Connect with us

Jalur khusus untuk bus transjakarta ✅ PT. Transportasi Jakarta ➡️ TJ - 0358 🚎 1| Blok M - Kota 🚩 Halte Transjakarta Monas - IG mukhlis_k2010 #jakartacityofcollaboration

DKI Jakarta

Transjakarta: Kiat Selamat Berlalulintas Bersama Transjakarta

Tingkat kepuasan warga Jakarta yang rutin menggunakan Transjakarta cukup tinggi, karena layanan yang diberikan oleh manajemen Transjakarta melalui petugas di lapangan sangat baik dan menyenangkan. Bersama Transjakarta kita jadikan kota Jakarta maju dan modern.

Menumpang di Transjakarta sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Bersama Transjakarta kita jadikan kota Jakarta maju dan modern. Setidaknya ada 5 aspek yang membuat kita bangga dan puas naik di Transjakarta.

Pertama, Transjakarta telah menjadi moda transportasi di Jakarta yang maju dan modern telah menyamai bahkan mengalahkan moda transportasi di negara maju.

Kedua, semua moda transportasi di Jakarta telah terintegrasi di Transjakarta dengan branding Jak Lingko. Dampaknya bisa membawa penumpang ke tempat tujuan dengan biaya murah dan cepat.

Ketiga, semua armada Transjakarta baru, bersih dan menarik dipandang mata. Dampaknya naik Transjakarta cukup membanggakan dan menyenangkan. Apa lagi bisa bertemu dan berkenalan dengan banyak orang dan tidak tertutup kemungkinan mendapat mitra bisnis dan bahkan pacar saat naik Transjakarta.

Keempat, tidak antri lama di halte karena armada Transjakarta cukup banyak dan tidak lagi ngetem menunggu penumpang di terminal seperti di masa lalu.

Kelima, manajemen Transjakarta sudah modern. Pelayanan terhadap penumpang sangat baik. Penumpang Transjakarta yang lanjut usia (lansia) dan berjenis wanita bagaikan raja – diberi tempat duduk dekat sopir. Selain itu, bus Transjakarta tidak ada lagi yang mogok dan terbakar di jalan.

Keenam, tingkat kepuasan warga Jakarta yang rutin menggunakan Transjakarta cukup tinggi, karena layanan yang diberikan oleh manajemen Transjakarta melalui petugas di lapangan sangat baik dan menyenangkan.

Kiat Selamat

Paling tidak ada tiga pihak yang harus selamat jika bersama Transjakarta.

Pertama, sopir Transjakarta. Saya saksikan dan rasakan ketika naik Transjakarta, sopirnya sangat piawai, hati-hati yang membuat nyaman dan aman karena tidak ngebut.

Kedua, masyarakat pengguna lalulintas supaya aman dan selamat jangan sekali-kali melintasi jalur Transjakarta (bus way). Kecelakaan yang dialami seorang pejalan kaki beberapa waktu lalu disebabkan karena melintasi jalur Transjakarta sehingga tanpa sengaja dilindas Transjakarta. Demikian pula, sebuah mobil mewah warna putih yang melintasi jalur bus way yang kemudian viral karena meminta sopir Transjakarta mundur, tetapi sang sopir tidak mau.

Ketiga, pengendara motor dan mobil harus ekstra hati-hati dalam mengendarai motor dan mobil. Sebagai contoh, beberapa hari lalu, sebuah mobil mewah warna putih melintasi jalur bus way Transjakarta yang kemudian viral karena meminta sopir Transjakarta mundur, tetapi sang sopir tidak mau.

Kedua kasus tersebut merupakan contoh pentingnya masyarakat hati-hati – tidak melanggar lalulintas, pejalan kaki, pengendara motor maupun mobil supaya selamat.

Untuk mewujudkan keselamatan dalam berlalulintas, ada 8 kiat bersama Transjakarta.

1. Penumpang Transjakarta harus hati-hati saat naik dan turun dari bus Transjakarta.

2. Di dalam bus Transjakarta harus jaga barang, dompet atau tas.

3. Kalau berkenalan harus hati-hati. Jangan sampai diperdaya atau ditipu.

4. Pejalan kaki tidak boleh melintasi bus way Transjakarta. Lebih baik menyeberang di jembatan penyeberangan orang.

5. Pemotor tidak boleh melintasi bus way Transjakarta karena melanggar Undang-undang lalulintas.

6. Pemotor tidak boleh menyalip didepan bus Transjakarta karena sopir Transjakarta bisa menabrak pemotor.

7. Pengendara mobil dalam keadaan apapun tidak boleh melintasi bus way Transjakarta kecuali aparat polisi mempersilahkan.

8. Masyarakat harus berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Transjakarta dan aparat keamanan untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransportasi di DKI Jakarta.

Baca Juga

DKI Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan yang sudah maju seperti berbagai kota metropolitan di dunia. Maka, saat dilarang mudik lebaran Idul Fitri 1442H, merupakan kesempatan yang...

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

DKI Jakarta

Saya menyaksikan tiap hari dengan sangat senang adanya fenomena kebangkitan ekonomi di Jakarta, walaupun Covid-19 belum berakhir. Banyak lagi fenomena yang dapat dijadikan indikator...

DKI Jakarta

Ramadan Bersama Transjakarta: di halte Transjakarta (walaupun belum semua) telah tersedia Mushalla, air untuk terwudu dan toilet. Bersih dan nyaman, sehingga setiap muslim bisa...

DKI Jakarta

Kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan UNU Indonesia patut diapresiasi karena pembangunan yang menghadirkan kolaborasi dengan dunia perguruan tinggi merupakan wujud dari pembangunan partisipatif. Hasilnya...

DKI Jakarta

Saat ini, Pemprov DKI sedang kampanye penggunaan kendaraan Transjakarta yang akan mengoperasikan sejumlah armada bus listrik di Jakarta. Transportasi listrik merupakan salah satu solusi...

DKI Jakarta

Untuk menggerakkan kembali ekonomi yang lesu akibat Covid-19 tidak mungkin kalau warga tidak disiplin mengamalkan protokol kesehatan.

DKI Jakarta

Bulan ini Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menerima penghargaan sebagai juara 1 Sustainable Transport Award (STA). Penghargaan tersebut patut kita syukuri dan bangga karena...