Musni Umar Socmed

Search

Tim tenaga medis di wisma atlet kemayoran Jakarta (17/2/2021) - IG sintha_l_andi

Covid-19

Jakarta Leader Melawan Covid-19: Gelorakan Kolaborasi dan Partisipasi

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader (pemimpin) dalam melawan Covid-19.

Setidaknya ada lima alasan untuk memastikan bahwa Jakarta adalah leader dalam melawan Covid-19.

Pertama, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta adalah yang pertama mengusulkan agar dilakukan Lockdown di Jakarta untuk mencegah penyebaran Covid-19, tetapi ditolak karena dianggap merupakan domain pemerintah pusat.

Kedua, Jakarta merupakan provinsi pertama yang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ketiga, Jakarta merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang terbanyak melakukan Tes molekuler (disebut juga tes RNA atau PCR), Tes antigen atau rapid test, Test antibodi atau tes darah.

Keempat, paling rendah tingkat kematian di DKI Jakarta akibat covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tingkat kematian akibat kasus Covid-19 di DKI Jakarta terbilang rendah.

Salah satu alasan tingkat kematian di Jakarta bisa rendah karena testing Covid-19 di DKI Jakarta cukup tinggi.

“Perlu kami sampaikan di sini, di DKI Jakarta tingkat kematian itu 1,6 persen. Salah satu sebab mengapa tingkat kematian itu bisa rendah karena pertama testingnya tinggi sehingga terdeteksi awal.”

Covid Masih Merajalela

Kita prihatin Covid-19 masih merajalela dan mengancam bangsa Indonesia.

Pemerintah melaporkan penambahan 9.775 kasus baru COVID-19 yang terkonfirmasi pada hari Selasa (23/2/2021). Total pasien terkonfirmasi saat ini 1.298.608 kasus COVID-19.

Jawa Barat menjadi provinsi dengan penambahan kasus COVID-19 tertinggi yakni 4.334, disusul Jawa Tengah dengan 827 kasus, dan DKI Jakarta sebanyak 782 kasus (detikhealth, 23 Februari 2021).

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dapat dikatakan sangat tinggi karena selain DKI Jakarta, tes PCR, tes antigen dan tes anti bodi masih rendah.

Masalah tersebut amat serius karena upaya mengatasi ekonomi tidak akan berhasil dengan baik, jika kita belum berhasil mengatasi Covid-19.

Kolaborasi dan Partisipasi

Banyak sekali masalah yang dihadapi bangsa Indonesia, tidak hanya krisis kesehatan, tetapi juga krisis ekonomi, krisis sosial dan musibah banjir yang dialami bangsa Indonesia.

Menghadapi banyak masalah, sehebat apapun seorang pemimpin, tidak mungkin sukses mengatasi masalah yang dihadapi, tanpa kolaborasi dan partisipasi masyarakat.

Kekuatan Anies dalam melawan Covid-19 ialah kolaborasi dan partisipasi warga DKI Jakarta.

Kolaborasi dan partisipasi warga DKI merupakan kunci sukses dalam melawan Covid-19. Kolaborasi warga untuk melaksanakan 3T (Testing, Tracking dan Treatment) serta 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

Ayo kita suarakan dan gelorakan semangat kolaborasi dan partisipasi pengamalan 3T dan 3M dalam melawan Covid-19.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

DKI Jakarta

Pembangunan yang menghadirkan keterbukaan untuk dikritik dan didukung, menurut saya sangat baik, dan inilah ciri demokrasi yang baik kita harus lakukan di masa depan.

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

DKI Jakarta

Pembangunan di DKI Jakarta dari waktu ke waktu terus dipacu kemajuannya dalam berbagai bidang. Hasil pembangunan telah dirasakan oleh warga DKI Jakarta pada khususnya...

DKI Jakarta

Kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan UNU Indonesia patut diapresiasi karena pembangunan yang menghadirkan kolaborasi dengan dunia perguruan tinggi merupakan wujud dari pembangunan partisipatif. Hasilnya...

DKI Jakarta

Dalam pelaksanaan Pembangunan Di DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur DKI mengemukakan jargon menarik yang coba diamalkan di DKI yaitu Membesarkan yang kecil dan tidak...

DKI Jakarta

Saat ini, Pemprov DKI sedang kampanye penggunaan kendaraan Transjakarta yang akan mengoperasikan sejumlah armada bus listrik di Jakarta. Transportasi listrik merupakan salah satu solusi...

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya sangat bergembira melihat dinamika masyarakat yang kembali berdenyut akhir-akhir ini di Jakarta. Terlihat banyak kegiatan di Jakarta mulai berjalan seperti sebelum...

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...