Musni Umar Socmed

Search

Sunday is family day - IG brondhys #jakartacity

Ramadan 1442H

Ramadan di Masa Covid-19: Amalkan Protokol Kesehatan dan Tetap Bekerja

Di bulan Ramadan saat kita shaum atau puasa, segala aktivitas seperti bekerja di kantor atau Work From Home (WFH) harus tetap dilaksanakan jangan lupa amalkan protokol kesehatan dan tetap bekerja

Ramadan segera tiba. Umat Islam di manapun berada diwajibkan berpuasa sebagaimana telah diwajibkan umat terdahulu agar bertakwa kecuali mereka yang tidak sanggup puasa karena sakit dan dalam perjalanan (musafir), mereka diwajibkan mengganti puasa pada di hari yang lain.

Selain itu, mereka yang tidak sanggup puasa karena sakit permanen atau sudah uzur (tua), mereka diwajibkan membayar fidyah (pengganti) dengan memberi makan pada orang-orang miskin.

Puasa (shaum) dilaksanakan dengan menahan lapar-tidak makan dan menahan dahaga- tidak minum dan hubungan asmara suami isteri sejak imsak (jelang Subuh) sampai terbenam matahari (Magrib).

Lama shaum Ramadan selama sebulan penuh, tanpa henti.

Salat Tarawih di Masa Covid

Salah satu amalan Ramadan yang disunatkan untuk dilaksanakan pada malam hari ialah salat Tarawih.

Salat Tarawih ada yang melaksanakan sebanyak 11 rakaat dan ada pula yang melaksanakan salat Tarawih 23 rakaat termasuk salat witir.

Sebelum salat Tarawih didahului salat Isya dan setelah itu kultum (kuliah tujuh menit).

Akan tetapi di masa Covid-19, berbagai Masjid di Jakarta pada khususnya menyelenggarakan salat Tarawih dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Pertama, meniadakan kultum (kuliah tujuh menit) karena dalam praktik banyak penceramah yang menyampaikan ceramah nya sampai 30 menit. Hal tersebut dilakukan untuk mempersingkat waktu, umat Islam berada di dalam masjid.

Kedua, salat salat Isya dan salat Tarawih di buat jarak sekurang-kurangnya 1 meter antara satu jamaah dengan jamaah lain.

Ketiga, setiap jamaah yang mau masuk ke area masjid diukur suhu badannya.

Keempat, setiap jamaah yang salat Isya dan Tarawih di wajibkan memakai masker.

Kelima, setiap jamaah masjid dianjurkan cuci tangan ditempat yang telah disediakan takmir masjid atau cuci tangan menggunaka hand sanitizer.

Keenam, jamaah masjid tidak diperkenankan berkerumun di dalam masjid.

Semua yang dilakukan takmir Masjid adalah dalam rangka mencegah penyebaran Covid disaat umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan di Masjid.

Tetap Bekerja

Dalam Islam, ibadah ada dua macam. Pertama, ibadah mahdhah yaitu Ibadah dalam arti yang sempit seperti salat, puasa, haji.

Kedua, ibadah ghairu mahdhah yaitu ibadah bukan ibadah dalam arti sempit seperti membaca Alquran dan mendalaminya, bekerja mencari nafkah, berdagang, menuntut ilmu, dan segala macam aktivitas yang tidak bertentangan hukum syar’i asal diniatkan untuk ibadah kepada Allah, maka disebut ibadah ghairu mahdhah yang pasti mendapat pahala disisi Allah.

Oleh karena itu, dibulan Ramadan saat kita shaum atau puasa, segala aktivitas seperti bekerja di kantor atau Work From Home (WFH) harus tetap dilaksanakan bahkan semakin ditingkatkan dengan niat ibadah kepada Allah. Pahalanya besar dan akan menambah timbangan amal kita untuk kebaikan di dunia dan keselamatan di akhirat.

Last but not least, Akhirnya saya mengajak kita tunaikan shaum Ramadan dengan penuh iman dan perhitungan, serta mengupayakan khatam Alquran dan menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk infak, sadaqah dan zakat harta dan zakat fitrah.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H., perkenankan saya selaku Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) menyampaikan pesan.

Ramadan 1441H

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H ialah silaturrahim.

Ramadan 1441H

Surat Alqadar ayat 1 Allah menurunkan Alqur'an pada malam kemuliaan "Lailayul Qadar.

Ramadan 1441H

Setiap 17 Ramadhan, umat Islam selalu memperingati turunnya Alqur'an

Ramadan 1441H

Sunnah Nabi Muhammad SAW dan Sunnah dalam konteks Ahkamul Khamsah (5 hukum syara')

Ramadan 1441H

Dalam hukum Islam dikenal dengan istilah ahkamul khamsah (5 hukum syara).

Covid-19

Shaum yang populer dengan kata "puasa" yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramdhan.

Ramadan 1441H

Dalam rangka menyambut Ramadhan 1441 H yang jatuh pada 24 April 2020, perkenankan saya menyampaikan pesan Ramadhan.