Connect with us

Siapa nih yang lagi ngebayangin jalan-jalan sore di sekitar pantai Ancol? - IG jakarta_tourism

DKI Jakarta

Tidak Mudik: Lebaran Idul Fitri Keliling Jakarta Bersama Transjakarta

Jakarta adalah kota metropolitan yang sudah maju seperti berbagai kota metropolitan di dunia. Maka, saat dilarang mudik lebaran Idul Fitri 1442H, merupakan kesempatan yang baik untuk keliling Jakarta menikmati keindahannya.

Tahun ini, pemerintah melarang mudik untuk mencegah penularan Covid-19 di daerah tujuan mudik dan sebaliknya setelah mudik. Larangan mudik mulai diberlakukan pada 6-17 Mei 2021.

Walaupun sudah ada larangan mudik, masih banyak warga yang mencoba mudik. Pada hari pertama (6/5) mulai diberlakukannya larangan mudik, sebanyak 1.456 kendaraan diminta putar balik di Cikupa dan Cikarang (Tempo Co, Jumat, 7 Mei 2021 13.15 wib).

Petugas lapangan yang terdiri dari Polisi, TNI dan Satpol PP tidak beri toleransi. Semua kendaraan dari Jakarta menuju berbagai tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur diminta untuk putar kembali ke Jakarta.

Nikmati Jakarta

Bisa dipahami keinginan yang luar biasa warga Jakarta pada khususnya untuk mudik. Mudik merupakan peristiwa budaya yang sarat dengan nilai-nilai religious, yang tidak mudah diterima adanya larangan mudik.

Akan tetapi, pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk mudik. Larangan itu, tidak menyenangkan karena mudik merupakan ritual tahunan yang sudah membudaya dan sarat dengan nilai-nilai keagamaan.

Namun apa mau dikata, warga Jakarta dan warga di berbagai daerah yang ingin mudik, harus legowo menerima kenyataan tidak mudik dengan menahan diri bertatakan sabar dan tabah.

Oleh karena tidak bisa mudik atau pulang kampung tahun ini, maka berarti tetap di Jakarta. Untuk melepas penat usai puasa ramadan, maka bisa menikmati Jakarta dengan sepuas-puasnya.

Untuk menikmati Jakarta, saya rekomendasikan keliling Jakarta dengan menggunakan Transjakarta. Jangan pakai kendaraan mobil atau motor.

Jakarta adalah kota metropolitan yang sudah maju seperti berbagai kota metropolitan di dunia.

Maka, saat dilarang mudik lebaran Idul Fitri 1442H, merupakan kesempatan yang baik untuk keliling Jakarta menikmati keindahannya.

Mengapa Bersama Transjakarta?

Setidaknya ada lima alasan saya merekomendasikan untuk bersama Transjakarta mengelilingi Jakarta.

Pertama, murah jauh dekat cukup membayar Rp 5.000. Misalnya kalau mau ke Pantai Indah Kapuk, atau kota tua yang diusulkan oleh Gubernur Anies untuk mengubah namanya menjadi Batavia, sangat mudah menjangkaunya bersama Transjakarta.

Kedua, Transjakarta sudah menjadi moda transportasi yang modern dan maju. Maka bersama Transjakarta, sangat layak dan insya Allah menyenangkan untuk keliling Jakarta.

Ketiga, bersih dan nyaman. Transjakarta sangat bersih karena semua penumpang dilarang makan atau minum di dalam kendaraan. Begitu juga sangat nyaman, ada petugas yang bisa memandu dan membantu penumpang untuk melakukan perjalanan mengelilingi Jakarta.

Keempat, Transjakarta sudah terkoneksi dengan moda transportasi yang lain, sehingga memudahkan perjalanan wisata bagi warga Jakarta yang urung mudik, karena dilarang oleh pemerintah.

Kelima, Transjakarta full AC, bebas dari pengamen dan sopirnya amat profesional. Naik Transjakarta bisa membawa wisatawan (pelancong) Jakarta untuk mengunjungi berbagai obyek wisata di Jakarta sambil cuci mata di hari libur nasional yang insya Allah tidak ada hiruk-pikuk kepadatan kendaraan di Jakarta.


Berikut Obyek wisata yang bisa dikunjungi selama libur panjang di Jakarta.

1. Ecopark Ancol
Ecopark Ancol bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur. Disini terdapat berbagai wahana permainan dan juga games yang asyik sekali. Permainan yang disajikan mengandung berbagai macam edukasi yang bisa dinikmati.

2. Museum Bahari
Museum Bahari merupakan salah satu tempat, kita bisa mengenal sejarah Sunda Kelapa yang sekarang menjadi Jakarta. Di Museum Bahari, kita bisa melihat berbagai koleksi seputar maritim di Indonesia. Museum ini dapat ditemukan di bekas gudang rempah-rempah yang dibangun leh Belanda. tahun 1652.

