan Pencipta, Pengabdi, Penyadar dan Pencerah Masyarakat Indonesia

Wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjadi pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengatakan agar wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjadi pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Musni Umar yang juga sosiolog mengemukakan hal tersebut pada saat menyampaikan sambutan dalam rangka wisuda sarjana ke-64 Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020).

Lima Pesan ke Wisudawan

Dalam rangka menghadapi persaingan yang sangat besar di seluruh lapangan kehidupan, wisudawan dan wisudawati serta para sarjana harus mengamalkan lima hal.

Pertama, jadikan membaca dan menulis sebagai budaya dalam hidup keseharian. Membaca dan menulis merupakan perintah Allah dalam Alqur’an yang tercantum dalam lima ayat yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kedua, jadilah sarjana pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar di tengah-tengah masyarakat. Para sarjana harus banyak gagasan dan aktif di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mengabdi untuk kemajuan agama, bangsa dan negara.

Ketiga, jadilah sarjana yang berpikir dan bertindak kritis (Critical Thinking) dalam mewujudkan amar ma’ruf nahi Munkar di tengah-tengah masyarakat. Dalam menyampaikan pendapat hindari fitnah, jangan menyerang pribadi dan institusi.

Keempat, pelihara dan bangun komunikasi (Communication) seluas-luasnya. Oleh karena di dalam komunikasi, ada peluang rezeki dan kesempatan kerja.

Kelima, bangun kolaborasi (Collaboration) dengan teman kuliah, teman organisasi, para senior, pejabat dan mereka yang sudah sukses dalam berbagai bidang kehidupan karena dengan silaturrahim dan kolaborasi akan menghadirkan banyak manfaat dalam membangun karir dan masa depan yang gemilang.

Bekal Sarjana di Masyarakat

Menjadi sarjana adalah impian bagi mereka yang ingin menjadi hebat, dihormati dan dikasihi dilingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Oleh karena itu, ada 5 hal yang harus diamalkan sarjana UIC untuk berjaya dalam hidup ini.

Pertama, jadikan membaca dan menulis sebagai budaya dalam hidup keseharian.

Kedua, jadilah sarjana pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar di tengah-tengah masyarakat.

Ketiga, jadilah sarjana yang berpikir dan bertindak kritis (Critical Thinking)!dalam mewujudkan amar ma’ruf nahi Munkar di tengah-tengah masyarakat.

Keempat, pelihara dan bangun komunikasi (Communication) seluas-luasnya. Di dalam komunikasi ada peluang rezeki dan kesempatan kerja.

Kelima, bangun kolaborasi (Collaboration) dengan teman kuliah, teman organisasi, para senior dan lain sebagainya karena pertolongan Allah akan datang jika ada kolaborasi atau jamaah.

Akhirnya saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun tahun 2020. Semoga Allah selalu menolong dan menunjuki saudara (i) dan kita semua ke jalan yang lurus.

Demikian dan terima kasih.

Baca Juga

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

Pendidikan

egiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun berkolaborasi dengan PT Kalbe Farma dan PT Alfa Midi dibuka...

Pendidikan

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun menggelar mimbar demokrasi di UIC. Diundang Ketua yayasan, rektor, para wakil rektor, para dekan, dosen dan para pimpinan...

Pendidikan

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW secara virtual ini dilaksanakan Pusat Pengkajian Islam dan Humas Universitas Ibnu Chaldun dengan tema Dengan Isra Mi'raj Kita...

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun saat memberi sambutan untuk melepas mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi yang mau melakukan abdi masyarakat yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN)...

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).