Musni Umar Socmed

Search

area yang akan dibangun masjid di UIC Jakarta - twitter musniumar

Pendidikan

UIC Jakarta Bangkit: Kemuliaan Membangun Masjid

Saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada 11 Juni 2021 genap berumur 65 tahun. Dalam usia 65 tahun, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta telah mengalami pasang surut.

Dalam upaya membangun kembali kebangkitan UIC sesuai Visinya “Menjadi Universitas Terkemuka di Indonesia, dikenal Dunia Internasional Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Kokoh dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ),” maka Universitas Ibnu Chaldun Jakarta memulai membangun kembali dengan membangun Masjid.

فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِٱلْقُرْءَانِ مِن قَبْلِ أَن يُقْضَىٰٓ إِلَيْكَ وَحْيُهُۥ ۖ وَقُل رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”. – (Q.S. Thaha: 114)

Mencontoh Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan contoh dan teladan. Ketika tiba di Madinah sebagai tujuan akhir dari hijrah yang dilakukannya bersama para sahabatnya, yang pertama dilakukan bukan membangun negara dan pusat perkantoran atau membangun pasar, tetapi Nabi Muhammad SAW membangun Masjid sebagai sarana umat Islam untuk beribadah, sarana melakukan kegiatan sosial, sarana bermusyawarah, sarana mengatur strategi berperang serta sarana untuk melakukan segala macam kegiatan untuk kemajuan umat.

Nabi Muhammad SAW pertama membangun Masjid yang dikenal sekarang dengan Masjid Nabawi. Masjid tersebut selalu dipenuhi umat Islam yang menunaikan ibadah umrah atau haji untuk salat arbain (empat puluh) kali.

Maka dalam rangka membangun kembali Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang maju dan modern sesuai Visinya, maka yang pertama kami bangun ialah Masjid sesuai contoh dan teladan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Tujuan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta membangun Masjid, selain sebagai sarana tempat salat lima waktu, juga sarana mahasiswa (i) belajar membaca dan mendalami Alqur’an, sarana berdiskusi masalah keagamaan dan sosial, sarana musyawarah dan segala macam kegiatan untuk mewujudkan visi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta antara lain Membangun Kembali UIC yang dimulai dengan membangun Masjid.

Membangun kembali kebesaran UiC sesuai Visinya “Menjadi Universitas Terkemuka di Indonesia, dikenal Dunia Internasional Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Kokoh dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ),” adalah mencontoh Nabi Muhammad SAW sebelum Madinah Al Munawwarah, dia membangun terlebih dahulu Masjid.

Kemuliaan Bangun Masjid

Membangun Masjid sangat mulia di sisi Allah karena Masjid merupakan rumah Allah.

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta (tetap) menegakkan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut kecuali hanya kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. – (Q.S At-Taubah: 18)

Kemuliaan orang yang membangun Masjid antara lain:

1. Allah buatkan rumah di Surga.
2. Dapat balasan yang setimpal.
3. Tergolong Muslim yang beriman dan bertakwa.
4. Dapat pahala yang terus mengalir
5. Memperoleh naungan di Yaumil Mahsyar
6. Memudahkan masuk Surga
7. Dapat pahala yang berlipat ganda.
8. Alllah jauhkan dari bencana
9. Allah lapangkan rezekinya
10. Allah menghapus dosanya.
11. Allah memanjang umurnya.
12. Allah mengurangi kepedihan sakratul maut.

Oleh karena itu, saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Bersama kitabisa.com mengetuk hati para pembaca untuk sekiranya melihat halaman donasi di kitabisa.com. Apabila pembaca berkenan, bagikan halaman kitabisa.com/masjidibnuchaldun ke teman-teman dan sahabat. Saya mohon doa dan bantuannya agar kegiatan ini bisa berjalan lancar, terima kasih.

Click link kitabisa.com dibawah ini untuk berdonasi

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Pendidikan

Dr. Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, yang juga imam Masjid di New York, WNI kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan mempunyai gagasan besar dan luar biasa...

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.

Pendidikan

Ekonomi rakyat atau juga dikenal dengan istilah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) merupakan sektor usaha yang paling terpuruk di era pandemi Covid-19. Hal tersebut...

Pendidikan

Seminar bertema Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid. Musni Umar mengemukakan hal tersebut setelah bersama Gamari Sutrisno, Wakil Rektor Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar...

Pendidikan

Seminar internasional Universitas Ibnu Chaldun yang bertema "Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid" pada 11 Februari 2021.

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca di media sosial bahwa Ustaz Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

Lainnya

UIC klarifikasi dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ibnu Chaldun (12/1/2020) tentang pemberhentian empat mahasiswa UIC.