Connect with us

Moda Transportasi Massal Modern Bebas Emisi Dimulai Dari Transjakarta
#UbahJakarta dimulai dari kita 📌 Mbloc, Jakarta Selatan - IG potsbebs #transportasijakarta

DKI Jakarta

Moda Transportasi Massal Modern Bebas Emisi Dimulai Dari Transjakarta

Saat ini, Pemprov DKI sedang kampanye penggunaan kendaraan Transjakarta yang akan mengoperasikan sejumlah armada bus listrik di Jakarta. Transportasi listrik merupakan salah satu solusi yang layak untuk dipertimbangkan menjadi moda transportasi massal di DKI Jakarta yang bebas emisi, yaitu berbasis listrik.

Sebagai sosiolog saya amat terkejut membaca berita di media sosial bahwa kendaraan di Jakarta lebih banyak daripada jumlah warga DKI Jakarta.

Saya sempat bertanya, apa berita itu benar atau hoax? Oleh karena yang mengemukakan Gubernur Anies dan sumbernya dari BPS, maka tidak mungkin hoax.

Anies menyebut jumlah kendaraan di Jakarta melampaui jumlah warganya. Menurut data Sensus Penduduk DKI Jakarta pada 2020 jumlah warga DKI 10,56 juta jiwa, sedangkan jumlah kendaraan menurut BPS pada 2019 mencapai 11,8 juta unit meliputi mobil, bus, truk dan sepeda motor.

Masalah tersebut sangat penting ditulis dan dianalisis. Setidaknya ada tiga dampaknya bagi DKI Jakarta.

Pertama, banyaknya kendaraan di wilayah DKI Jakarta berdampak kenaikan emisi dan mengotori udara, sehingga timbul polusi udara.

Kedua, terjadi kemacetan karena jumlah lebih banyak daripada tersedianya jalan.

Ketiga, terjadi semrawut di jalan raya, karena ada yang tidak sabar antri, sehingga menerobos ke depan mengambil jalan kendaraan lain. Dampaknya tidak jarang terjadi kecelakaan lalulintas.

Kebijakan Transportasi di DKI

Realitas di jalan raya yang padat, semrawut, hiruk-pikuk kendaraan yang menyesakkan jalanan, tidak bisa dibiarkan.

Di DKI Jakarta, kebijakan transportasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi, telah dilakukan dua hal yang amat penting.

Pertama, membatasi usia kendaraan menjadi 10 tahun. Ini pasti banyak yang tidak setuju, tetapi suka tidak suka mau tidak mau harus dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang menimbulkan polusi dan kemacetan lalulintas.

Kedua, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mereformasi sistem transportasi massal, sehingga menghadirkan Transjakarta dengan branding Jak Lingko yang membanggakan kita dan mengharumkan bangsa Indonesia.

Gunakan Transjakarta

Dalam rangka memberi layanan yang prima kepada masyarakat, Gubernur Anies telah menawarkan transportasi umum dengan kendaraan berbahan bakar listrik.

Menurut Gubernur Anies, tahun ini mulai dengan 100 unit TransJakarta akan menggunakan tenaga listrik. Harapannya pemerintah mendorong demand, sehingga lebih banyak lagi yang nantinya akan bisa memproduksi dan masyarakat yang bisa menggunakan kendaraan berbasis listrik. Selain insentif-insentif pajak yang diberikan kepada pengguna kendaraan berbasis listrik, ujar Anies, Rabu (17/3/2021).

Saat ini, Pemprov DKI sedang kampanye penggunaan kendaraan Transjakarta yang akan mengoperasikan sejumlah armada bus listrik di Jakarta.

Transportasi listrik merupakan salah satu solusi yang layak untuk dipertimbangkan menjadi moda transportasi massal di DKI Jakarta yang bebas emisi, yaitu berbasis listrik.

Kalau demikian, mengapa kita tidak gunakan Transjakarta untuk melayani perjalanan kita setiap hari di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Adapun alasannya, kita menggunakan Transjakarta antara lain:

Pertama, bebas macet karena Transjakarta ada lajur tersendiri yang hanya bisa dilalui bus Transjakarta.

Kedua, cepat sampai tujuan, sebab bus Transjakarta tidak akan mengalami macet sepanjang hari, karena ada jalur khusus yang hanya bisa dilalui oleh bus Transjakarta.

Ketiga, tidak perlu antri lama karena bus Transjakarta banyak armadanya yang antri untuk mengangkut penumpangnya.

Keempat, murah biayanya hanya Rp5.000 jauh dekat.

Kelima, bersih, aman dan nyaman.

Keenam, bebas dari kecelakaan lalu lintas karena para sopir Transjakarta sangat profesional dan tidak ngebut.

Baca Juga

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan...

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.