Musni Umar Socmed

Search

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) - twitter musniumar

Pendidikan

Rektor UIC: Jadilah Insan Akademik Pencipta, Pengabdi, Pencerah dan Penyadar Masyarakat

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar dalam sambutan Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) mengatakan supaya para sarjana menjadi insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar dalam sambutan Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) mengatakan supaya para sarjana menjadi insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Para sarjana tidak boleh hidup di menara gading yang terasing dari masyarakat. Mereka harus selalu bersama dengan masyarakat. Di dalam bersama dengan masyarakat, para sarjana harus menjadi obor penerang yang menyinari masyarakat.

Sosiolog itu menegaskan “Jadilah insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar banga Indonesia.”

Hidup Dalam Persaingan

Kita hidup dalam era persaingan yang luar biasa. Setiap orang, kelompok, institusi, bangsa dan negara bersaing antara satu dengan lain.

Hanya ada dua pilihan dalam hidup di era sekarang. Pertama, menang dalam persaingan, sehingga bisa bangkit dan maju.

Kedua, kalah dalam persaingan. Dampaknya termarjinalisasi dan bahkan mati.

Sebagai sarjana, kita harus siap dan sanggup memenangkan persaingan bebas.

Dalam rangka itu, saya menyampaikan lima pesan yang harus diamalkan para wisudawan dan wisudawati UIC agar bisa berjaya dalam hidup ini.

Pertama, jadikan membaca dan menulis sebagai budaya dalam hidup keseharian. Membaca dan menulis merupakan perintah Allah dalam Alqur’an yang tersirat dan tersurat dalam lima ayat yang Allah pertama kali turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kedua, jadilah sarjana pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, sarjana UIC akan disukai dan dicintai oleh masyarakat.

Ketiga, jadilah sarjana yang berpikir dan bertindak kritis (Critical Thinking) dalam rangka mewujudkan amar ma’ruf nahi Munkar di tengah-tengah masyarakat. Akan tetapi dalam menyampaikan pandangan kritis tidak boleh menghina, mencela, dan menyerang pribadi dan institusi.

Keempat, pelihara dan bangun komunikasi (Communication) seluas-luasnya. Di dalam komunikasi ada peluang bisnis dan kesempatan kerja.

Kelima, bangun kolaborasi (Collaboration) dengan teman kuliah, teman organisasi, para senior, pejabat dan lain sebagainya karena pertolongan Allah akan datang jika ada kolaborasi atau jamaah.

Akhirnya saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun tahun 2020. Semoga Allah selalu menolong dan menunjuki saudara (i) dan kita semua ke jalan yang benar dan lurus.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Seminar internasional Universitas Ibnu Chaldun yang bertema "Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid" pada 11 Februari 2021.

Lainnya

Saya amat terkejut membaca di media sosial bahwa Ustaz Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

Lainnya

UIC klarifikasi dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ibnu Chaldun (12/1/2020) tentang pemberhentian empat mahasiswa UIC.

Pendidikan

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun mengingatkan kepada seluruh Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun bahwa UIC tahun 2021 genap 65 tahun. Ditengah bangsa Indonesia...

Covid-19

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bukan saja bisa survive (bertahan) ditengah badai Covid-19, tetapi bisa bangkit dan maju.

Pendidikan

Wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjadi pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar, pada 18 Desember 2020 telah mengangkat Hj. Ir. Atifah, MSc., Ph.D menjadi Dekan Fakultas Ekonomi UIC periode 2020-2024.

Pendidikan

Diskusi virtual dengan Dr. Sheikh Mas'oud, Cendekiawan Muslim Arab Saudi serta Sheikh Hilal Bahri dan Sheikh Marhum keduanya pengusaha, yang dipandu Hartono Subirto.