Connect with us

(31/1/2021) naik bus Trans Jakarta menuju Senen Jakarta Pusat - twitter musniumar

Covid-19

Trans Jakarta Sikap dan Tanggap Cegah Penyebaran Covid-19

Trans Jakarta memberi perhatian yang besar terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Semua calon penumpang diukur suhu badannya ketika menuju halte pemberangkatan.

Trans Jakarta memberi perhatian yang besar terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.

Semua calon penumpang diukur suhu badannya ketika menuju halte pemberangkatan.

Selain itu, ditempat menunggu bus Trans Jakarta tersedia air dan air sabun untuk cuci tangan.

Tidak hanya itu, di dalam bus tersedia hand sanitizer untuk bersihkan tangan.

Peringatan Pada Penumpang

Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, management Trans Jakarta membuat peraturan yang ditempel di kaca bus Trans Jakarta yang berisi peringatan.

Panduan kepada penumpang Trans Jakarta berisi peringatan agar semua mematuhinya.

Pertama, jaga jarak minimum 1 M dan hindari kontak fisik antar pelanggan.

Peringatan tertulis yang ditempel di kaca bus Trans Jakarta sangat penting dibaca, dihayati dan diamalkan bagi setiap pengguna bus Trans Jakarta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kedua, wajib gunakan masker selama dalam lingkungan Trans Jakarta.

Kewajiban menggunakan masker di dalam bus Trans Jakarta tidak bisa ditawar. Diharapkan kebiasaan menggunakan masker di dalam bus Trans Jakarta, menjadi budaya yang diamalkan saat keluar rumah atau di dalam rumah jika orang luar yang datang ke rumah kita.

Ketiga, duduk hanya diperbolehkan di kursi yang tidak ada tanda X.

Saya memperhatikan, masih ada penumpang yang tidak peduli dengan ketentuan tersebut. Saya apresiasi ada penumpang lain yang memberitahu agar mematuhi protokol kesehatan.

Keempat, berdiri pada tanda yang sudah dipasang di lantai.

Saya juga mengamati, masih ada penumpang yang berdiri berdekatan dan berdempetan, yang tentu membahayakan karena bisa terjadi penyebaran Covid-19 di dalam bus.

Kelima, dihimbau untuk tidak melakukan percakapan baik secara langsung ataupun via telepon.

Percakapan di dalam bus Trans Jakarta masih terjadi. Ada penumpang yang menelpon saudaranya atau temannya, ada pula telepon dari keluarga atau teman, sehingga terjadi percakapan yang mengganggu penumpang lain karena suaranya keras.

Keenam, cuci tangan sebelum menuju halte.

Saya bersyukur kesadaran para penumpang untuk mencuci tangan cukup tinggi. Hal itu terjadi karena fasilitas untuk mencuci tangan disediakan oleh manajemen Trans Jakarta.

Ketujuh, siapkan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tanganmu.

Trans Jakarta Aman Dari Covid

Pada 31 Januari 2021, saya dan isteri naik bus Trans Jakarta menuju Senen Jakarta Pusat. Rute yang dilalui Blok M – Harmoni. Dari Harmoni menuju Senen.

Sejak mau masuk halte Trans Jakarta Blok M, sudah ada petugas yang menggunakan termometer untuk mengukur suhu badan setiap penumpang.

Di halte Blok M tempat menunggu bus Trans Jakarta sudah tersedia air berikut sabun cair. Saya perhatikan setiap calon penumpang bus Trans Jakarta mencuci tangan dan pakai sabun air.

Di dalam bus Trans Jakarta, juga tersedia hand sanitizer. Dengan demikian menurut pengamatan dan pengalaman saya naik di bus Trans Jakarta, saya memastikan bahwa manajemen Trans Jakarta sangat sigap dan tanggap mencegah penyebaran Covid-19 di bus Trans Jakarta.

Yang amat diperlukan adalah kesadaran, kerelaan dan partisipasi warga DKI khususnya pengguna bus Trans Jakarta untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang diharapkan manajemen Trans Jakarta.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan...

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.