Musni Umar Socmed

Search

Al Masjid an Nabawi, Medina Saudi Arabia - unsplash said alamri

Opini

Melawan Islamophobia di Indonesia

Islamfobia sangat merugikan karena Islam dan umat Islam dicitrakan serba negatif – seolah tidak ada baiknya. Islamophobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka, diskriminasi, ketakutan dan kebencian terhadap Islam dan umat Islam.

Islamophobia sangat merugikan karena Islam dan umat Islam dicitrakan serba negatif – seolah tidak ada baiknya.

Islamophobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka, diskriminasi, ketakutan dan kebencian terhadap Islam dan umat Islam.

Istilah tersebut sudah lama dijadikan alat propaganda untuk menjelekkan Islam dan umat Islam. Istilah itu lebih populer setelah terjadi peristiwa serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan menara World Trade Center (WTC) di New York.

Mengapa Islamophobia?

Mereka yang islamophobia, paling tidak ada 5 faktor yang menyebabkan mereka melakukan terhadap Islam dan umat Islam.

Pertama, faktor teologis. Mereka islamophobia, membenci Islam dan umat Islam, penyebabnya bisa karena faktor teologis atau keyakinan Agama sebagaimana disebutkan dalam Alqur’an, surah Al Baqarah ayat 120 bahwa “Sekali-sekali orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela sampai kamu mengikuti agama mereka.”

Kedua, faktor kepentingan politik. Negara besar yang menjadikan Islam dan umat Islam sebagainya musuhnya, bisa mengobarkan islamophobia kepada bangsanya, yang kemudian negara-negara demokrasi seperti Indonesia mengikutinya.

Ketiga, faktor kepentingan ekonomi. Mereka yang ingin menguasai ekonomi Indonesia, bisa mengobarkan islamophobia untuk melemahkan bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim, agar mudah dikuasai atau dikendalikan jika sudah terpecah belah.

Keempat, faktor kekuasaan, Mereka yang lemah imannya, jika diberi kekuasaan, bisa islamophobia untuk mengikuti majikan.

Keenam, faktor harta, isteri atau anak. Mereka yang lemah pemahaman agama, walaupun Muslim, bisa berbalik membenci, dan mendiskreditkan Islam

Bagaimana Melawannya?

Islamophobia harus dilawan karena sangat merugikan Islam dan umat Islam. Bagaimana melawannya.

Pertama, mengajarkan Islam kepada anak-anak kita sejak kecil agar memahami Islam secara baik dan menyayangi sesama umat Islam dan sesama umat manusia.

Kedua, melaksanakan dakwah agar umat Islam menjauhi islamophobia.

Ketiga, memilih pemimpin di semua tingkatan dalam Pilkada, Pemilu Presiden dan Pemilu Legiskatif yang bisa melindungi Islam dan umat Islam serta seluruh umat beragama secara adil.

Keempat, menggunakan media sosial dan internet untuk melancarkan dakwah guna menyadarkan umat tentang pentingnya membela Islam dan umat Islam.

Kelima, memilih pemimpin yang selalu menyatukan bangsa, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan mencegah islamophobia di kalangan bangsa Indonesia.

Semoga Islamophobia yang marak belakangan ini bisa dilawan oleh umat yang bersatu dan sadar terhadap pentingnya melindungi Agama (hifzuddin) dan umat Islam (hifzul Muslimin).

Baca Juga

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Opini

Fahmi Idris mendirikan Akademi Alquran dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa (i) untuk mengikuti program tahfiz (hafal Alquran).

Lainnya

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami...

Opini

Sekarang ini amat banyak yang mendukung Prof Din. Seluruh elemen dari berbagai kelompok masyarakat dan partai politik yang lintas agama, lintas suku, organisasi massa,...

Lainnya

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Opini

Kemuliaan adalah satu konsep dalam Islam, yang jika diamalkan, maka kita akan meraih kemuliaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Bagaimana cara meraih kemuliaan...

Lainnya

Luar biasa Filipina. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, amat menakjubkan karena seluruh anggota Kongres Filipina bersepakat menetapkan 1 Februari 2021 sebagai Hari Hijab...