Connect with us

Integrasi transportasi publik memudahkan kita menggapai kota dari satu titik ke titik lainnya...😎 📍halte tosari - IG nauflfy #tijeyangbaru

DKI Jakarta

Anies 21 Heroes 2021: Koneksitas Moda Transportasi, Sepeda dan Integrasi Transjakarta di Jak Lingko

Sekarang ini moda transportasi Transjakarta, MRT, LRT, Commuter Line, dan moda transportasi lainnya sudah terkoneksi (tersambung) semuanya. Integrasi Transjakarta Di Jak Lingko telah berhasil.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta telah memperoleh penghargaan sebagai Pahlawan Transportasi Dunia dari Transformative Urban Mobility Initiative disingkat TUMI.

Anies Baswedan bersama 20 tokoh dunia lainnya termasuk Elon Musk, pendiri CTO, dan CEO SpaceX, CEO dan arsitek produksi Tesla, serta pendiri The Boring Company, dan pendiri Neuralink.

Lembaga yang memberi penghargaan kepada Anies dan 20 tokoh dunia adalah TUMI. TUMI merupakan organisasi internasional bergengsi yang bermarkas di Jerman yang dibentuk oleh 11 mitra bergengsi yang mendorong inisiatif implementasi kebijakan tentang transportasi urban berkelanjutan.

Koneksitas Moda Transportasi

Salah satu alasan TUMI memberikan penghargaan kepada Anies sebagai pahlawan transportasi dunia karena DKI Jakarta yang dipimpin Anies mampu membangun koneksitas antara satu moda transportasi dengan moda transportasi lain.

Sekarang ini moda transportasi Transjakarta, MRT, LRT, Commuter Line, dan moda transportasi lainnya sudah terkoneksi (tersambung) semuanya, sehingga sangat memudahkan bagi pengguna moda transportasi di DKI Jakarta.

Pesepeda Sangat Ramai

Prestasi lain Anies yang dilihat TUMI dalam menata transportasi di Jakarta adalah keberhasilan membangun jalur khusus sepeda.

Pada mulanya, banyak yang sinis. Bahkan Gilbert Simanjuntak, Anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP mengeritik kebijakan Anies membuat jalur khusus sepeda di DKI hanya menghamburkan
dana dan merepotkan dinas perhubungan DKI Jakarta, tetapi program yang sudah dibuat terus dijalankan.

Tidak diduga dampaknya luar biasa. Warga DKI sangat antusias dan ramai yang bersepeda terutama pada hari libur nasional, Sabtu dan Ahad.

Saya dan isteri pernah bertemu ibu-ibu berombongan naik sepeda dari Tanjung Priok Jakarta Utara sampai Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta Selatan. Di GBK kami sempat foto bareng.

Tadi pagi (9/2) saat olah raga jalan kaki di GBK, saya bertemu sahabat saya Kamsus Samad, Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra bercerita kepada saya saat jalan kaki bareng bahwa sejak Covid-19, setiap hari selalu jalan kaki di GBK kecuali Sabtu dan Ahad, naik sepeda dari kediamannya jalan Bungur Kebayoran Baru sampai Monas Jakarta Pusat.

Integrasi TJ Brand Jak Lingko

Prestasi Anies yang lain, yang amat membanggakan mampu mengintegrasikan seluruh makro bus, mini bus dan mikro bus ke dalam manajemen Transjakarta dengan branding Jak Lingko.

Di Jakarta, kita pernah mengenal adanya bus Mayasari, Damri, PPD, Kopaja, Metro Mini, KWK dan sebagainya yang melayani angkutan umum di DKI.

Pada masa Gubernur Anies Baswedan, semua armada bus yang besar, mini dan mikro sudah diintegrasikan dalam satu manajemen, keuangan dan operasional dibawah Transjakarta dengan branding Jak Lingko.

Semua kendaraan makro bus, mini bus dan mikro bus di DKI Jakarta di Cat hampir sama dengan tulisan di badan samping dan dibelakang ” Transjakarta.”

Penataan transportasi massal di DKI Jakarta yang dilakukan Gubernur Anies telah menghadirkan layanan yang sangat baik dan prima bagi warga, sehingga transportasi massal di DKI Jakarta sudah menyamai bahkan pada hal-hal tertentu lebih baik ketimbang transportasi massal di ibukota negara-negara maju.

Baca Juga

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan...

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

DKI Jakarta

Suhu politik di DKI Jakarta, Ibukota negara Republik Indonesia memanas, setelah 2 Fraksi secara resmi mengajukan interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan menyangkut Formula E.