Connect with us

sedang membaca alquran di masjid - unsplash indonesiabertauhid

Pendidikan

Masjid Kampus Sarana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya sekedar mencerdaskan bangsa, tetapi membawa seluruh bangsa Indonesia berilmu dan amaliah yang dilandasi iman dan takwa.

Salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya sekedar mencerdaskan bangsa, tetapi membawa seluruh bangsa Indonesia berilmu dan amaliah yang dilandasi iman dan takwa.

Sudah banyak dari kalangan bangsa Indonesia yang berilmu, tetapi tidak amaliah yang dilandasi iman dan takwa. Akibatnya, mereka yang berilmu ketika mendapat kedudukan yang tinggi di eksekutif, legislatif dan yudikatif, berubah menjadi hedonis, hanya melayani kepentingan yang bisa memberi keuntungan materi, menumpuk kekayaan untuk diri sendiri, keluarga dan sahabat-sahabatnya dengan jalan korupsi. Penyebabnya antara lain karena ilmu yang diperoleh tidak dilandasi iman dan takwa. Iman, ilmu dan amaliah tidak dipadukan.

Mendidik Mahasiswa

Suka tidak suka, mereka yang akan memegang kekuasaan di eksekutif, legislatif dan yudikatif adalah dari kalangan masyarakat yang berpendidikan.

Mereka yang berpendidikan, pasti pernah kuliah dan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hampir tidak ada pejabat di eksekutid, legislatif dan yudikatif yang tidak pernah kuliah di perguruan tinggi.

Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi sesuai UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, harus dididik supaya berkembang potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada ketuhanan yang maha Esa, berakhlak muiia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mewujudkan mahasiswa sebagai kader bangsa yang beriman, berilmu dan amaliah sesuai tujuan sistem pendidikan nasional, maka harus ada sarana yang memadai untuk membentuk mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada ketuhanan yang maha Esa, berakhlak muiia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Masjid Kampus Sarananya

Masjid kampus adalah sarana yang paling efektif untuk membangun mahasiswa sebagai kader bangsa yang beriman, berilmu dan amaliah.

Setidaknya ada enam alasan untuk memastikan bahwa Masjid kampus merupakan sarana untuk mendidik mahasiswa menjadi manusia yang berilmu, beriman, bertakwa dan amaliah.

Pertama, Masjid kampus merupakan wahana tempat mahasiswa berkumpul. Ketika berkumpul, maka akan terjadi perkenalan di kalangan mereka.

Kedua, Masjid kampus adalah tempat berdiskusi tentang masalah agama, sosial, demokrasi, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Mereka yang terlatih berdiskusi akan memiliki kematangan dan kedewasaaan dalam menghadapi berbagai permasalahan di masyarakat.

Ketiga, Masjid kampus adalah tempat mahasiswa belajar membaca al-Qur’an, membaca hadis dan berbagai buku tentang keagamaan.

Keempat, Masjid kampus adalah sarana melatih mahasiswa mengamalkan ajaran agama seperti salat lima waktu dan salat sunat.

Kelima, Masjid kampus menjadi wahana yang paling efektif untuk melatih mahasiswa berorganisasi dan latihan berbicara didepan umum dengan menjadi protokol dan bahkan menjadi penceramah.

Keenam, Masjid kampus merupakan sarana mendidik mahasiswa menjadi pelopor kejujuran, kebenaran, keadilan dan kepeduliaan terhadap masyarakat minimal jamaah Masjid, karena melalui melalui Masjid, mahasiswa tidak hanya belajar di bangku kuliah berbagai macam ilmu, tetapi melalui Masjid diaplikasikan dalam praktik dilapangan melalui berbagai kegiatan Masjid dalam melayani masyarakat.

Masjid Hikmatul Ilmi

Saat ini Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun, sebagai badan hukum Universitas Ibnu Chadun Jakarta sedang membangun Masjid Hikmatul Ilmi di Kampus Universitas Ibnu Chaldun.

Permbangunan Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun terhenti pembangunannya setelah Jakarta dan Indonesia dihantam wabah Covid-19.

Dalam rangka menggalang dana, antara kami telah bekerjasama dengan yayasan kitabisa.com untuk menggalang dana dalam rangka melanjutkan pembangunan Masjid Hikmatul Ilmi.

Sebagai dikemukakan di atas, pembangunan Masjid Hikmatul Ilmu Universitas Ibnu Chaldun Jakarta sangat penting sebagai sarana untuk mempersiapkan para mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjadi khaira ummah (sebaik-baiknya umat) yang harapkan menjadi kader bangsa dan umat untuk membawa Indonesia menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur (negeri yang baik, yang warganya mendapatkan ampunan dari Tuhan).

Sehubungan itu, melalui tulisan ini saya mengetuk hati umat Islam yang sedang puasa ramadan untuk menyempurnakan puasanya dengan mengeluarkan zakat harta guna menyelesaikan pembangunan Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang terbengkalai.

Untuk bantu donasi, click link dibawah ini

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Covid-19

Sudah dua kali umat Islam Indonesia dan umat Islam diberbagai negara di dunia mengalami lebaran Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Tahun ini lebaran...

DKI Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan yang sudah maju seperti berbagai kota metropolitan di dunia. Maka, saat dilarang mudik lebaran Idul Fitri 1442H, merupakan kesempatan yang...

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...

Ramadan 1442H

Salah satu amalan ramadan yang sangat agung ialah mendalami isi, menghafal dan membaca Al-Qur'an.

Ramadan 1442H

Keagungan Al-qur'an tidak saja karena memuat segala macam ayat yang bisa dijadikan panduan, kompas dan petunjuk bagi manusia dan orang-orang yang bertakwa, tetapi tidak...