Musni Umar Socmed

Search

Datang bawa bantuan, Bidang Kemanusiaan FPI disambut korban bencana banjir di Kuala Mandor, Kalimantan Barat yg sudah hampir 1 bulan (5/2/2021) - twitter #FPI

Lainnya

Musibah dan Banjir Terjadi: Saya Ingat Kebaikan FPI

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami banjir dan mereka yang terkena musibah.

Tadi malam saya terbangun ketika hujan turun sangat lebat, lalu saya shalat tahajjud. Pagi ini (16/2) ketika saya berolah raga jalan kaki di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, hujan turun lagi dan cukup lebat. Saat saya menulis artikel ini (pukul 15.00 wib) hujan kembali turun dan juga lebat.

Saat hujan turun lebat, saya mengerawang dan membayangkan penderitaan warga yang tertimpa banjir dan mengenang kebaikan FPI, yang telah dibubarkan, juga IB Habib Rizieq, Sobri Lubis dan pengurus teras FPI yang ditahan dengan tuduhan melanggar protokol kesehatan.

Saya bersyukur hujan lebat yang turun di DKI Jakarta tidak mengakibatkan banjir besar seperti yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara, hujan lebat yang turun di banyak daerah di Indonesia, telah mengakibatkan banjir besar dan warga terpaksa mengungsi di berbagai tempat untuk menghindari terpaan banjir.

Ketika banjir melanda banyak daerah di Indonesia, sebagaimana dikemukakan di atas, saya teringat kebaikan Front Pembela Islam (FPI) di masa lalu dalam membantu warga yang mengalami berbagai macam musibah termasuk banjir.

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami banjir dan mereka yang terkena musibah. Saya akan selalu teringat Kebaikan FPI.

FPI Ganti Baju

Dalam rangka meneruskan pengabdian FPI kepada masyarakat, bangsa dan negara, Front Pembela Islam yang telah dibubarkan, para pengurusnya mendeklarasikan pendirian Front Persaudaraan Islam dengan akronim tetap FPI.

Akan tetapi, gerakan FPI jilid 2 tidak sehebat FPI sebelum dibubarkan.

Setidaknya ada 6 alasan FPI jilid 2 tidak segesit FPI sebelum dibubarkan.

Pertama, tokoh sentral FPI Habib Rieziq Syihab ditahan dengan tuduhan melanggqar protokol kesehatan.

Kedua, Ketua Umum FPI ustaz Shobri Lubis dan jajaran FPI ditahan dengan tuduhan yang sama melanggar protokol kesehatan.

Ketiga, masa pandemi Covid-19 sangat membatasi gerakan FPI jilid 2 untuk melakukan konsolidasi organisasi.

Keempat, pembubaran FPI jilid 1 dan penahanan Imam Besar Habib Rieziq Syihab, ustaz Shobri Lubis dan pentolan FPI, secara psikologis melemahkan FPI dalam melakukan misi kemanusiaan.

Kelima, diblokirnya semua rekening FPI, memberi pengaruh besar bagi FPI dalam melakukan misi kemanusiaan.

Pada akhirnya yang mengalami kerugian dibubarkannya FPI adalah masyarakat bawah yang selama puluhan tahun mendapat manfaat dari keberadaan FPI.

Selain itu, masyarakat Muslim yang tertarik kepada FPI atas aktivitas sosial yang masif dilakukan seluruh jajaran FPI terutama ketika terjadi musibah, sehingga mereka menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu masyarakat melalui FPI.

Keenam, wadah mereka untuk amar ma’ruf nahi munkar dibubarkan, maka gerakan mereka membantu umat dan bangsa yang sedang mengalami musibah banjir, mendapat tantangan yang besar dan berat.

Saya mendoakan FPI jilid 2 bisa melanjutkan misi kemanusiaan dan amar ma’ruf, IB HRS, Ustaz Shobri Lubis dan para pentolan FPI yang ditahan, selalu sehat, sabar dan tabah, serta negeri yang kita cintai ini terwujud sebagai “baldatun thayyibatun wa rabbun gafur” (negeri yang baik, dan Tuhan memberi ampunan).

Baca Juga

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Politik

UUD 1945 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi "Negara Indonesia adalah negara hukum". Konsekuensi Indonesia negara hukum, maka segala kehidupan kenegaraan harus selalu berdasarkan...

Opini

Fahmi Idris mendirikan Akademi Alquran dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa (i) untuk mengikuti program tahfiz (hafal Alquran).

DKI Jakarta

Saya menganalisis data Banjir Jakarta Dalam Angka yang disajikan BPBD DKI 20 Februari 2021.

Opini

Sekarang ini amat banyak yang mendukung Prof Din. Seluruh elemen dari berbagai kelompok masyarakat dan partai politik yang lintas agama, lintas suku, organisasi massa,...

Lainnya

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Opini

Kemuliaan adalah satu konsep dalam Islam, yang jika diamalkan, maka kita akan meraih kemuliaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Bagaimana cara meraih kemuliaan...