3. Sea World Ancol
Pada saat libur panjang dalam rangka Idul Fitri, sebaiknya ke Sea Wolrd Ancol. Kita bisa melihat keragaman dunia laut. Ditempat tersebut banyak wahana dan aquarium dengan beragam binatang laut. Sambil rekreasi juga belajar.

4. Kebun Binatang Ragunan
Kebun binatang Ragunan merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Di Kebun Binatang kita bisa belajar dan mengenal berbagai macam satwa yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lain.

5. Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) digagas Ibu Tien Soeharto dan dibangun pada masa Presiden Soeharto. TMII seluas 150 hektar terletak di Jakarta Timur. Ditempat ini terdapat rumah-rumah adat tiap provinsi. Berbagai jenis budaya yang ada di tanah air, dapat ditemukan di TMII. Itu sebabnya TMII sering disebut sebagai Taman Miniatur.

Berwisata di TMII bisa menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia dan dapat belajar banyak tentang Indonesia. Isilah libur panjang di masa Covid-19 dengan berwisata di TMII dengan tetap mengamalkan 3 M Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan.

6. Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata (melancong) yang sangat populer. Destinasi wisata ini sudah bertaraf internasional. Memiliki fasilitas yang modern, lengkap dan terpadu. Terdapat hotel Bintang Lima dan cottege yang sangat bagus.

Kelebihan Taman Impian Jaya Ancol yang lain karena terletak dibibir pantai yang sangat indah pada pagi hari dan di sore hari. Kita bisa menyaksikan dari tempat ini kemahabesaran Allah ketika mentari mulai naik di ufuk timur pagi hari dan terbenam di ufuk barat pada sore hari.

7. Tugu Monumen Nasional (Monas)
Warga Jakarta yang baru selesai puasa, tempat yang baik dan menarik, berwisata di pusat kota Jakarta “Monumen Nasional (Monas). Tempat ini sangat terkenal. Saya sering jalan di pagi hari di kawasan Monas.

Mereka yang masih muda seperti pelajar, siswa, pemuda dan mahasiswa, saya rekomendasikan untuk naik ke puncak Tugu Monas dengan mengguanakn lift guna menyaksikan keindahan Jakarta.

8. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk
Momentum lebaran Idul Fitri, saya rekomendasikan untuk berwisata di hutan Mangrove yang berada di kawasan Penjaringan dipesisir utara Jakarta. Kita bisa saksikan jembatan gantung yang ada di tengah hutan bakau yang bisa digunakan untuk mengamati keindahan di sekeliling hutan bakau.

9. Pantai Ancol
Pantai Ancol merupakan salah satu tujuan wisata di Jakarta. Pantai ini sangat indah dan banyak dikunjungi wisatawan yang menyukai pinggir laut dan laut.

10. Waterboom PIK
Tempat wisata ini cukup populer dan banyak diminati warga untuk mengisi waktu libur panjang lebaran Idul Fitri. Destinasi wisata ini mengusung tema “urban cool” yang mempunyai banyak wahana yang menarik seperti wahana speed slide, aquatube, twiztler, hair pin dan sebagainya.

Untuk bisa menjangkau 10 obyek wisata yang disebutkan diatas serta keliling Jakarta, gunakan saja Transjakarta. “Bersama Transjakarta Kita Bisa Kelilingi Jakarta.”

Baca Juga

Covid-19

Anies Baswedan dan seluruh warga DKI Jakarta menginginkan ekonomi di Jakarta segera pulih. Sejatinya juga seluruh rakyat Indonesia, bahkan semua masyarakat dunia menghendaki ekonomi...

DKI Jakarta

Masih segar dalam ingatan kita, pada awal 2021 ini DKI Jakarta mendapat penghargaan dari Sustainable Transport Award 2021. Penghargaan tersebut tidak terlepas dari andil...

Covid-19

Sudah dua kali umat Islam Indonesia dan umat Islam diberbagai negara di dunia mengalami lebaran Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Tahun ini lebaran...

Covid-19

Mudik merupakan fenomena sosial budaya berlandaskan kepercayaan agama. Maka, walaupun mudik dilarang oleh pemerintah, masyarakat masih memaksakan untuk mudik dengan segala macam cara yang...

DKI Jakarta

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dengan bijak telah memberi jalan keluar dengan menyarankan umat Islam agar menggelar salat Idul Fitri dilokasi terbuka seperti lapangan...

Pendidikan

Salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya sekedar mencerdaskan bangsa, tetapi membawa seluruh bangsa Indonesia berilmu dan...

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...