Connect with us

jempol thumbs up ? anies baswedan - IG #aniesbaswedan

DKI Jakarta

Trans Jakarta di Era Gubernur Anies

Kunci keberhasilan penataan Transportasi di DKI Jakarta adalah integrasi semua moda transportasi oleh PT Trans Jakarta. JakLingko merupakan branding dari sistem integrasi transportasi publik yang memuat integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran.

Penggagas Trans Jakarta adalah Gubernur Soetiyoso yang populer dengan sapaan Bang Yos.

Oleh karena penggagas, pencetus, perintis, dan yang memulai mewujudkan dan membangun Trans Jakarta, maka bisa dikatakan bahwa bapak Trans Jakarta adalah Bang Yos.

Setelah berakhir masa jabatan Bang Yos sebagai Gubernur DKI, digantikan Gubernur Fauzi Bowo. Pada era Bang Foke, begitu sapaan Gubernur Fauzi Bowo, dilanjutkan pembangunan koridor Bus Way walau tidak masif.

Pada era Gubernur Joko Widodo dengan sapaan Jokowi yang kemudian dilanjutkan Gubernur Basuki T. Purnama dengan sapaan Ahok, pembangunan koridor Bus Way Trans Jakarta diteruskan dan impor besar-besaran bus dari China, tetapi menimbulkan masalah karena terjadi korupsi dan kualitas bus yang rendah, sehingga sering mogok dan ada yang terbakar di jalan.

Trans Jakarta di Era Gubernur Anies Baswedan

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta melanjutkan pembangunan Trans Jakarta, dengan melakukan setidaknya 3 program.

Pertama, meningkatkan jumlah armada Trans Jakarta, dengan membeli berbagai bus yang berkualitas tinggi seperti Mercedes Benz, Volvo, Scania.

Kedua, mengintegrasikan semua armada transportasi mulai dari makrobus, minibus dan mikrobus ke Trans Jakarta dengan branding Jak Lingko.

Ketiga, membangun koridor baru dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan warga DKI dan warga dari daerah perbatasan Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Integrasi Transportasi

Kunci keberhasilan penataan Transportasi di DKI Jakarta adalah integrasi semua moda transportasi.

JakLingko merupakan branding dari sistem integrasi transportasi publik yang memuat integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran.

Integrasi moda transportasi di DKI tidak hanya melibatkan bus besar, bus medium, dan bus kecil di Transjakarta tetapi juga akan melibatkan transportasi berbasis rel seperti MRT, dan LRT.

Atas kesuksesan Gubernur Anies mengintegrasikan semua moda transportasi di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memenangkan “Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik di DKI Jakarta yang terus dikembangkan.

Pemenang STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional, Mobilize 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Atas kemenangan tersebut, DKI Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA dengan mengalahkan kota – kota besar dunia, setelah tahun lalu DKI Jakarta menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar ‘Honorable Mention’.

Baca Juga

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan...

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.