Connect with us

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) - twitter musniumar

Pendidikan

Rektor UIC: Jadilah Insan Akademik Pencipta, Pengabdi, Pencerah dan Penyadar Masyarakat

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar dalam sambutan Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) mengatakan supaya para sarjana menjadi insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar dalam sambutan Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2020) mengatakan supaya para sarjana menjadi insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar masyarakat Indonesia.

Para sarjana tidak boleh hidup di menara gading yang terasing dari masyarakat. Mereka harus selalu bersama dengan masyarakat. Di dalam bersama dengan masyarakat, para sarjana harus menjadi obor penerang yang menyinari masyarakat.

Sosiolog itu menegaskan “Jadilah insan akademik pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar banga Indonesia.”

Hidup Dalam Persaingan

Kita hidup dalam era persaingan yang luar biasa. Setiap orang, kelompok, institusi, bangsa dan negara bersaing antara satu dengan lain.

Hanya ada dua pilihan dalam hidup di era sekarang. Pertama, menang dalam persaingan, sehingga bisa bangkit dan maju.

Kedua, kalah dalam persaingan. Dampaknya termarjinalisasi dan bahkan mati.

Sebagai sarjana, kita harus siap dan sanggup memenangkan persaingan bebas.

Dalam rangka itu, saya menyampaikan lima pesan yang harus diamalkan para wisudawan dan wisudawati UIC agar bisa berjaya dalam hidup ini.

Pertama, jadikan membaca dan menulis sebagai budaya dalam hidup keseharian. Membaca dan menulis merupakan perintah Allah dalam Alqur’an yang tersirat dan tersurat dalam lima ayat yang Allah pertama kali turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kedua, jadilah sarjana pencipta, pengabdi, pencerah dan penyadar di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, sarjana UIC akan disukai dan dicintai oleh masyarakat.

Ketiga, jadilah sarjana yang berpikir dan bertindak kritis (Critical Thinking) dalam rangka mewujudkan amar ma’ruf nahi Munkar di tengah-tengah masyarakat. Akan tetapi dalam menyampaikan pandangan kritis tidak boleh menghina, mencela, dan menyerang pribadi dan institusi.

Keempat, pelihara dan bangun komunikasi (Communication) seluas-luasnya. Di dalam komunikasi ada peluang bisnis dan kesempatan kerja.

Kelima, bangun kolaborasi (Collaboration) dengan teman kuliah, teman organisasi, para senior, pejabat dan lain sebagainya karena pertolongan Allah akan datang jika ada kolaborasi atau jamaah.

Akhirnya saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati Universitas Ibnu Chaldun tahun 2020. Semoga Allah selalu menolong dan menunjuki saudara (i) dan kita semua ke jalan yang benar dan lurus.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sore ini (21/9) menyampaikan ceramah dihadapan mahasiswa (i) baru Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Musni Umar kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Ibnu Chaldun periode 2022-2026.

Pendidikan

Tema Wisuda Universitas Ibnu Chaldun tahun ini adalah "Mewujudkan Kampus Merdeka Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Pendidikan Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Kamis, 8 September 2022 telah berjalan dengan lancar.

Pendidikan

Hari ini (26/8) sebelum shalat Jum'at, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengundang mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun untuk silaturrahim.

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengemukakan bahwa sarjana ilmu komunikasi universitas Ibnu harus memiliki kemampuan adaptasi dengan perubahan sosial, ekonomi, politik, dan kemajuan...

Pendidikan

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni...