Connect with us

Saya meminta Mathla’ul Anwar untuk terus menjaga komitmen dan khittah-nya dengan mengajarkan Islam yang wasathy, yaitu Islam yang ramah, bukan Islam yang marah (3/4/2021) - twitter Kiyai_MarufAmin

Politik

Kepuasan Publik Terhadap Ma’ruf Amin Rendah: Masyarakat Harus Paham Posisi Wakil Presiden RI

Melihat posisi Wakil Presiden RI yang diatur dalam UUD 1945, sangat wajar jika tingkat kepuasan terhadap Wapres Ma’ruf Amin tidak tinggi. Sangat logis jika tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden jomplang jika dibandingkan Wakil Presiden.

Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan tingkat Kepuasan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo sebesar 56%, sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya 36%.

Hasil survei berbagai lembaga survei di Indonesia, patut diapresiasi sebagai informasi yang kesahihannya perlu dilakukan survei para akademisi independen yang dibiayai oleh perguruan tinggi tempat mereka mengabdi.

Sebagai informasi awal dari hasil survei tersebut, patut direspon dengan mengemukakan posisi Wakil Presiden RI dalam UUD 1945 yaitu:

1. Membantu presiden dalam melakukan kewajibannya.
2. Menggantikan presiden sampai habis waktunya jika presiden meninggal dunia, berhenti atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatan yang telah ditentukan.
3. Memperhatikan secara khusus, menampung masalah yang perlu penanganan menyangkut bidang tugas kesejahteraan rakyat.
4. Melakukan pengawasan operasional pembangunan, dengan bantuan departemen, lembaga non departemen, dalam hal ini inspektur jenderal dari departemen yang bersangkutan atau depti pengawasan dari lembaga non departemen yang bersangkutan.

Selain itu, terdapat beberapa wewenang utama yang dilakukan wakil presiden, yaitu:

1) Menjadi wakil presiden. Wewenang wakil presiden yakni menggantikan atau mewakili presiden saat melaksanakan tugas dan kewajiban serta wewenang jabatan presiden namun sebelumnya telah mendapatkan perintah atau diberi kuasa oleh presiden.

2) Membantu presiden. Wakil presiden berwenang untuk membantu presiden di dalam tugas yang sudah tercantum di undang-undang dasar.

Melihat posisi Wakil Presiden RI yang diatur dalam UUD 1945, sangat wajar jika tingkat kepuasan terhadap Wapres tidak tinggi. Sangat logis jika tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden jomplang jika dibandingkan Wakil Presiden.

Sudah Melakukan Yang Terbaik

Menurut pengamatan saya sebagai sosiolog, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Pertama, Ma’ruf Amin dalam rangka melaksanakan tugas sebagai Wakil Presiden RI sesuai UUD 1945 sudah membantu Presiden secara baik, misalnya turun ke daerah yang dilanda banjir untuk bertemu masyarakat yang terkena musibah. Dia menyemangati masyarakat dan beri arahan pada petugas dan pejabat yang berada di front terdepan.

Kedua, Ma’ruf Amin telah menjadi mediator yang baik antara masyarakat dengan kebijakan pemerintah. Misalnya ketika ramai diskursus dan penolakan investasi Miras, Wapres Ma’ruf Amin bertemu Presiden. Hasilnya kebijakan investasi Miras dibatalkan.

Ketiga, Wapres RI Ma’ruf Amin sangat banyak membantu Presiden dalam membuka berbagai kegiatan masyarakat seperti seminar, simposium dan sebagainya.

Isu Lengserkan Ma’ruf Amin

Hasil survei ini jangan sampai sebagai skenario untuk melengserkan Wapres Ma’ruf Amin.

Dengan isu tingkat kepuasan masyarakat terhadap Wapres Ma’ruf Amin rendah, tidak tertutup kemungkinan menjadi alasan kuat untuk berupaya melengserkannya sebagai Wakil Presiden RI.

Isu diluar santer, untuk melengserkan Wapres Ma’ruf Amin. Moga-moga hal itu hanya isu belaka, tidak ada upaya melakukan pelengseran karena resiko politik besar.

Wapres Kerja Maksimal

Saya sependapat pernyataan juru bicara Ma’ruf Amin, Masduki Baidhowi bahwa Wapres sangat serius dan maksimal membantu Presiden. Sebagai contoh, saat Presiden melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Wapres melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Barat. Pemberitaan di media pasti yang menonjol adalah kunjungan kerja Presiden di NTT.

Kelemahan Wapres Ma’ruf Amin, berbagai kegiatannya kurang dipublikasikan. Saya usulkan Wapres Ma’ruf Amin, juga aktif di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram untuk mempublikasikan kegiatannya serta responnya terhadap setiap masalah yang terjadi di masyarakat.

Saya sarankan supaya berbagai pernyataan yang disampaikan ke publik selalu memberi semangat, optimisme dan pembelaan kepada rakyat, tanpa menyalahkan siapapun.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Opini

Salah satu bukti bahwa diabaikannya pelanggaran HAM ialah penolakan Indonesia atas resolusi PBB terkait pelaksanaan tanggung-jawab untuk melindungi atas kejahatan HAM di Palestina, Myanmar...

Politik

HRS telah digolongkan sebagai tokoh oposisi yang sangat berpengaruh karena konsisten dan berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. HRS telah menjadi simbol perjuangan rakyat yang...

Politik

Menjelang ramadhan tiba, para pegiat media sosial sangat ramai yang menyuarakan tuntutan Habib Rizieq Syihab Dibebaskan sehingga banyak dibahas di media sosial.

Politik

UUD 1945 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi "Negara Indonesia adalah negara hukum". Konsekuensi Indonesia negara hukum, maka segala kehidupan kenegaraan harus selalu berdasarkan...

Opini

Dalam pasal 29 ayat 1 UUD 1945 dengan tegas disebutkan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Pendidikan

Seminar bertema Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid. Musni Umar mengemukakan hal tersebut setelah bersama Gamari Sutrisno, Wakil Rektor Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar...

Pendidikan

Seminar internasional Universitas Ibnu Chaldun yang bertema "Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid" pada 11 Februari 2021.