Musni Umar Socmed

Search

Banner Lebih Baik Miskin Daripada Berkhianat muncul di berbagai kota - twitter Andiarief__

Opini

Lebih Baik Miskin Daripada Berkhianat

Sepanduk bertuliskan Lebih Baik Miskin Daripada Berkhianat dipasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Universitas Ibnu Chaldun dan berbagai tempat strategis di Jakarta hari ini.

Sepanduk bertuliskan Lebih Baik Miskin Daripada Berkhianat dipasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Universitas Ibnu Chaldun dan berbagai tempat strategis di Jakarta hari ini.

Saya tidak ingin menyebut siapa yang memasang spanduk tersebut karena bagi saya yang penting adalah pesan yang disampaikan tentang berkhianat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa makna khianat adalah: perbuatan tidak setia; tipu daya; perbuatan yang bertentangan dengan janji. Contoh: jangan sekali-kali berbuat khianat.

Dari pengertian khianat tersebut dapat dikemukakan bahwa khianat merupakan perbuatan tidak setia, tipu daya, ingkar janji atau perbuatan yang bertentangan dengan janji.

Cegah Berbuat Khianat

Berbuat khianat sangat buruk dalam kehidupan ini. Setidaknya ada 3 alasan untuk memastikan bahwa perbuatan itu sangat buruk dan tidak baik dilaksanakan oleh siapapun.

Pertama, tidak akan dipercaya jika berkhianat. Pada hal kepercayaan merupakan mahkota kehidupan. Jika sudah tidak dipercaya, maka pasti kehidupannya sulit karena teman, sahabat dan bahkan famili akan menjauh.

Kedua, akan dijauhi sahabat dan teman bahkan keluarga dekat akan menjauhi orang yang berkhianat. Oleh karena itu, kalimat yang ditulis di spanduk “Lebih baik miskin daripada berkhianat” perlu direnungkan dan dihayati, betapa pentingnya menjadi manusia yang “amanah” bukan manusia pengkhianat. Kalau kita amanah, dapat dipercaya, yakin Allah akan memberi rezeki yang tidak terduga dari sahabat, teman, keluarga dan manusia pada umumnya.

Ketiga, rezeki akan jauh dari pengkhianat karena yang memberi pada hakikatnya adalah Allah, tetapi rezeki datang melalui sahabat, teman dan keluarga. Kalau semua sudah tidak percaya, maka pasti rezeki jauh.

Allah Tidak Menyukai Pengkhianat

Khianat diambil dari kata bahasa Arab. Menurut Nabi Muhammad SAW ciri-ciri orang munafik ada tiga:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“Tanda orang munafik tiga, jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, jika dipercaya berkhianat.”

Orang yang berkhianat tidak saja tidak disukai oleh sahabat, teman, keluarga dan seluruh manusia, tetapi Allah sangat tidak suka pengkhianat karena merupakan salah satu ciri orang munafik.

Dalam surat An-Nisa ayat 145, Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

“Sesungguhnya orang-orang munafik akan ditempatkan di neraka paling bawah dan sekali-sekali mereka tidak akan mendapat pertolongan.”

Oleh karena, saya mengajak supaya seluruh bangsa Indonesia khususnya umat Islam untuk menjadi umat yang baik, umat bersemangat dan yang terus berlomba menjadi orang baik mengikuti junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang amanah (terpercaya), sidiq (benar), fathanah (cerdas), tabligh (komunikator).

Selain itu, kita selalu saling menolong, saling membantu, saling memberi empati dengan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari “silih asuh, silih asih dan silih asah”
dengan menjauhi sifat-sifat munafik diantaranya “pengkhianat.”

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Pilkada

Denny Indrayana, Calon Gubernur Kalimantan Selatan dalam tulisannya berjudul Duitokrasi Membunuh Demokrasi yang dimuat secara luas di media sosial membeberkan dahsyatnya politik uang dalam...

Opini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu kepala daerah yang akan habis masa baktinya tahun 2022. Ada ratusan kepala daerah (Gubernur, Bupati, Walikota)...

DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan provinsi dengan skor tertinggi Indeks Demokrasi (IDI) se-Indonesia 2019. Jakarta mendapat skor 88,29 yang menjadikannya sebagai provinsi dengan IDI (Indeks Demokrasi...

Covid-19

Hari ini 21 Mei 2020, Orde Reformasi yang berhasil melengserkan Presiden Soeharto berumur 22 tahun.

Politik

Tulisan ini diinspirasi oleh suatu masalah yang menjadi sorotan publik karena sebanyak 37 kampus ancam sanksi mahasiswa yang ikut demo. Berita tersebut menjadi topik...

Politik

Indonesia adalah negara demokrasi. Hal itu ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat (2) bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang...

Politik

Demo besar yang terjadi di akhir masa bakti DPR RI 2014-2019 dan akhir masa bakti Jokowi-JK sangat mengkhawatirkan, karena bersifat masif dan para pendemonya...

Politik

Presiden Jokowi di akhir pemerintahannya periode pertama, menghadapi banyak sekali masalah, diantaranya demo mahasiswa yang amat besar karena diikuti mahasiswa dari seluruh kampus di...