Musni Umar Socmed

Search

Orang-orang akan shalat magrib menuju Sultan Qaboos Grand Mosque, Oman - unsplash AlKhatab Al-Saqri

Lainnya

Bikin Mimpi Jadi Reality

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Setiap orang, kelompok, bangsa dan negara harus mempunyai mimpi yang besar untuk menjadi yang paling hebat.

Mimpi besar dan hebat tidak sekedar mimpi, tetapi mimpi itu, harus direalisasikan menjadi kenyataan.

Itulah makna dari judul dalam tulisan ini yang berjudul “Bikin Mimpi Jadi Reality: Hanya Pemimpin Yang Bisa Membuat Jadi Kenyataan.”

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Banyak pemimpin yang bermimpi besar, tetapi sekedar mimpi tidak bisa direalisasikan menjadi kenyataan, akhirnya tidak mengubah nasib rakyat yang dipimpin. Begitu pula bangsa dan negara tidak berubah nasibnya menjadi besar dan hebat.

Faktor Pemimpin

Perubahan yang terjadi di setiap orang, setiap kelompok, setiap bangsa dan negara, sangat banyak ditentukan oleh pemimpin.

Di dalam Alqur’an Surat Ar Ra’ad ayat 11, Allah berfirman “Innallaaha laa yugayyiru maa biqaumin ḥattaa yugayyiruu maa bi`anfusihim” (Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri).

Perubahan keadaan suatu kaum atau masyarakat sangat banyak dipengaruhi oleh pemimpin. Oleh karena, pemimpin suatu negara memiliki otoritas yang kuat untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai.

Pada diri seorang pemimpin apakah Presiden, Perdana Menteri, maupun Raja memiliki sumber daya keuangan, aparat birokrasi, aparat keamanan dan segala hal, sehingga mempunyai kekuatan untuk mengajak, meminta, bahkan memaksa rakyat atas mandat undang-undang untuk mewujudkan mimpi besar (visi) yang ingin diwujudkan.

Semua perubahan besar, kebangkitan dan kemajuan yang hebat suatu masyarakat, bangsa dan negara, amat ditentukan oleh pemimpin.

Syarat Pemimpin

“Bikin mimpi jadi reality, adalah pekerjaan pemimpin. Setiap orang, setiap kelompok masyarakat dan bangsa, bisa berjuang untuk mewujudkan kemajuan.

Akan tetapi kemajuan yang dicapai tidak akan mengubah suatu bangsa dan negara menjadi besar dan hebat.

Sejarah bangsa-bangsa di dunia menunjukkan bahwa semua yang mengalami kemajuan dalam segala bidang, faktor utama yang membawa perubahan dan kemajuan adalah faktor pemimpin.

Oleh karena itu, menurut Islam, pemimpin yang dipilih harus memiliki empat syarat.

Pertama, amanah yaitu yang.dapat dipercaya (Al amiin). Pemimpin yang dipilih harus amanah yaitu memiliki sikap jujur dan dapat dipercaya. Bersikap amanah artinya kalau berjanji harus ditunaikan. Tidak boleh memilih pemimpin yang munafik, yang selalu tidak sesuai antara perkataan dan perbuatan.

Kedua, shiddiq. Shiddiq artinya benar. Pemimpin yang dipilih harus benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya harus benar. Perkataan dan perbuatannya harus sejalan. Tidak memilih pemimpin yang inkonsistensi.

Ketiga, Fathanah (cerdas). Pemimpin yang dipilih haruslah pemimpin yang cerdas dan pintar. Tidak boleh memilih pemimpin yang bodoh. Kalau memilih pemimpin yang bodoh, maka lingkungannya yang akan mengaturnya, sehingga banyak mengeluarkan kebijakan negara yang merugikan rakyat yang dipimpinnya.

Keempat, tabligh yaitu pemimpin yang komunikator, yang mampu menyampaikan pandangannya dengan baik, sehingga rakyat yang dipimpinnya faham, menghayati dan mengamalkannya.

Maka, kunci untuk mewujudkan mimpi besar Indonesia menjadi kenyataan yaitu masyarakat adil dan makmur ialah memilih Presiden yang amanah, shiddiq, Fathanah dan tabligh.

Baca Juga

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Opini

Fahmi Idris mendirikan Akademi Alquran dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa (i) untuk mengikuti program tahfiz (hafal Alquran).

Lainnya

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami...

Opini

Sekarang ini amat banyak yang mendukung Prof Din. Seluruh elemen dari berbagai kelompok masyarakat dan partai politik yang lintas agama, lintas suku, organisasi massa,...

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Opini

Kemuliaan adalah satu konsep dalam Islam, yang jika diamalkan, maka kita akan meraih kemuliaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Bagaimana cara meraih kemuliaan...

Opini

Islamfobia sangat merugikan karena Islam dan umat Islam dicitrakan serba negatif - seolah tidak ada baiknya. Islamophobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka,...

Lainnya

Luar biasa Filipina. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, amat menakjubkan karena seluruh anggota Kongres Filipina bersepakat menetapkan 1 Februari 2021 sebagai Hari Hijab...