Connect with us

Seri Edukasi Korona: Jangan Masuk Rumah, Korona! - twitter DKIJakarta watiekideo

Covid-19

Indonesia Saling Jaga

Salah satu kalimat yang penting diamalkan bangsa Indonesia saat ini ialah saling jaga. Kalimat itu sangat penting dibahas dan diamalkan bangsa Indonesia saat ini antara lain.

Salah satu kalimat yang penting diamalkan bangsa Indonesia saat ini ialah saling jaga.

Kalimat itu sangat penting dibahas dan diamalkan bangsa Indonesia saat ini antara lain.

Pertama, Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19. Bangsa Indonesia dari manapun, suku dan agama apapun harus saling jaga.

Salah satu wujud saling jaga ialah selalu menggunakan masker kalau Keluar rumah atau sedang di dalam rumah, jika datang pembantu, dimana pembantu baru saja keluar rumah atau pembantu yang bekerja setengah hari dan selalu pulang ke rumahnya setiap hari. Untuk saling menjaga dari kemungkinan tertular Covid-19, maka sebaiknya biasakan dan budayakan pakai masker pada saat keluar rumah atau di dalam rumah.

Kedua, biasakan dan budayakan cuci tangan. Ini penting dilakukan dalam rangka saling jaga, karena tangan biasa memegang kunci, pintu, memegang apa saja termasuk salaman.

Kalau tidak dibiasakan dan dibudayakan sering mencuci tangan, maka.boleh jadi virus Corona menempel ditangan, jika tidak sering di cuci dengan sabun atau hand sanitizer, maka tangan bisa menukarkan Covid-19 kepada diri sendiri dan pihak lain. Maka dalam upaya Indonesia saling jaga, amat penting kita sering mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

Ketiga, menjaga jarak. Saat Indonesia masih dilanda wabah Covid-19, sangat penting, kita.selalu menjaga jarak dengan teman kerja, teman bermain, teman olah raga, atau siapapun yang baru dikenal. Ini amat penting dalam upaya saling jaga agar tidak tertular Covid-19. Oleh karena, kita bisa tertukar Covid-19 dari bertemu orang lain secara dekat yang sudah terkena Covid-19 tanpa gejala.

Keempat, menghindari kerumanan massa. Pada saat Indonesia masih dilanda wabah Covid, saling jaga dengan menghindari berkerumun sangat penting karena potensi tertular Covid amat besar jika berkerumun karena dari mereka yang berkerumun bisa saja ada yang sudah terkena Covid tanpa gejala. Jika berkerumun dengan orang yang sudah terkena Covid dengan menular kepada kita atau orang lain.

Kelima, olah raga. Dalam rangka Indonesia saling jaga, maka amat penting menjaga ketahanan badan dengan rutin berolah raga di lapangan terbuka yang disinari panas matahari. Jika ketahanan badan kuat, maka tidak mudah terserang Covid dan segala macam penyakit. Hal itu, otomatis kita sudah berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia saling jaga.

Semoga Indonesia saling jaga kita bisa wujudkan dalam upaya menghadapi Covid-19 yang merupakan musuh yang amat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan nyawa kita.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...

Covid-19

Karena masih suasana Covid-19 pada Idul Adha 1442H ini, umat Islam yang sudah siap melaksanakan ibadah haji di Mekah, kembali di urungkan tahun ini.

Covid-19

Covid-19 dan variannya sudah menjangkiti rakyat di seluruh Indonesia. Tidak ada provinsi yang bebas dari Covid-19. Tren peningkatan positif Covid-19 rakyat Indonesia terus meningkat...

Covid-19

PPKM Darurat sejatinya menyadarkan pemerintah bahwa dalam rangka melindungi segenap bangsa Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 yang merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia....