Connect with us

Tanda-tanda perekonomian indonesia mulai pulih diawali di Ibukota DKI Jakarta
ramainya yang ikut olahraga bersepeda di Sudirman Jakarta - twitter musniumar

DKI Jakarta

Tanda-tanda Perekonomian Indonesia Mulai Pulih Diawali Di Ibukota DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya sangat bergembira melihat dinamika masyarakat yang kembali berdenyut akhir-akhir ini di Jakarta. Terlihat banyak kegiatan di Jakarta mulai berjalan seperti sebelum Covid-19 menghantam DKI Jakarta dan Indonesia setahun yang lalu. Ini amat membahagiakan karena merupakan tanda-tanda akan pulihnya ekonomi Ibukota DKI Jakarta dan semoga juga perekonomian Indonesia.

Sebagai sosiolog saya sangat bergembira melihat dinamika masyarakat yang kembali berdenyut akhir-akhir ini di Jakarta. Terlihat banyak kegiatan di Jakarta mulai berjalan seperti sebelum Covid-19 menghantam DKI Jakarta dan Indonesia setahun yang lalu.

Ini amat membahagiakan karena merupakan tanda-tanda akan pulihnya ekonomi Ibukota DKI Jakarta dan semoga juga perekonomian Indonesia.

Paling tidak ada tiga indikator untuk mengatakan bahwa tanda-tanda pemulihan ekonomi di DKI Jakarta mulai terjadi.

Pertama, setiap pagi, siang dan sore sejak pertengahan Februari – Maret 2021 mulai mengalami kepadatan jalan protokol di DKI Jakarta seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin. Menurut saya, kepadatan lalu lintas di DKI yang mulai terjadi, merupakan indikator awal, warga mulai bergerak untuk membangun kembali kegiatan ekonomi yang terpuruk sangat dalam akibat Covid-19.

Kedua, tempat-tempat di DKI Jakarta mulai ramai dikunjungi pengunjung untuk berkegiatan dengan tetap mengamalkan protokol kesehatan secara ketat. Hal tersebut jarang terjadi sebelumnya, pada awal Covid-19 menghantam DKI pada khususnya.

Ketiga, mal dan restoran mulai ramai dikunjungi konsumen. Walaupun belum seramai seperti sebelum Covid-19 menghantam DKI Jakarta dan Indonesia. Tentunya dengan mematuhi aturan PPKM Mikro Jakarta.

Ramai Berolah Raga

Pada saat yang bersamaan, saya juga menyaksikan sangat banyak warga yang berolah raga dengan jalan kaki di Gelora Bung Karno (GBK).

Tiap hari sejak pukul 05.00 pagi, siang, sore bahkan sesudah Magrib masih banyak warga yang berolah raga. Pada Sabtu dan Ahad {Minggu) lebih banyak lagi warga DKI yang berolah raga, tidak hanya di GBK, tetapi dilingkungan GBK. Sampai JCC (Jakarta Convention Center) membuka kuliner untuk sarapan pagi bagi mereka yang berolah raga jalan kaki dan naik sepeda.

Selain itu, setiap hari banyak warga DKI yang naik sepeda, tidak hanya di jalan Jenderal Sudirman, jalan MH Thamrin dan lain-lain tempat, tetapi sangat ramai warga yang naik sepeda (gowes) untuk olahraga.

Disiplin 3M

Satu hal yang amat menggembirakan ialah kesadaran warga untuk mengamalkan 3M.

Pertama, mencuci tangan. Di depan pintu masuk GBK telah dipasang 4 tempat cuci serta sabun cair dan tissue untuk mengeringkan tangan yang basah.

Warga yang mau olah raga dan sesudah olah raga jalan kaki atau berlari mengelilingi GBK dianjurkan melalui pengumuman dari pengelola GBK yang sudah direkam sebelumnya agar mencuci yang sudah disiapkan.

Kedua, memakai masker. Saya menyaksikan warga yang berolah raga jalan kaki, berlari di GBK maupun yang bersepeda dikawasan GBK semuanya memakai masker.

Ketiga, menjaga jarak. Warga yang jalan kaki di GBK, berlari dan bersepeda di lingkungan GBK. Bahkan yang duduk sarapan di Corner GBK, di Indomart, Restoran Baso Tembak dan sebagainya, disediakan tempat yang memakai jarak 1 meter.

Stimulus Ekonomi

Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan ekonomi dengan kredit rumah dan kredit kendaraan dengan DP 0 Rupiah.

Kebijakan tersebut diharapkan bisa mendorong warga untuk membeli rumah dan kendaraan dengan mencicil tanpa uang muka (DP=Downpayment).

Jika kebijakan ini berhasil, maka ekonomi akan segera tumbuh dan kembali terbuka lapangan kerja.

Selain itu, vaksinasi warga yang gencar dilaksanakan, diharapkan warga DKI semakin sehat dan daya tahan pisiknya semakin kuat, sehingga tidak mudah tetjangkit Covid-19

Akhirnya partisipasi warga serta kolaborasi semua stakeholder dalam mencegah dan mengobati mereka yang terkena Covid-19 merupakan kunci pemilihan ekonomi DKI Jakarta serta Indonesia pada umumnya.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Covid-19

Mengawali Tahun 2023, Yayasan Lembaga Pemberdayaan Sosial dan Demokrasi telah memilih tema diskusi panel Membedah Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta 2020 yang Berlangsung di...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...