Connect with us

jempol thumbs up ? anies baswedan - IG #aniesbaswedan

DKI Jakarta

Trans Jakarta di Era Gubernur Anies

Kunci keberhasilan penataan Transportasi di DKI Jakarta adalah integrasi semua moda transportasi oleh PT Trans Jakarta. JakLingko merupakan branding dari sistem integrasi transportasi publik yang memuat integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran.

Penggagas Trans Jakarta adalah Gubernur Soetiyoso yang populer dengan sapaan Bang Yos.

Oleh karena penggagas, pencetus, perintis, dan yang memulai mewujudkan dan membangun Trans Jakarta, maka bisa dikatakan bahwa bapak Trans Jakarta adalah Bang Yos.

Setelah berakhir masa jabatan Bang Yos sebagai Gubernur DKI, digantikan Gubernur Fauzi Bowo. Pada era Bang Foke, begitu sapaan Gubernur Fauzi Bowo, dilanjutkan pembangunan koridor Bus Way walau tidak masif.

Pada era Gubernur Joko Widodo dengan sapaan Jokowi yang kemudian dilanjutkan Gubernur Basuki T. Purnama dengan sapaan Ahok, pembangunan koridor Bus Way Trans Jakarta diteruskan dan impor besar-besaran bus dari China, tetapi menimbulkan masalah karena terjadi korupsi dan kualitas bus yang rendah, sehingga sering mogok dan ada yang terbakar di jalan.

Trans Jakarta di Era Gubernur Anies Baswedan

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta melanjutkan pembangunan Trans Jakarta, dengan melakukan setidaknya 3 program.

Pertama, meningkatkan jumlah armada Trans Jakarta, dengan membeli berbagai bus yang berkualitas tinggi seperti Mercedes Benz, Volvo, Scania.

Kedua, mengintegrasikan semua armada transportasi mulai dari makrobus, minibus dan mikrobus ke Trans Jakarta dengan branding Jak Lingko.

Ketiga, membangun koridor baru dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan warga DKI dan warga dari daerah perbatasan Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Integrasi Transportasi

Kunci keberhasilan penataan Transportasi di DKI Jakarta adalah integrasi semua moda transportasi.

JakLingko merupakan branding dari sistem integrasi transportasi publik yang memuat integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran.

Integrasi moda transportasi di DKI tidak hanya melibatkan bus besar, bus medium, dan bus kecil di Transjakarta tetapi juga akan melibatkan transportasi berbasis rel seperti MRT, dan LRT.

Atas kesuksesan Gubernur Anies mengintegrasikan semua moda transportasi di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memenangkan “Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik di DKI Jakarta yang terus dikembangkan.

Pemenang STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional, Mobilize 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Atas kemenangan tersebut, DKI Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA dengan mengalahkan kota – kota besar dunia, setelah tahun lalu DKI Jakarta menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar ‘Honorable Mention’.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Covid-19

Mengawali Tahun 2023, Yayasan Lembaga Pemberdayaan Sosial dan Demokrasi telah memilih tema diskusi panel Membedah Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta 2020 yang Berlangsung di...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...