Connect with us

Pemandangan Jakarta saat malam hari - unsplash Bayu Syaits

DKI Jakarta

IPM di DKI Tertinggi di Indonesia: Apa Manfaatnya Bagi Warga Jakarta

Gubernur Anies Baswedan mengemukakan beberapa indikator makro yang dicapai mengalami peningkatan, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga Jakarta tahun 2020 tercatat sebesar 80,77, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 80,76.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintahan selama satu tahun di DKI Jakarta dihadapan para pimpinan dewan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Dalam sidang Paripurna, Anies memaparkan selama satu tahun, Pemprov DKI Jakarta lebih banyak berjibaku melawan pandemi Covid-19 dan mengatasi berbagai dampak yang disebabkan oleh krisis kesehatan.

Meskipun demikian, Gubernur Anies Baswedan mengemukakan beberapa indikator makro yang dicapai mengalami peningkatan, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga Jakarta tahun 2020 tercatat sebesar 80,77, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 80,76.

IPM DKI Tertinggi se-Indonesia

“Di tengah pandemi Covid-19, IPM DKI Jakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia serta satu-satunya provinsi dengan nilai IPM di atas nilai 80 atau sangat tinggi.

Sebagai perbandingan, IPM Jawa Tengah Tahun 2020 sebesar 71,87, sedang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat pada tahun 2020 sebesar 72,09. Adapun IPM Jawa Timur pada tahun 2020 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 71,71.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi Selatan pada tahun 2020 mencapai 71,93. Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumatera Utara mencapai 71,77.

Dari lima IPM yang dikemukakan di lima provinsi sebagai perbandingan dengan IPM DKI Jakarta, dapat dikatakan bahwa DKI juara pertama Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia.

Indikator yang dicapai DKI dalam dimensi kesehatan yaitu Umur Harapan Hidup DKI Jakarta mencapai 72,91 tahun, meningkat dari tahun 2019 yaitu 72,79 tahun.”

Sedangkan dimensi pengetahuan yaitu Harapan Lama Sekolah, rata-rata lama sekolah juga meningkat. Harapan lama sekolah mencapai 12,98 tahun meningkat dari 12,97 tahun di tahn 2019, sedangkan rata-rata lama sekolah mencapai 11,13 tahun, meningkat dari tahun 2019 yaitu 11,06 tahun.

“Capaian dimensi Indeks Pembangunan Manusia DKI Jakarta tahun 2020 sangat baik, meskipun kita berhadapan dengan situasi pandemi, yang membuat dimensi ekonomi yaitu pengeluaran per kapita yang disesuaikan warga DKI Jakarta mencapai Rp18,23 juta per tahun, turun sebesar 1,62 persen dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp18,53 juta.”

Manfaat Bagi Warga DKI

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki tiga dimensi yang digunakan sebagai dasar perhitungannya:

Pertama، kesehatan, yang diukur dengan angka harapan hidup saat kelahiran.

Kedua, pendidikan, yang dihitung dari angka harapan sekolah dan angka rata-rata lama sekolah.

Ketiga, standar hidup layak, yang dihitung dari produk nasional bruto per kapita

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk)

2. IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara.

3. IPM bagi Indonesia merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Bukti Kemajuan DKI Jakarta

Tingginya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di DKI Jakarta merupakan bukti kesuksesan pembangunan manusia di DKI Jakarta.

Semua negara yang tinggi indeks pembangunan manusianya, pasti negara itu maju. Insya Allah DKI menjadi motor penggerak kemajuan Indonesia.

Tugas mulia yang harus dilakukan di masa depan adalah semakin memperluas dan meningkatkan jumlah anak didik di DKI Jakarta yang bersekolah. Selain itu, meningkatkan kualitas pendidikan di DKI dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan di DKI Jakarta, sangat diperlukan perluasan pemberian KIP Plus kepada sekolah swasta dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Disamping itu, sangat penting pengawasan agar KIP Plus yang diperoleh para pelajar, siswa dan mahasiswa bisa memberi dayaguna dan hasilguna bagi peningkatan kualitas pendidikan di DKI Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Baca Juga

Covid-19

Menurut saya, yang mendesak dilakukan oleh pemerintah khususnya Satgas Covid. Pertama, mempartisipasikan seluruh rakyat Indonesia untuk ikut serta secara aktif mencegah dan lawan Covid-19....

DKI Jakarta

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dengan bijak telah memberi jalan keluar dengan menyarankan umat Islam agar menggelar salat Idul Fitri dilokasi terbuka seperti lapangan...

Covid-19

Dalam upaya jaga jakarta dan mencegah berlanjutnya kerumunan massa untuk berbelanja di pasar Tanah Abang menjelang Idul Fitri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan...

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...

DKI Jakarta

Saya menyaksikan tiap hari dengan sangat senang adanya fenomena kebangkitan ekonomi di Jakarta, walaupun Covid-19 belum berakhir. Banyak lagi fenomena yang dapat dijadikan indikator...

DKI Jakarta

Pembangunan yang menghadirkan keterbukaan untuk dikritik dan didukung, menurut saya sangat baik, dan inilah ciri demokrasi yang baik kita harus lakukan di masa depan.

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

DKI Jakarta

Pembangunan di DKI Jakarta dari waktu ke waktu terus dipacu kemajuannya dalam berbagai bidang. Hasil pembangunan telah dirasakan oleh warga DKI Jakarta pada khususnya...